KOMUNITAS
Home / FORUM / All / ... / Belajar dakwah /
Beginilah Keadaan Manusia Di Hari Kiamat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/611216194ba909064d155f23/beginilah-keadaan-manusia--di-hari-kiamat

Beginilah Keadaan Manusia Di Hari Kiamat

Assalamualaikum, agan/sista gimana kabarnya ?, semoga agan dan sista dan semua admin kaskus diberi kesehatan dan dilancarkan semua urusanya, Aamiin.

Dalam kesempatan kali ini mungkin saya akan menulis tentang keagamaan tepatnya agama islam, dengan madzhab syafiiyah. Dan semoga tulisan saya ini tidak menjadi perdebatan antara saudara saya, dan jika saya melakukan kesalahan dalam penulisan mohon dibetulkan. 

kali ini ane akan membahas keadaan manusia di hari kiamat, yang dilansir dari berbagai sumber seperti . Alquran dan Hadist rasulullah yang tertulis di dalam kitab kuning.

Sebagai mana firman allah dalam Al'Quran surat Ibrahim ayat ke 44, yang berbunyi :

Dan berikanlah peringatan (Muhammad) kepada manusia pada hari (ketika) azab datang kepada mereka, maka orang yang zhalim berkata, "Ya Tuhan kami, berilah kami kesempatan (kembali ke dunia) walaupun sebentar, niscaya kami akan mematuhi seruan Engkau dan akan mengikuti rasul-rasul." (Kepada mereka dikatakan), "Bukankah dahulu (di dunia) kamu telah bersumpah bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?

Beginilah Keadaan Manusia Di Hari Kiamat
Sumber Gambar : Suara.com


Diriwayatkan oleh Attirmidzi dari Abu hurairah r.a. bahwa rasulallah bersabda : 
orang orang yang dikumpulkan pada hari kiamat terbagi kedalam tiga kelompok, 
Kelompok yang pertama adalah kelompok yang berjalan dengan kaki, kelompok yang kedua adalah kelompok yang menunggangi kendaraan (Unta atau Kuda),
dan yang ketiga adalah kelompok yang berjalan dengan menggunakan kepala. Kemudian ada sahabat yang bertanya kepada rosul : " ya rasulallah, bagaimana mereka bisa berjalan dengan menggunakan kaki?", Kemudian rasulallah menjawab  : " Tuhan yang berkuasa menjadikan mereka berjalan dengan kaki, maka tuhan juga berkuasa untuk menjadikan mereka berjalan dengan kepala mereka".

Beginilah Keadaan Manusia Di Hari Kiamat
Sumber Gambar : Arabpost


Dijelaskan dalam kitab Dzurotun nashihin bahwa adapun kelompok yang berjalan menggunakn kaki ialah orang mu'min yang berdosa, dan kelompok yang memakai tunggangan ialah seorang yang bertaqwa kepada tuhan yang maha esa yang tidak terdapat sedikitpun merasa takut dan duka di kala mereka berjalan. Sedangkan yang berjalan terbalik ( kepala di bawah kaki di atas ) ialah orang orang kafir. 



Perlu Diketahui dan diingat bahwasanya kata kafir dalam setiap firman dan hadist nabi adalah orang orang yang tidak percaya adanya allah dan juga rasulnya, walaupun di dalam ktp adalah muslim tapi jika di dalam hatinya tidak percaya akan adanya tuhan maka itu juga sudah termasuk kafir.

Akhir Kata :

Nah, itulah keadaan manusia di hari kiamat, Semoga ini bisa menjadi renungan khususnya untuk saya pribadi umumnya untuk semua orang yang membaca ini, mohon maaf jiakalau ada kesalahan kata kata dan juga kesalahan dalam menafsirkan hadist, mohon maaf yang sebesar besarnya, semoga bermanfaat, Terimakasih.


Spoiler for Sumber Hadist Dan Keterangan:

profile-picture
pakisal212 memberi reputasi


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di