KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Fanatisme Suporter Sepak Bola di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61165da56895982411293cab/fanatisme-suporter-sepak-bola-di-indonesia

Fanatisme Suporter Sepak Bola di Indonesia

Fanatisme Suporter Sepak Bola di Indonesia
150 Ribu Penonton Hadir di Final Perserikatan Persib VS PSMS Tahun 1985/Foto: Sumber


Sudah tak bisa dielakkan lagi bahwa sepak bola adalah olahraga yang favorit di dunia. Oleh karena itu, banyak fans yang bertebaran. Bukan hanya itu saja, sepak bola itu sudah menjadi ajang bisnis di zaman sekarang ini. Namun, sepak bola juga bisa menjadi sebuah musibah bagi fans itu sendiri.

Melihat dan menilai sepak bola yang ada di dalam negeri ini bahwa sepak bola bisa dikatakan favorit, jika dibandingkan dengan olahraga lainnya. Bukan tak ada alasan lagi. Sebab, jika menelisik dari kiprah para kelompok suporter yang semakin banyak. Nah, dalam hal itu pun menjadikam sepak bola ini indah dan menghibur.

Quote:


Memang, suporter yang ada di Indonesia ini bisa terbilang sangat fanatik jika dibandingkan dengan negeri tetangga. Oleh karena itu, hal semacam ini pun harus dijadikan keunggulan bagi Indonesia untuk bisa membangun sepak bola. Namun, hal itu mungkin sekarang ini hanya harapan. Sebab, jika menelisik dan melihat secara saksama bahwa sepak bola negeri ini malah jalan di tempat, atau mungkin mengalami kemunduran. Entahlah!

Hal yang harus diperhatikan dalam hal ini, Indonesia harus bisa menggandeng para suporter agar bisa satu suara dan siap juga memajukan sepak bola. Bukan hal itu saja, sebab kunci utama dalam keberhasilan itu adalah kekompakan. Maka, hal semacam itu pun harus senantiasa dijalankan agar bisa salinh menguatkan antara yang satu dengan lainnya.

Quote:


Memang, banyak kelompok suporter besar yang ada di Indonesia ini, misalnya Bobotoh, The Jack, Aremania, Bonex, dan lainnya. Nah, hal semacam itu pun menjadi keunggulan bahwa Indonesia harus mampu menciptakan kompetesi yang baik. Coba lihatlah, negeri tetangga! Kalau masalah suporter, mereka masih kalah dengan yang ada di Indonesia. Namun, mereka sangat pintar dalam me-menage sebuah kompetesinya sehingga hal semacam itu bisa berpengaruh kepada klubnya.

Fanatisme suporter di sini pun sangat besar. Bahkan, ada yang sampai berdarah-berdarah atau meninggal juga karena ingin menonton klub kesayangannya. Maka, hal semacam itu pun sulit untuk disalahkan. Sebab, mungkin saja, itu panggilan hati nurani mereka untuk menonton. Namun, takdir yang tak baik pun malah menimpa mereka jadi bisa celaka.

Quote:


Tak jarang bahwa satu stadion selalu penuh oleh suporter. Maka, hal semacam ini pun harus dijaga karena bisa saja suporter itu bisa membantu klub dalam hal keuangan. Membantu seperti apa? Membantu dalam hal tiket dan otomatis ada pemasukkan bagi klubnya sendiri. Hal semacam itu pun tak bisa dilepaskan bahwa suporter yang ada di Indonesia ini bisa terbilang turun temurun. Jadi, suporter yang ada di Indonesia akan selalu ada.

Quote:


Sungguh indah, jika melihat suporter bisa mendukung tim yang diidolakannya secara langsung. Bukan hanya itu saja bahwa efek suporter dalam sepak bola itu sangat penting. Nah, coba bayangkan bagaimana kalau suporter tak ada. Maka, sepak bola pun sudah seperti sayur tanpa garam, hambar.

Sorak-sorai di dalam stadion itu sangat penting. Maka itulah kerjanya suporter. Harus diketahui! Tak bisa dielakkan lagi bahwa suporter itu letaknya sangat penting. Bahkan, lebih penting dari klubnya sendiri.

Quote:


Para suporter di Indonesia sungguh fanatik, sampai orang luar pun banyak yang berdecak kagum dalam hal kefanatikanya. Namun, hal fanatik saja tak bisa dibanggakan kalau masih sering tawuran. Oleh karena itu, suporter yang ada di Indonesia pun harus bisa saling menghargai. Bukan hanya itu saja, tetapi harus bisa selalu mengingat kepada diri sendiri agar tak celaka dan mencelakai.[]


Cangkir Kopi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mightyegga dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ane inget celetukan satu org bule pas mau nyetadion nonton liga indo.

Spoiler for njleebb:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mightyegga dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
Mungkin harus ditindak tegas gan. Disini kadang hukum terlalu permisif apalagi pakai dalih kami rakyat kecil maka tidak boleh dihukum. Ampe cucu ane uda beranak juga sepakbola ga bakal maju kalau mental suporternya ga berubah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jaman2 di Malang dulu, ane rajin banget nribun
Nyaris ga ada satupun home match Arema yg kelewat
Kadang2 ikutan away juga
Tapi lama2 ane pikir, ngapain ya gue ini
Berprestasi kaga, malah duit gue abis emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
kadang bersyukur ada copid, jadi mereka ga bisa nonton bola lagi
profile-picture
mightyegga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ter populer se Indonesia.penonton Nyambi wasit tuan rumah harus menang
Prestasi terbaik mentok juara 2 terbanyak tingkat Asia tenggara AFF

Andalan Indonesia cuma bulu tangkis sejak jaman Sukarno
profile-picture
profile-picture
aryosetoadji dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh meimeiput
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sekarang apakah masih boleh berkerumun???
no bar bar.. no nobar..
Fanboy sekbol di indo? 11 12 sama monyet cebong kampret kadrun sjw d sini, sama kek orang mabok agama, fasis & nothing to die for, gada mental legowo kalo kalah, gelo kabeh, barbar pula bisa bunuh orang cuma gegara fanatisme bola
Sinting, bikin gw antipati sama sepak bola indo
Mending bulu tangkis, drama ga sebanyak sekbol tapi prestasi pol
Sekbol? DRAMA POL PRESTASI NOL
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
fanatisme itu kata halus dr gblog
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan pitaksemprul memberi reputasi
Liga 1 dah mau main lagi ya gann, fanatisme udh berkurang apa makin menjadi efek kopet
Prestasi gak ada yg bs dibanggain terakhir dpt prestasi seagames 1991 wkwkwk
profile-picture
primadivine memberi reputasi
Suporter sepakbola Indonesia banyak banget
Di klub bolanya apalagi
INDONESIA
INDONESIA
Fanatisme yang tidak sebanding dengan prestasinya. Terlalu banyak catatan negatif suporter sepakbola di Indonesia. Lebih bisa di banggakan cabang olahraga bulutangkis 🏸.
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
Tp ga pernah dpt apa2 Timnasnya alias pecundang emoticon-Big Grin
profile-picture
pitaksemprul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Quote:


Quote:


Tes
Liga terbaek se universe indonesia,tidak ada tandingannya di indonesia,apa itu EPL,LALIGA,CERI-A ,universe indonesia punya liga sendiri dengan pilosopi nya yang aduhai
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Konung memberi reputasi
Masyrakat tulul emang, fanatik sama olahraga yg gk ada prestasi nya emoticon-Hammer2
Menjijikan juga liat liga nya
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan wen12691 memberi reputasi
mereka bukan suporter bola, mereka cuma gerombolan orang2 yg suka bikin onar dan rusuh.
profile-picture
PneumonoCyclone memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Fanatik boleh asal... Asalllll ada prestasinya yg bisa dibanggakan se asia sampai internasional tentunya dalam sisi yg positif loh... Kalo nihil malah yg ada keributan maupun kisruh mulu buat apaan mending nyari kerjaan lain..

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di