KOMUNITAS
Home / FORUM / All / ... / Belajar dakwah /
RASULLULLAH PERCAYA APABILA ADA NABI SETELAHNYA MAKA DIA ADALAH....
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610f5de37020355ef1780a63/rasullullah-percaya-apabila-ada-nabi-setelahnya-maka-dia-adalah

RASULLULLAH PERCAYA APABILA ADA NABI SETELAHNYA MAKA DIA ADALAH....

RASULLULLAH PERCAYA APABILA ADA NABI SETELAHNYA MAKA DIA ADALAH....
Dia adalah amirul mukminin, abu hafsh 'umar bin al-khaththab bin nufail bin 'abdul 'uzza bin rabah bin qarth bin razah 'adi bin ka'tab bin lu'ai. gelarnya adalah al-faruq, dan julukannya adalah abu hafshah.

dia adalah salah satu dari sepuluh orang yang dapat kabar gembira masuk surga tanpa perhitungan amal, seorang khalifah kedua, sekaligus mertua rasulullah saw.

dia masuk islam pada tahun keenam setelah pengangkatan muhammad sebagai nabi dimekah al mukarramah. saat itu dia berumur 27 tahun dan termasuk salah satu dari orang penting kaum quraisy yang memerangi islam pada masa permulaannya. sehingga rasulullah saw mendoakannya agar allahswt memberinya petunjuk menjadi pemeluk agama islam, maka jadilah ia sebagai pejuang islam. lalu allah swt mengabulkan doanya. keislaman umar bin khaththab menyebabkan terbukanya islam bagi yang lainnya.

              rasulullah bersabda, "ya allah, muliakanlah islam dengan 'umar bin khaththab secara khusus."

karena itulah dia dijuluki dengan "al-faruq", ketika ia masuk islam ia berkata kepada kaum muslimin yang saat itu menyembunyikan dirinya di dar al arqam bin abi al arqam, "mengapa bersembunyi?"

keluarlah umar bin khaththab bersama mereka menuju ka'bah dalam dua barisan. satu barisan dipimpin oleh umar bin khaththab dan baris yang lain dipimpin oleh hamzah bin abdul muthalib. ketika mereka melakukan demikian, orang orang quraisy memandangnya dengan pandangan sedih. maka rasulullah menjulukinya dengan julukan "al faruq", karena perbuatannya yang telah menampakan islam dan membedakan antara hak dan yang batil.

RASULLULLAH PERCAYA APABILA ADA NABI SETELAHNYA MAKA DIA ADALAH....
sebagaimana umar bin khaththab kuat dalam masa jahiliahnya, dia juga kuat ketika masuk islam. dia adalah orang kedua setelah abu bakar shidiq.

mengenai keutamaannya diakhirat, dan bagaimana kedudukannya disurga, rasululullah bersabda, "ketika saya tidur saya melihat diri saya dalam surga, tiba tiba saya melihat seorang perempuan sedang berwhudu di sisi sebuah istana. saya bertanya, siapa pemilik istana ini? mereka berkata ini istana untuk umar bin khaththab," saya kemudian menyatakan kecemburuanku. merekapun pergi berpaling. (HR. bukhari muslim).

umar bin khaththab menangis saat itu, lalu berkata: "kepadamu saya cemburu ya rasulullah"

selengkapnya...
rasulullah juga bersabda tentang umar bin khaththab "ketika saya tidur, saya melihat orang orang dihadapkan kepadaku. mereka mengenakan pakaian, sebagian dari pakaian mereka hanya sebatas dada dan sebagian yang lain lebih rendah dari itu. lalu umar bin khaththab maju yang menggunakan pakaian menjurai." (HR.bukhari muslim)

umar bin khaththab bertanya "apa tafsirannya ya rasulullah?"

rasulullah menjawab, "agama"

ini menunjukan pemahaman agamanya yang luas, serta rasa cintanya yang besar terhadap islam. maka pakaian yg dilihat seseorang dalam mimpi menunjukan akan agama dan amal amalnya.

rasulullah bersabda tentang umar bin khaththab "wahai ibnu khaththab , demi yang jiwa saya ada padanya, jika kamu bertemu setan  disatu jalan, pasti setan akan menghindar dan mencari jalan yang lain," (HR.bukhari muslim0

rasulullah juga bersabda," jika ada nabi setelahku, maka itu adalah umar bin khaththab."

rasulullah juga bersabda pada kesempatan yang lain: "sesungguhnya allah wst meletakan kebenaran pada lidah umar bin khaththab yang mengatakan kebenaran itu".

umar memeluk agama islam pada tahun ke-6 H keislamannya bukanlah terjadi begitu saja atau karena kemuliaan dan kekayaannya, sebagaimana yang dituduhkan sebagian orang. akan tetapi terjadi karena rasa kasihan ketika dia menampar adiknya yang mengakibatkan darah yang mengucur dari dari mulutnya. karena ingin menyenangkan hati adiknya dan setelah melihat kebenaran pada tulisan yang ada di lembaran yang di baca adiknya, ia lalu masuk islam.

wa akhirulsalam

wasalamualaiqum wr wb

silahkan bercomentar yang cerdas

profile-picture
profile-picture
tenarsyndrome dan pakisal212 memberi reputasi
Diubah oleh devripku5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di