TS
aplikasitoko
6 Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Supaya Ga Lari Ke Toko Lain
Mengembangkan bisnis memang tidak mudah, apalagi jika Anda ingin menjadi pengusaha sejati, cobalah untuk fokus pada kesetiaan atau loyalitas pelanggan. Mengapa demikian? Karena, menjaga dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan adalah kunci penting bagi bisnis Anda agar bisa bertahan lama di dunia usaha.
Pelanggan setia tidak datang begitu saja, maka dari itu Anda harus menciptakannya. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari respon positif Customer. Biaya dan waktu yang sudah Anda gunakan untuk membuat pelanggan puas selalu sepadan dengan apa yang akan didapat.
Pengertian Loyalitas pelanggan
sebagaimana diketahui bahwa tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan merasa puas. Terciptanya kepuasan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi harmonis sehingga memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya kesetiaan terhadap merek serta membuat suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan (Tjiptono, 2000 : 105).
Menurut Tjiptono (2000 : 110) loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang. Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa kesetiaan terhadap merek diperoleh karena adanya kombinasi dari kepuasan dan keluhan. Sedangkan kepuasan pelanggan tersebut hadir dari seberapa besar kinerja perusahaan untuk menimbulkan kepuasan tersebut dengan meminimalkan keluhan sehingga diperoleh pembelian jangka panjang yang dilakukan oleh konsumen.
Baca Selengkapnya : Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Supaya Ga Lari Ke Toko Lain
Pelanggan setia tidak datang begitu saja, maka dari itu Anda harus menciptakannya. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari respon positif Customer. Biaya dan waktu yang sudah Anda gunakan untuk membuat pelanggan puas selalu sepadan dengan apa yang akan didapat.
Pengertian Loyalitas pelanggan
sebagaimana diketahui bahwa tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan para pelanggan merasa puas. Terciptanya kepuasan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya menjadi harmonis sehingga memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya kesetiaan terhadap merek serta membuat suatu rekomendasi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan (Tjiptono, 2000 : 105).
Menurut Tjiptono (2000 : 110) loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang. Dari pengertian ini dapat diartikan bahwa kesetiaan terhadap merek diperoleh karena adanya kombinasi dari kepuasan dan keluhan. Sedangkan kepuasan pelanggan tersebut hadir dari seberapa besar kinerja perusahaan untuk menimbulkan kepuasan tersebut dengan meminimalkan keluhan sehingga diperoleh pembelian jangka panjang yang dilakukan oleh konsumen.
Baca Selengkapnya : Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan Supaya Ga Lari Ke Toko Lain
0
772
0
Komentar yang asik ya
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan