Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faizalranuwirnaAvatar border
TS
faizalranuwirna
Bagaimana Cara Mengukur Kinerja Karyawan ? Yuk Kita Bahas!

Bagaimana [url=Bagaimana Cara Mengukur Kinerja Karyawan ? Yuk Kita Bahas!][/url]cara mengukur kinerja karyawan yang tepat agar karyawan dapat terevaluasi dan terlihat potensi dalam diri mereka?

[ltr]Sebelum membahas lebih dalam mengenai bagaimana cara mengukurnya, hal pertama yang perlu diketahui adalah pembuatan form atau program. Pembuatan program itu sendiri dibagi 2 jenis tergantung daripada status karyawan yang dimiliki. Status karyawan yang dimaksud adalah karyawan tetap dan karyawan kontrak.[/ltr]
[ltr]
Penilaian karyawan tetap biasanya digunakan untuk menentukan kenaikan gaji/bonus dari karyawan tersebut. Sedangkan Penilaian karyawan kontrak/percobaan dilakukan untuk menentukan apakah karyawan yang bersangkutan akan diangkat menjadi karyawan tetap, diperpanjang kontraknya atau dihentikan kontraknya.
[/ltr]
[ltr]
Nah, setelah tahap awal pembuatan program, berikutnya adalah memulai menilai kinerja karyawan yang dibagi beberapa tahapan diantaranya :
[/ltr]

1. Menentukan Standar Penilaian Kinerja Karyawan.

Penetapan standar penilaian kinerja dilakukan untuk memastikan tujuan dan strategi suatu perusahaan akan tercapai.

Supaya objektif, standar ini harus bersifat “SMART”, yang berarti spesifik (specific), terukur (measurable), dapat dicapai (achievable), relevan (relevant), dan terikat waktu (time bound).

2. Menginformasikan Standar Penilaian Kinerja Karyawan

Agar efektif, standar penilaian kinerja harus dikomunikasikan dengan jelas dan dipahami oleh karyawan.

Komunikasi ini harus membuat karyawan mengerti apa yang sebenarnya diharapkan oleh perusahaan terhadap karyawannya.

3. Mengukur Penilaian Kinerja Karyawan

Kinerja seorang karyawan yang mudah diukur, yaitu yang memiliki format numerik. Misalnya, kuantitas dan ketepatan waktu.

Sementara kinerja yang bersifat soft skills, seperti komunikasi, dan kepemimpinan lebih sulit untuk dievaluasi.


Meski begitu, evaluasi kinerja karyawan harus dilakukan secara objektif dan profesional. Hindari menggunakan perasaan saat mengukur kinerja karyawan.

4. Membandingkan Kinerja Aktual Dengan Standar Kinerja

Setelah mengukurnya, bandingkan dengan standar kinerja yang telah ditetapkan.

Hasil dokumentasi dari evaluasi harus menyoroti tindakan dan hasil yang bersifat:

- Tepat
- Spesifik
- Konsisten (mencakup seluruh periode)
- Faktual (tidak berdasarkan dugaan)
- Seimbang (menyatakan hasil yang memuaskan dan tidak memuaskan)
- Tertulis


5. Mendiskusikan Hasil Penilaian Kinerja Dengan Karyawan Terkait


Tahap ini merupakan tahap yang paling sulit karena berpotensi memicu perbedaan pendapat antara atasan dan bawahan.

Namun, jika atasan rutin memberikan feedback dan pembinaan secara teratur, hal tersebut mungkin tidak akan terjadi.

Untuk mengatasi perbedaan pendapat, manajemen dapat meminta karyawan untuk melengkapi dan menyerahkan evaluasi diri sebelum diskusi berlangsung.

Perlu diingat juga bahwa atasan harus tetap tenang dan sopan, karena akan berdampak signifikan pada kepercayaan diri, motivasi, dan kinerja karyawan di masa mendatang.

6. Mengambil Tindakan

Setelah diskusi, langkah selanjutnya adalah mengambil tindakan yang tepat. Misalnya, apabila kinerjanya memuaskan, manajemen dapat menaikkan gaji, mempromosikan jabatan, atau memberikan peluang pengembangan yang didambakan karyawan.

Sebaliknya, bila hasil tidak sesuai dengan ekspektasi perusahaan, karyawan dapat dihentikan kontraknya.


Nah, seperti itulah penjelasan singkat mengenai cara mengukur kinerja karyawan. Apakah agan2 sekalian sudah melakukannya di perusahaannya? 


pengenlapak96Avatar border
g0h0Avatar border
g0h0 dan pengenlapak96 memberi reputasi
2
785
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan