KOMUNITAS
Home / FORUM / All / ... / Cinta Indonesiaku /
Kisah tentang Bung Karno dan Sepeda Ontel
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6125b23f4db7e4459c49f524/kisah-tentang-bung-karno-dan-sepeda-ontel

Kisah tentang Bung Karno dan Sepeda Ontel

Kemerdekaan Negara Republik Indonesia sangat erat kaitannya dengan perjuangan para pahlawan. Mereka berjuang dengan gigih untuk mengusir penjajah dari Tanah Air Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang gugur di medan perang. Kegigihan, ketangguhan dan semangat jiwa nasionalisme para pahlawan kemerdekaan patut kita banggakan sampai kapanpun.

Terlepas dari banyaknya masalah polemik kenegaraan yang terjadi saat ini, sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, kita harus tetap selalu mengenang dan menghargai jasa para pahlawan. Dengan begitu, kita bisa lebih memahami arti perjuangan, semangat nasionalisme, serta semangat persatuan dan kesatuan.

Setiap pahlawan memiliki kisahnya masing-masing. Salah satu yang menarik untuk diketahui adalah kisah tentang Bung Karno dan Sepeda Ontel.

Kisah tentang Bung Karno dan Sepeda Ontel

Saksi bisu sejarah ini berada di kota Bengkulu, yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno. Bagi pecinta sepeda, saat memasuki Rumah Pengasingan Bung Karno pasti akan tertuju pada sepeda ontel tua yang terpajang di dalam lemari kaca. Sepeda ontel tersebut adalah milik Bung Karno.

Seokarno berusaha menyisihkan uang untuk ditabung hingga akhirnya beliau memiliki sepeda dari uang tabungannya. Dikatakan juga bahwa sepeda erat kaitannya dengan Bapak Proklamator Republik Indonesia ini. Bahkan saat Ir. Soekarno dan Ibu Fatmawati mendapat undangan dari Presiden India pada tahun 1950, beliau juga menyempatkan diri untuk mengayuh sepeda, memboncengkan Ibu Fatmawati menyusuri jalan menuju Taj Mahal di Uttar Pradesh.

Kisah tentang Bung Karno dan Sepeda Ontel

Bung Karno dikenal sebagai pengendara sepeda yang baik, bahkan dalam beberapa kunjungan ke luar negeri, beliau sempat menjajal sepeda-sepeda ontel kebanggaan Negara itu. Beliau juga menunjukkan freestyle ontel ala Bung Karno (menghentikan sepeda tanpa menjejakkan kaki ke bumi, badan membungkuk dan memegang roda depan). Pada tahun 1938-1942 tepatnya saat pengasingan Bung Karno di Bengkulu, beliau juga mempunyai sepeda ontel yang hingga sekarang masih ada di Rumah Pengasingan Bung Karno.

Kisah tentang Bung Karno dan Sepeda Ontel

Banyak pecinta sepeda ontel yang memberikan pendapat mengenai merk sepeda ontel Bung Karno ini, meski sebagian besar berpendapat bahwa merk ontel tersebut adalah Hercules namun mereka tidak dapat memastikan sebab emblem pada ontel tersebut sudah lepas dan komponen lainnya tidak lagi lengkap.

Kisah tentang Bung Karno dan Sepeda Ontel


Sumber:
Opini Pribadi dan [1]


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di