CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Akhirnya Bisa Ngobrol dengan Pak Sandhika Galih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/612efafbf6816c0dee740210/akhirnya-bisa-ngobrol-dengan-pak-sandhika-galih

Akhirnya Bisa Ngobrol dengan Pak Sandhika Galih

Buat teman - teman programmer, khususnya programmer web, mungkin banyak yang udah tahu siapa itu Sandhika Galih. Beliau adalah salah satu dosen di UNPAS yang sering bikin video di channel YouTube Web Programming UNPAS. Buat teman - teman yang masih belajar atau pernah belajar dasar pemrograman web, barangkali sering belajar dari channel YouTube WPU ini. Saya sendiri sudah sering cerita beberapa kali kalau saya dulu awal belajar pemrograman ya dari channel WPU ini.

Akhirnya Bisa Ngobrol dengan Pak Sandhika Galih


Cara mengajar yang mudah dipahami, cara ngomong yang halus, dan persona beliau membuat banyak teman - teman programmer atau yang lagi belajar jadi nge-fans dan betul - betul mengapresiasi hasil karya video - video beliau.

Selain bikin tutorial pemrograman web, pak Dhika juga sering review project - project yang udah dibikin teman - teman programmer. Nah, kebetulan kemarin pernah adakan live IG bareng pak I Made Andi Arsana, dan teman saya Yeremia iseng ikut join live beliau, eh diterima. Si Yeremia langsung grogi dan ngasih tahu saya.

Akhirnya Yeremia disuruh memperkenalkan diri dan si Yeremia sedikit cerita kalau dia sekarang bisa kerja jadi programmer web berkat video tutorial yang udah dibikin pak Sandhika. Nah pak Sandhika sempet ketawa saat itu dan akhirnya ditanya: "Ada pertanyaan gak?"

Mungkin karena si Yeremia grogi dan berpikir akan ngobrol - ngobrol biasa aja, jadi dia gak punya pertanyaan. Akhirnya HP-nya diserahkan ke saya untuk kemudian saya lanjutkan ngobrol dengan pak Dhika, nah kebetulan saya langsung kepikiran mau nanya satu pertanyaan lucu yang merupakan pergumulan selama jadi programmer.

Jadi sebenarnya selama jadi programmer kurang lebih pasti ada suka dan dukanya. Kadang stres karena menghadapi error, atau malas karena harus bikin fitur yang aneh - aneh atau rumit. Kadang kami suka becanda dan berpikir, apa pensiun aja ya? Gak usah jadi programmer lagi, cari kerja yang lain, buka usaha, dan sebagainya. Saya sendiri juga kadang pengen pensiun secepatnya, atau jadi freelancer saja yang bebas pilih project mana aja yang mau digarap dan kapanpun bisa pilih waktu untuk liburan.

Makanya saya mulai bikin konten, yang walaupun mungkin butuh waktu lama, tapi harapannya selain dapat jadi manfaat untuk teman - teman lain, juga bisa dapat duit untuk usaha sampingan.

Nah jadi pertanyaan inilah yang saya tanyakan pada pak Dhika, mengenai gimana cara menghadapi rasa putus asa atau bosan ketika berhadapan dengan suatu masalah yang sulit ketika jadi programmer. Untuk obrolannya apa saja, dan seperti apa detail pertanyaannya, sepertinya saya gak usah banyak basa - basi lagi, tapi bisa langsung ditonton aja videonya yang kebetulan sudah saya cut dan saya upload di channel YouTube pribadi saya.



Rasanya seneng banget ya bisa ngobrol sama pak Dhika walaupun cuma sebentar. Kelihatan banget disitu beberapa kali saya merasa grogi dan ngomongnya agak gelagapan kaya abis lari - lari. Kebetulan memang saya mengidolakan si pak Dhika ini. Hampir semua video di channelnya saya tonton, dan setelah belajar pemrograman sendiri secara otodidak beberapa bulan akhirnya saya bisa jadi programmer, lebih tepatnya jadi Front-end Web Developer. Salah satu orang yang berjasa dalam karir saya ya pak Dhika ini.

Uniknya kebetulan saya yang asli Semarang dapat kerjaan di Bandung tempat gedung UNPAS berada. Saya sempat lewat di depan gedungnya dan melihat gedung UNPAS yang berdiri dengan megahnya. "Ini nih tempatnya pak Dhika, hahaha" itu pikir saya dalam hati.

Setelah bisa mendapat pekerjaan, akhirnya saya putuskan untuk membuat channel YouTube dan bikin - bikin konten di IG dengan harapan bisa jadi manfaat untuk orang lain dan mengembalikan ilmu yang sudah didapat secara gratis atau cuma - cuma, saya bagikan juga secara cuma - cuma.

Terimakasih sudah mau membaca. Jangan sungkan untuk bertanya dan ngobrol dengan saya lewat PM Kaskus atau sosmed lain seperti Instagram saya:
https://www.instagram.com/anggakswr

Baca juga:

Tips Belajar Pemrograman Secara Otodidak HT
Sentimen Negatif Tentang Programmer HT
Pernah Ada Project yang Gagal Gak? HT
Enaknya Jadi Programmer Menurut Agan Ini HT
Seberapa Penting Ngetik Cepat untuk Programmer? HT
Cara Jadi Front-end Web Developer Modal Youtube HT
Cara Jadi Web Developer Otodidak HT
Mengenal title Attribute di HTML HT
Saya Pilih Tailwind CSS HT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfatesting260 dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mx667
guru onlen kaporit saya ni bre.. emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
xyclo dan sibuk.nyaleg memberi reputasi

Ga mau ngobrol sama ane gan?

emoticon-Betty
Diubah oleh b42l4t4k
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mantul pak sandika, ngajarin basic nya oke bgt emoticon-Recommended Seller
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mantap, pak sandika sangat membantu ane dalam perkuliahan
Sama gan,,,
Enak banget njelasin materinya
Dikit dikit jadi paham,
kalau dulu gue kuliah diajar sama dosen spt beliau mungkin ane bisa sedikit lebih pinter
Idola anak it, jaman sekarang inet makin ngebut resource kuliah informatika, kalo masih ada yg buat skripsi sistem pakar, kebacuttt emoticon-Ngakak (S)
ane ud 10 th kerja tp masih berguru sama mas ini.
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
lhah ini kaporit ane nih... dosen ane dulu kalah dalam hal menerangkan
Kanal pemrograman favorit saya WPU emoticon-thumbsup
Meski agak keteteran mengikutinya. emoticon-Hammer (S)
emoticon-Cendol Gan
Wiiih channel utube kaporit ane nih, cuma kebetulan ane lagi bootcamp progate, jadi udah hampir sebulan ga nonton euy, takutnya kebagi2.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di