CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
#WOW Singapura Punya Pabrik Nyamuk, Bisa Produksi Jutaan Nyamuk Perminggu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61238e7140fe8847c81855e3/wow-singapura-punya-pabrik-nyamuk-bisa-produksi-jutaan-nyamuk-perminggu

Bukannya Diberantas, Negara Ini Justru Memproduksi Jutaan Nyamuk Aedes Aegepty

#WOW Singapura Punya Pabrik Nyamuk, Bisa Produksi Jutaan Nyamuk Perminggu
psd.gov.sg


Ada pabrik nyamuk di Singapura?, nyamuknya dibuat kaya robot?, jangan-jangan nanti nyamuk buatannya bisa jadi nyamuk raksasa kaya di film Mosquito?.

Ada yang berpikiran seperti diatas?.

Sebelum termakan hoax, overthinking, atau berimajinasi terlalu jauh, simak fakta-faktanya berikut ini.

Yap, Singapura sekarang ini lagi giat-giatnya mengembangkan 'pabrik nyamuk'. Pemerintah Singapura, melalui Badan Lingkungan Hidup Singapura atau NEA, menyediakan fasilitas senilai USD 5 juta, untuk terus mengembangkan 'pabrik nyamuk'. Gak tanggung-tanggung, di pabrik nyamuk ini mampu menghasilkan 5 juta nyamuk per minggunya. Kebayang gak sih sebanyak apa itu nyamuk?.

Proyek yang diberi nama Project Wolbachia ini, sengaja dibuat bukan untuk menambah populasi nyamuk, tapi, malah untuk mengurangi populasi nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD). Proyek ini dinilai cukup berhasil dalam menurunkan angka kasus DBD di Singapura.

Meskipun Singapura luas wilayahnya gak terlalu besar, tapi negara ini punya kasus DBD yang cukup tinggi. Di tahun 2020, total kasus DBD mencapai 26.000 kasus dengan 20 orang meninggal dunia. Angka tersebut lebih tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah kasus DBD ini disebut-sebut sebagai buntut dari adanya wabah pandemi COVID 19. Lockdown yang dilakukan di masa pandemi ini, membuat berbagai kegiatan terhenti sementara, sehingga membuat habitat nyamuk gak terganggu oleh aktivitas manusia. Ditambah lagi dengan adanya kombinasi musim pancaroba, yang bikin perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD atau aides aigeptysemakin meningkat.




#WOW Singapura Punya Pabrik Nyamuk, Bisa Produksi Jutaan Nyamuk Perminggu

Menariknya, proyek 'pabrik nyamuk' ini udah lebih dulu diteliti di Indonesia, yang diinisiasi oleh Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM), sejak tahun 2011, yang diberi nama program Eliminate Dengue Project (EDP) atau yang kemudian diubah menjadi World Mosquito Program.

Pada dasarnya, Project Wolbachia dengan World Mosquito Program, itu sama. Yaitu sama-sama menciptakan nyamuk tipe baru, yaitu nyamuk aides aigepty jantan yang mandul atau nyamuk aedes aegepty yang dimasukkan bakteri wolbachia.


#WOW Singapura Punya Pabrik Nyamuk, Bisa Produksi Jutaan Nyamuk Perminggu
psd.gov.sg

Sederhananya gini, nyamuk-nyamuk aedes aegepty dikembangbiakkan di laboratorium khusus, terus diambillah nyamuk-nyamuk jantannya. Setelah itu, kedalam tubuh si nyamuk-nyamuk jantan ini akan dimasukkan bakteri wolbachia.

Jadi, ketika nyamuk jantan yang berisi bakteri ini dilepas ke alam, terus kimpoi dengan nyamuk aedes aegepty betina yang mengandung virus DBD, telur-telur yang dihasilkan dari perkimpoian itu, gak akan menetas, kalaupun menetas, semua keturunannya bakalan terinfeksi wolbachia. Nantinya bakteri wolbachiaini bakalan nular ke si nyamuk betinanya. Begitu si nyamuk betina yang terinfeksi wolbachia ini kimpoi sama nyamuk jantan yang liar, si nyamuk betina ini bakalan nularin juga bakterinya.

Nah dari proses inilah diharapkan, populasi nyamuk aedes aegepty yang mengandung virus DBD, bisa menurun secara masif. Dengan memperkecil peluang telur-telur nyamuk DBD menetas.


#WOW Singapura Punya Pabrik Nyamuk, Bisa Produksi Jutaan Nyamuk Perminggu
Straitstimes.com


Kabar baik lainnya, ternyata nyamuk jantan yang mengandung bakteri wolbachiaini, gak akan menggigit manusia.

Dari penelitian yang dilakukan di Kota Yisun dan Tampines, Choa Chu Kang, dan Bukit Batok di Singapura, hasilnya, terjadi penurunan populasi nyamuk DBD sampai 98%, dan setahun setelah pelepasan nyamuk wolbachia tersebut, terjadi penurunan kasus DBD hingga 88%, kalau dibandingkan dengan wilayah lain yang gak disebar nyamuk wolbachia.

Semoga Proyek Wolbachia dan Wold Mosquito Program ini, bisa berhasil menurunkan dan mengendalikan angka kasus DBD di Singapura, Indonesia, dan seluruh dunia.



Referensi :
https://www.nea.gov.sg
http://www.eliminatedengue.com
https://www.cnbcindonesia.com/lifest...tasi-wabah-dbd
https://www.cnnindonesia.com/interna...dbd-sejak-2013
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Dheafriliani
Halaman 1 dari 3
Lagian kimpoi bawa² penyakit sih emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
teddy.bear dan anfa.h memberi reputasi
owh..gitu.. ane kira nyamuknya dijadiin tentara militer emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
teddy.bear dan anfa.h memberi reputasi
#WOW Singapura Punya Pabrik Nyamuk, Bisa Produksi Jutaan Nyamuk Permingguemoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teddy.bear dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya awalnya memang diteliti di Indonesia ini.
Sudah pernah baca konsepnya. emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gerryardi dan 4 lainnya memberi reputasi
Iya nih bener.
Harusnya disini juga begitu dari dulu
profile-picture
profile-picture
teddy.bear dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Nyamuk jantan memang gk menghisap darah, jantannya itu hnya menghisap daun tanaman. Adadi pelajaran SD kok
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Gailham memberi reputasi
Bakteri wolbachia tersebut, aman tidak bagi manusia?
Nanti jadi senjata makan tuan, niat mau basmi nyamuk malah nyebarin penyakit baru.
profile-picture
profile-picture
teddy.bear dan ericbhoo memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Konsepnya pinter. Nyamuk laki gak makan darah(setahu saya) nyamuk cewek makan darah

Ilmuan bikin nyamuk jantan dari spesies berbahaya seperti dbd dengan otak atik genetic/virus

Dilepasin di alam terus kimpoi entah jadinya yg cewek jadi mandul/mati tapi tujuanya kusus nyamuk berbahaya


Ane paling benci sama nyamuk tapi nepuknya seneng apa lagi yg gendut, kalo kena enak banget kalo lolos getol sampai dikejar kalo gam kena dongkol dikit
profile-picture
profile-picture
teddy.bear dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pinter bgt nih peneliti....

Mangstaf ini gan vroh. Yg neliti nanti ktularan jdi super hero nyamuk emoticon-Ngakak
Hebat nih Singapura. Semoga Indonesia bisa ikutan nerapin. Soalnya DBD di Jakarta tinggi banget tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dheafriliani dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Aman gak neh emoticon-Takut
profile-picture
rompo memberi reputasi
kiraiin bikin nyamuk predatornya.. eh pendekatannya malah ke perkimpoian perkimpoian.. hee good seep mantaap
profile-picture
Dheafriliani memberi reputasi
Nyamuk, nyamuk apa yg jelek?
profile-picture
demamkonspirasi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pada belahan dunia sisi satunya, ada juga lab seperti ini tapi tujuannya berbeda.
Diubah oleh biohex
Ane terkesikma membacanya, gan. Singapura memang keren2 ilmunya.. emoticon-Kiss
profile-picture
Dheafriliani memberi reputasi
Wahbbaru tau ada yang begini
profile-picture
Dheafriliani memberi reputasi
and here we go again....mencoba mengotak atik alam...
Bill gates jg bikin hal serupa
Pernah baca nih
profile-picture
Dheafriliani memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di