CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Titik Nol Kilometer di Beberapa Daerah "Ciayumajakuning" Jawa Barat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6125a0330a6eee425806fa64/titik-nol-kilometer-di-beberapa-daerah-quotciayumajakuningquot-jawa-barat

Titik Nol Kilometer di Beberapa Daerah "Ciayumajakuning" Jawa Barat

Titik Nol Kilometer di Beberapa Daerah "Ciayumajakuning" Jawa Barat
Tugu Nol Kilometer Indramayu/Foto: Sumber


Kalau membicarakan masalah titik nol kilometer ini sangat menarik. Menarik karena apa? Ya, bisa saja untuk menambah wawasan dan pengetahuan untuk diri sendiri ataupun orang lain. Langkah semacam ini pun perlu diketahui oleh anak zaman sekarang agar bisa mengetahui sejarah atau tempat yang paling berpengaruh di kotanya.

Memang, langkah ini barulah permulaan untuk bisa mengenalkan sejarah kepada anak muda. Namun, semua proses dan kerja nyata pun harus dilakukan agar bisa diketahui oleh semua orang. Mungkin saja, anak zaman sekarang kalau ditanya tentang titik nol kilometer di kotanya sendiri, mungkin banyak yang tak tahu. Nah, hal semacam itu pun tak bisa disalahkan karena sistem promosi di daerah tersebut bisa ternilai kurang.

Memang, penulis ini pun tak mengetahui banyak tentang titik-titik nol yang terletak di berbagai daerah Indonesia. Namun, pikiran dan hati pun selalu memberontak ingin setidaknya mengetahui agar bisa menambah wawasan. Bukan hanya itu saja, sebab mengetahui hal semacam ini pun bisa juga untuk diceritakan turun temurun. Alangkah indahnya, bukan?

Jawa Barat pun banyak wilayahnya dan salah satu wilayahnya itu adalah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan). Oleh karena itu, di setiap kota itu pun ada titik nol kilometernya. Apakah Anda, sudah tahu titik nol kilometer di kota-kota tersebut? Mungkin, sebagian orang pernah berkunjung dan mengetahuinya. Namun juga, mungkin sebagian orang belum mengetahuinya, ya?

1. Titik Nol Kilometer Cirebon

Quote:


Pernahkah Anda, melewati Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon? Nah, di sanalah letak Tugu Nol Kilometer Cirebon. Memang, hal ini pun tak ada yang menyangka karena tugunya ada di pinggir jalan. Bukan hanya itu saja, tugu ini terlihat biasa saja dengan tinggi kurang lebih satu meter.

Harus diketahui juga bahwa Tugu Nol Kilometer ini tepatnya berada di Jalan Yos Sudarso, Kota Cirebon, tepatnya depan Kantor POS. Bukan hanya itu saja! Sebab, wilayah ini pun menjadi saksi sejarah keberadaan Deandels di Cirebon. Waktu ketika ia membangun jalan antara Anyer dan Panarukan. Oleh karena itu, Titik Nol Kilometer Cirebon ada di sana.

Baca Juga: Mengintip Tempat-Tempat Terindah untuk Menikmati Sunset

2. Titik Nol Kilometer Indramayu

Quote:


Siapa yang tak tahu dengan Indramayu? Ya, Indramayu pun mempunyai ikon dengan tugu nol kilometenya. Memang, hal semacam ini agak sedikit berbeda dengan yang di kota lain. Sebab, Indramayu membuat tugu ini semacam juga untuk menjadi sebuah ikon untuk kunjungan wisatawan. Hal semacam ini pun terbilang bagus dan bisa menarik perhatian orang-orang.

Kemudian, di manakah letaknya? Letaknya berada tidak jauh dari Alun-alun atau Pendopo Kota Indramayu, Jawa Barat. Bukan hanya itu saja yang patut diketahui! Akan tetapi, letak tugu ini pun lebih tepatnya di sekitar jembatan yang dulu pernah populer dengan nama “Kreteg Sorog”.

3. Titik Nol Kilometer Majalengka

Quote:


Mungkin, Majalengka salah satu kota yang tak memperhatikan masalah nol kilometernya. Bukan hanya itu saja, biasanya patok nol kilometer itu dihias sedemikian rupa agar bisa menarik orang-orang. Hal itu pun menjadi salah satu dilema bagi orang Majalengka ini. Sebab, harus jeli dalam mencari atau mengetahui patok nol kilometernnya ini.

Memang, banyak yang mengira bahwa patok nol kilometer Majalengka itu ada di Alun-alun Majalengka. Namun, kalau dilihat dari gambar itu semuanya salah. Kemudian, letak yang tepatnya di mana? Ya, inilah yag tepatnya! Titik 0 Kilometer Majalengka berada di Jalan K.H. Abdul Halim. Tepatnya di seberang depan Gedung BRI Majalengka. Bagi pecinta bakso, t
Titik 0 Kilometer berada di Kedai Bakso Sekar Maju. Nah, Apakah Anda, pernah lewat jalan itu?

4. Titik Nol Kilometer Kuningan

Quote:


Kota Kuningan atau sering juga disebut Kota Kuda karena di taman kotanya terdapat ikon kuda. Nah, hal semacam ini pun harus bisa diketahui bahwa Kuningan pun mempunyai titik nol kilometer. Bukan hanya itu saja, titik ol kilometer ini bisa menandakan awal perhitungan kilometer untuk suatu wilayah. Jadi, hal semacam ini pun sangat penting.

Titik Nol Kilometer Kuningan masih berada di Jalan Siliwangi dan dari dulu pun tak ada perubahan. Namun, di sana pun sudah dibangun monumen nol kilometer di dekat Taman Kota. Namun, monumen itu jika dilihat dari letak tugu atau patok nol kilometer yang sebenarnya masih kurang tepat beberapa meter. Sebab, Titik Nol Kilometer Kuningan yang paling tepatnya itu berada di Jalan Siliwangi depan Toko Emas Macan dan Karmina, tepat sebelum gang kecil pasar menuju Kantor Pos.

Baca Juga: Yuk, Ketahui! Di Lokasi Inilah Titik-Titik Ujung Pulau Jawa

Mengetahui hal semacam ini pun bisa terbilang penting karena bisa saja untuk menambah wawasan. Nah, hal semacam itu pun harus bisa dijadikan sebuah semangat untuk menciptakan keindahan. Keindahan dalam apa? Keindahan dalam hal berbagi atau sharing untuk menambah pengetahuan. Bagaimana dengan mengetahui letak titik nol kilometer di beberapa daerah yang ada di Jawa Barat ini, apakah Anda, tertarik untuk mengunjunginya?[]




Cangkir Kopi





profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonetgame dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
yang menarik, titik 0 kilometer hampir selalu ada di depan kantor penting kayak kantor pos atau kantor kepemerintahan, kira2 kenapa ya?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
penasaran dgn titik 0KM dikota lain emoticon-I Love Indonesia
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Km 0 jogja ga masuk gan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Karel apal titik 0 di Majalengka didinya padahal hampir tiap poe kaliwatan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
skull18 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Maksudnya masih belum paham ane
emoticon-Bingung

Nol kilometer itu gimana?
Titik pusat yg ada di kota itu kah?
Titik nol hampir sebagian besar ada di dekat alun2 ya Gan?

peninggalan lawas bahwa pusat kota itu ada alun alun, kantor bupati, dan masjid (biasanya di sebelah barat) emoticon-Embarrassment
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Ane pernah ke titik nol kilometer di Batam. Sesampainya di sana. Tidak ada apa-apa selain tanah merah, pohon dan semak belukar. Jatuhnya cuman test drive dari ujung ke ujung saking sepinya itu jalan menuju titik nol. Tapi itu dulu waktu awal 2000. Kalau sekarang cek gmap udah ada tempat wisatanya.

emoticon-Leh Uga

Titik Nol Kilometer di Beberapa Daerah "Ciayumajakuning" Jawa Barat
profile-picture
profile-picture
Gailham dan rihasi memberi reputasi
Diubah oleh Mandalorian
Klo KM 0 di Sentul, Bogor termasuk juga?
Majalengka bari Kuningan mengenaskan temen cahh emoticon-Wakaka
Widih mantap
yg di Cirebon...
kelurahannya Lemahwungkuk, kecamatannya Lemahwungkuk

...tapi nama populernya "Cangkol" emoticon-Big Grin (kalo gak salah nama dusun -sekarang komplek-)

T : mau ke mana kang..??
J : mau KeCangkol...emoticon-Big Grin

sejarah Cangkol & Karanggetas
profile-picture
profile-picture
Gailham dan kadrunslayer memberi reputasi
Kalo nol km di subang deket gan daerah ane tuh
Titik NOL Km jaringan jalan Tol Pulau Jawa ada di sekiataran Simpang Susun Cawang

Titik Nol Kilometer di Beberapa Daerah "Ciayumajakuning" Jawa Barat
Diubah oleh prianto85
kalo kota yang baru pertama kali kita datengin, gimana cari titik 0km nya gan? cari diurutin gitu patok2 km-nya, trus muter radius?
emoticon-Bingung
Mo bikin Nol kilometer di rumah ah, samping tv
Dah tahu itu titik 0,tapi di jadiin pertokoan.. Ndak di kasih lahan dikit buat patokan nya...

Suka heran ane sebagai warga asli kuningan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boloqox dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Coba besok pagi ane mau cari patok 0 km dimari


emoticon-Ngacir
Titik 0 bandung di asia afrika

Titik Nol Kilometer di Beberapa Daerah "Ciayumajakuning" Jawa Barat
profile-picture
profile-picture
Gailham dan penyukabiru memberi reputasi
Diubah oleh uusDK
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Titik 0 km itu apa sih ? Ga paham wa. Tolong kasih paham dong
Teryata mau ke kilo meter nol deket iya
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di