CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Protes Emir Jadi Komisaris BUMN, PSI: Apakah Tak Ada Orang Berkualitas di Negeri Ini?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610c8b45d6e8771ae67092f1/protes-emir-jadi-komisaris-bumn-psi-apakah-tak-ada-orang-berkualitas-di-negeri-ini

Protes Emir Jadi Komisaris BUMN, PSI: Apakah Tak Ada Orang Berkualitas di Negeri Ini?

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mempertanyakan pengangkatan Izedrik Emir Moeis sebagai Komisaris BUMN PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero).

Emir Moeis diketahui merupakan mantan terpidana kasus suap proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Tarahan, Lampung, tahun 2004.



Juru Bicara DPP PSI Ariyo Bimmo menilai, Emir seharusnya tidak memenuhi syarat materiil sebagai calon komisaris.

"Predikat mantan koruptor adalah bukti otentik adanya cacat integritas. Kenapa justru diangkat menjadi Komisaris BUMN?" kata Bimmo dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

"Menurut kami, melihat rekam jejaknya, Emir Moeis tidak memenuhi syarat materiil menjadi calon Komisaris yang akan menjalankan fungsi pengawasan terhadap BUMN," imbuhnya.


Dalam perkara itu, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi mengganjar politisi PDI Perjuangan itu dengan hukuman kurungan 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta subsider 3 bulan penjara.


Emir dinyatakan terbukti menerima suap senilai 357 ribu dollar AS dari konsorsium Alstom Power Inc. yang menjadi salah satu peserta lelang dalam proyek tersebut.

Baca juga: Emir Moeis Jadi Komisaris di Anak Perusahaan Pupuk Indonesia

PSI, kata Bimmo, menganggap pencalonan Emir Moeis sebagai komisaris perusahaan pelat merah itu merupakan salah satu praktek impunitas terhadap kejahatan korupsi dan pelakunya.

Ia menilai, efek jera yang selama ini didengungkan tidak akan pernah efektif selama mantan koruptor masih bisa menduduki jabatan publik.

"Apakah di negeri ini tidak ada orang baik dan berkualitas yang layak menjadi petinggi BUMN? Kenapa harus mantan koruptor? Saya kira, perlu ada klarifikasi, transparansi dan bila mungkin koreksi untuk masalah ini," tutur dia.

Lebih lanjut, Bimmo menambahkan, dari sisi manajemen berbasis resiko, terdapat kerawanan tinggi jika mantan koruptor diberi jabatan penting dalam BUMN.

Menurutnya, tidak ada jaminan seorang mantan koruptor tidak akan melakukan tindakan serupa di kemudian hari.

"Memberi posisi strategis kepada mantan koruptor di BUMN sama saja membuka peluang terjadinya korupsi yang lebih besar lagi. Ini sangat merugikan reputasi BUMN kita," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Emir Moeis diangkat menjadi salah satu komisaris di PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).


Profil mantan anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P itu sendiri telah dimuat di laman resmi PT PIM.

Mengutip laman resmi perusahaan, Emir Moeis diangkat menjadi komisaris sejak 18 Februari 2021 lalu. Dia ditunjuk sebagai komisaris oleh para pemegang saham PT PIM.

kompas

Enak ya, korupsi banyak cuma dihukum 3 tahun, dapat remisi separuhnya. Dan setelah itu diangkat jadi komisaris badan usaha milik negara.

Pantas banyak yang ngiler jadi koruptor.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Yang penting saudara separtai emoticon-Big Grin
Dosanya kan sudah ditebus
profile-picture
profile-picture
mblong88 dan ARShecca memberi reputasi
Apa sih yang konsisten di rezim ini ???

Ehh PSI mengkritik, BuzerRp seranggg......emoticon-army


Ngimpiemoticon-Wkwkwk
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
Ketebak siapa2 bajer disini emoticon-Wkwkwk jancok
Orang berkualitas?
Ada juga mungkin cuma segelintir.
Lha, PSI di Jakarta, di sana saja ada jajaran pimpinan DPRD yang mantan koruptor.
Malah sempat mau diajukan jadi calon wakil gubernur.

Gak perlu sebut nama, gak perlu sebut nama...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ksatriabajaputi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mungkin sudah bertaubat gan. sudah berjanji gak akan mengulangi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Calon trit sepi. Tp ya sudahlah.

#harunmasikudanjulianbatubaraok
profile-picture
profile-picture
binokulars dan ARShecca memberi reputasi
Contohnya dari PSI gitu biar bagi bagi jabatan komisaris?
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
Kapan beredar nih biografinya?

Bukan from zero to hero....

Tp from villain to hero....

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
wa2n43 dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Partai korup sudah jadi nama lain PDIP
Bagi2 kekuasaan saat menjabat

Mentang2 udah mau lengser, cari ceperan jelas2 diperlihatkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
binokulars dan 2 lainnya memberi reputasi
Dari partai kitak-kitak
Udqh auto debus itu dosa korupsinya
profile-picture
profile-picture
binokulars dan ARShecca memberi reputasi
Hmm gudkuescion
Protes Emir Jadi Komisaris BUMN, PSI: Apakah Tak Ada Orang Berkualitas di Negeri Ini?
profile-picture
wa2n43 memberi reputasi
banyak, tp emang +62 dongok, tukang kibul aja bisa 2 periode, mulut jamban aja jadi nabi, orang cabul jadi imam, apalagi coba?
profile-picture
profile-picture
binokulars dan wa2n43 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ajjjuuuuuurrrrr

Rusak rusak
penguasa skrg merusak negeri ini

parasit duit negara dan pelihara buzzerp taik dah
profile-picture
ARShecca memberi reputasi
selama partokai isinya lu lagi lu lagi, mimpi mau jadi negara gede
Itu mantan napi kok bisa ngurus SKCK di kepolisian???
profile-picture
profile-picture
judogal dan binokulars memberi reputasi
Rusak emang rejim plongo
pake bule aja jadi komisaris
? ada tapi mereka jelas ga mau......karena orang berkualitas biasanya udah punya kerjaan dan mereka seneng sama posisinya, ngapain ganti ke posisi yang lebih jelek atau ga sesuai minat mereka gara2 disuruh pemerintah? :mikir! emoticon-Thinking
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di