CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hawu, Alat Memasak yang Sudah Jarang Digunakan di Zaman Sekarang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61249581ed3acc7733110b34/hawu-alat-memasak-yang-sudah-jarang-digunakan-di-zaman-sekarang

Hawu, Alat Memasak yang Sudah Jarang Digunakan di Zaman Sekarang



Hawu. Apakah Anda, tahu dengan alat masak yang satu ini? Mungkin sebagian orang pun pernah atau sering memakai alat ini untuk memasak. Oleh karena itu, alat ini pun menjadi sangat legendaris karena di zaman sekarang sudah jarang digunakan. Bukan tanpa alasan kenapa hawu sudah jarang digunakan. Sebab di zaman sekarang, orang-orang sudah banyak yang memakai kompor gas. Nah, hal semacam itu pun menjadikan hawu ini bisa saja tergerus oleh zaman.

Harus diketahui juga bahwa hawu itu adalah suatu alat atau tempat untuk berkumpulnya abu. Oleh karena itu, alat yang satu ini pun sangat cocok digunakan ketika memasak pakai kayu bakar. Memang, hal semacam ini bisa ternilai sangat tradisional. Namun, memasak dengan hawu itu akan sangat berbeda dengan yang di kompor. Kemudian, apa perbedaannya? Ya, bisa dinilai dari rasa yang akan dihasilkan pun akan sangat berbeda dan sensasi masaknya pun akan jauh berbeda. Maka, dari itulah ada kelebihan dan kelemahannya.

Quote:


Biasanya hawu itu terbuat dari bata yang disusun secara rapi ataupun dari tanah liat ataupun dibuat khusus dengan beton. Namun, kegunaannya akan tetap sama. Kemudian, kayu bakar pun dimasukkan ke dalam lobang yang sudah disiapkan. Setelahnya, bisa dibakar dan dipakai seperti layaknya kompor.

Baca Juga: Cara Mengubah Foto Rusak Menjadi Kualitas HD

Memang, harus diakui bahwa memasak dengan hawu ini harus mempunyai kesabaran yang tinggi. Sebab, memasak menggunakan alat ini harus pintar dalam mengatur apinya. Kenapa harus seperti itu? Ya, sebab kalau tak pintar maka api pun akan padam dan masakkan pun akan terbengkalai.

Quote:


Namun, alangkah indahnya kalau menggunakan alat ini sedang dalam keadaan suhu udara dingin. Kenapa indah? Ya, indah bisa sambil menghangatkan tubuh di kala sambil memasak. Memang, langkah ini semacam aneh. Akan tetapi, langkah semacam ini pun bisa menjadi salah satu pilihan agar bisa menghangatkan tubuh di kala dingin.

Memasak dengan alat ini pun bisa mengajarkan bahwa untuk mendapatkan sesuatu itu selalu ada prosesnya. Nah, di sini pun bisa dilihat dari kayu bakar yang mungkin saja hasil dari memulung di kebun atau lainnya. Kemudian, kayu itu dimasukkan ke dalam lubang hawu yang sudah disediakan. Nah, setelahnya, barulah bisa dibakar dan bisa dipakai untuk memasak. Namun, bukan hanya sampai situ saja. Sebab, kayu bakar itu pun harus diatur juga agar apinya tetap seimbang ketika memasak itu.

Baca Juga: Manfaat Menulis untuk Kehidupan Manusia Setiap Harinya

Quote:


Tak bisa dielakkan lagi bahwa memasak dengan menggunakan alat ini harus memerlukan kerja keras. Bukan hanya itu saja, tetapi kesabaran pun harus ada. Sebab, kompor gas dengan hawu ini sangat berbeda. Namun, memasak menggunakan hawu itu akan terasa lebih nikmat jika dibandingkan dengan kompor gas. Benar atau tidak?[]


Cangkir Kopi

profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan rizapadlevi memberi reputasi
Beda yak sama anglo?
Anglo Saxon.
emoticon-Leh Uga
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Di kampung ane masih pake
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jdi ingat pas masih SD masak pkai kayu, yg agak keren masak pkai tali sumbu yg minyak gas..klau talinya habis..ribet tarik talinya..
Diubah oleh steven.thereds
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sekalian bakar jagung enak emoticon-2 Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hawuk apanya bawuk bray..?

emoticon-Big Grin
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Tapi rasa masakannya lebih beraroma... Agak ada aroma asap. Sangat berbeda dari pembakaran gas ataupun menggunakan listrik.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu sering bikin buat main masak-masakan dari numpukin batu bata/konblock 😂
Alat yang melegenda, masih dipakai koq di daerah-daerah
Alat yang melegenda, jadi ingat masa kecil
Alat yang melegenda, rasanya itu bikin kagen pedesaan
lha, di rumah bokap nyokap gue masih pake ini, kalau buat masak air masih pake itu walaupun ada kompor gas juga. jadi inget jaman masih di jawa, bener kata TS, pas hawa lagi dingin pas banget deket2 itu, anget. yang agak capek harus sering2 niup apinya pake semprong bambu, biar tetep nyala. btw, baru tau namanya hawu... 😅
kalo di dusun dusun keknya masih deh pakai alat-alat ini, apalagi kalo ada acara hajatan dsb
Sekarang sudah beralih ke kompor gas ...mengikuti perkembangan....
Masih banyak di tempat ane. Sekarang yang susah nyari kayunya
Ibu saya masih pakai buat masak nasi doang karena lebih enak dari pada magic com,klo yang lain baru pakai kompor gas
Masih ada yang pakai.
Hasil masakannya juga beda aroma dan cita rasanya.
emoticon-Angkat Beer


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di