Hai sobat ! Sebentar lagi udah masuk bulan September nih, itu tandanya sebentar lagi masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang diperingati setiap tanggal 4 September. Harpelnas ini dirayakan sebagai wujud apresiasi pelaku usaha kepada para pelanggan yang telah percaya untuk menggunakan produk mereka. Tapi kamu tahu gak nih kenapa Harpelnas ini dirayakan? Biar makin afdol untuk merayakannya, kali ini Zeropromosi akan memberitahu beberapa fakta sejarah Hari Pelanggan Nasional. Yuk simak fakta nya diartikel berikut ini ! 1. Dicetuskan Oleh Pengusaha Asal Kota Solo merupakan salah satu fakta menarik Hari Pelanggan Nasional
Spoiler for spoiler:
Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin hanya tahu Harpelnas dirayakan dengan cara mengadakan diskon, promo atau semacamnya. Tapi sebelum kamu berurusan dengan promo atau yang lainnya, kamu perlu tahu nih siapa sih yang mengusulkan atau mencetus adanya Hari Pelanggan Nasional. Nah, untuk yang mencetuskan Harpelnas sendiri berasal dari kalangan pengusaha asal kota Solo. Hari Pelanggan Nasional ini pertama kali di cetuskan oleh seorang pengusaha asal kota Solo yakni Handi Irawan pada tahun 2003. Hadi Irawan merupakan seorang pengusaha yang memulai kariernya di dunia pakar pemasaran dan menjadi CEO di sebuah perusahaan riset dan konsultasi marketing yang dirintisnya sejak tahun 1997. Hingga kini Handi Irawan dikenal sebagai Bapak Kepuasan Pelanggan dimana sebutan ini awalnya diberikan oleh Harian Bisnis Indonesia.
2. Harpelnas Milik Nasional dan Diresmikan Oleh Presiden Megawati Soekarnoputri merupakan salah satu fakta menarik Hari Pelanggan Nasional
Spoiler for spoiler:
Ketika Handi Irawan mencetuskan Hari Pelanggan Nasional yakni pada tahun 2003, saat itu Presiden yang sedang menjabat adalah Ibu Megawati Soekarnoputri. Setelah mengetahui bahwa Harpelnas ini memiliki dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Indonesia, Presiden ke-5 saat itu yakni Ibu Megawati Soekarnoputri turun dan ikut terlibat untuk meresmikan secara langsung peringatan Hari Pelanggan Nasional ini. Peresmian dan penetapan moment Harpelnas ini berlangsung pada tanggal 4 September 2003 dan dihadiri oleh sekitar 200 jajaran direksi dari berbagai perusahaan dan BUMN yang ada di Indonesia. Meskipun dicetuskan oleh Handi Irawan selaku CEO Frontier Consulting Group, Handi Irawan mengatakan bahwa moment ini bukan hanya milik perusahaannya semata (Fountier Group) melainkan milik nasional dan bersama. Semua orang bisa dengan bebas merayakan Hari Pelanggan Nasional ini bersama-sama pada tanggal 4 September.
3. Harpelnas Memiliki Logo Khusus merupakan salah satu fakta menarik Hari Pelanggan Nasional
Spoiler for spoiler:
Dalam setiap peringatan hari Nasional biasanya ada beberapa hari nasional yang memiliki logo, begitu juga dengan Hari Pelanggan Nasional. Harpelnas sendiri memiliki logo khusus yang menjadi lambang ketulusan senyuman manusia khususnya masyarakat di seluruh Indonesia. Logo Harpelnas dibuat dengan warna hijau yang menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan, sedangkan pemilihan font huruf kecil melambangakan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang. Logo Harpelnas ini dibuat sebagai bentuk keseriusan Indonesia dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional. Peemerintah juga berharap agar semua perusahaan di Indonesia mampu meningkatkan kepuasan para pelanggan, dimana hal ini juga akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.
4. Makna Harpelnas Bagi Perusahaan merupakan salah satu fakta menarik Hari Pelanggan Nasional
Spoiler for spoiler:
Hayooo pasti sobat zero bertanya-tanya nih, kalau Hari Pelanggan Nasional di peringati setiap tahunnya dengan tujuan agar pelanggan merasa kepuasaan, lalu apa makna nya untuk para pengusaha. Nah, sebelum muncul pertanyaan dalam diri kamu, sobat zero harus tahu kalau Harpelnas ini justru sangat penting bagi para pengusaha. Seperti yang kita ketahui dari point sebelumnya, Harpelnas ini di cetuskan oleh seorang pengusaha asal Solo. Perlu kamu ketahui, ia mencetuskan hari ini agar bisa dijadikan sebagai momen untuk memompa semangat perusahaan untuk memuaskan pelanggan. Setiap perusahaan juga diharapkan bisa memahami para pelanggannya hingga mereka merasa puas. Jika setiap pelanggan merasa puas, maka ini adalah hal yang bagus untuk kelangsungan sebuah perusahaan. Selain itu, seperti sebuah pepatah mengatakan “Pelanggan adalah raja”. Itu artinya setiap pengusaha atau penjual harus memberi pelayanan terbaik dan menyediakan yang terbaik pula kepada para pembeli/pelanggan. Hal ini dilakukan agar pembeli bisa merasa puas dan kembali lagi untuk melakukan transaksi di lain hari. Perusahaan besar tidak akan menjadi besar jika tidak ada dukungan dari pelanggan yang merasa puas. Jadi sudah selayaknya para pengusaha memberikan penghargaan kepada para pelanggannya, khususnya di moment Harpelnas.
5. Dirayakan Meriah Sebagai Wujud Apresiasi Perusahaan Kepada Pelanggan merupakan salah satu fakta menarik Hari Pelanggan Nasional
Spoiler for spoiler:
Moment Harpelnas ini biasanya dirayakan dengan meriah setiap tahunnya oleh para pengusaha terlebih lagi perusahaan yang besar. Setiap tahunnya mereka akan mengadakan acara perayaan yang meriah sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan. Saat hari ini tiba semua orang akan bersiap untuk merayakannya, perusahaan juga biasanya akan memberikan apresiasi kepada pelanggan mereka dengan cara memberikan promo seperti diskon, buy 1 free 1, free ongkir khusus pembelanjaan online, atau memberikan hadiah dan merchandise khusus. Beberapa perusahaan juga mengadakan acara meriah seperti seminar, event, hingga parade untuk memeriahkan moment ini. Setiap perusahaan akan berusaha memberikan yang lebih baik lagi kepada para pelanggan mereka di moment ini. Jika sobat zero juga seorang pengusaha, kamu juga bisa lho ikut serta memeriahkan moment ini dengan memberikan promo atau hadiah merchandise gratis dengan ketentuan yang kamu buat. Memberikan promo atau hadiah bisa menjadi cara untuk kamu memuaskan pelanggan lho. Dengan begitu pelanggan juga tidak segan untuk kembali mempercayai dan membeli produk mu.
Sobat zeropromosi, demikian itulah beberapa fakta menarik seputar Hari Pelanggan Nasional yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu para pebisnis jangan lupa manfaat moment ini untuk meningkatkan perfoma perusahaan kamu ya. Dan untuk sobat zero yang menjadi pelanggan, jangan lupa untuk ikut serta memeriahkannya dengan menggunakan promo-promo yang bertebaran
Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya. Terimakasih sudah membaca dan selamat Hari Pelanggan Nasional !
#faktaunik #faktamenarik #infounik #infomenarik #infosejarah #sejarahharpelnas #harpelnas #harpelnas2021 #haripelanggannasional #pelanggan #bisnis #momentharpelnas #haripelanggan #customerday #happycustomerday #unik #sejarah #faktaharpelnas #pencetusharpelnas Yuk mampir juga ke blog ane...