KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Manfaat Menulis untuk Kehidupan Manusia Setiap Harinya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610c69b0d88dbd72e340212a/manfaat-menulis-untuk-kehidupan-manusia-setiap-harinya

Manfaat Menulis untuk Kehidupan Manusia Setiap Harinya

Manfaat Menulis untuk Kehidupan Manusia Setiap Harinya
Tampilan Tangan Sedang Menulis/Pixabay.com


Menulisbisa juga dimasukkan ke dalam alat untuk terapi hati. Alat yang seperti apa? Alat yang mampu untuk dijadikan tempat penyalurnya masalah hati. Banyak orang yang bisa menciptakan sebuah karangan itu dimulai dari rasa patah hati ataupun galau lainnya. Oleh karena itu, manfaat menulis itu banyak selagi bisa atau mau melakukannya.

Hal yang terdapat di dalam efek menulis itu bisa berupa positif dan negatif. Maka dari itu, langkah yang tepat dalam menulis itu harus menciptakan karya yang bisa membawa pembacanya ke arah yang lebih baik. Memang, hal semacam itu pun tak bisa dibilang mudah. Akan tetapi, dimulai dengan si penulisnya yang peduli terhadap pembaca maka alangkah indahnya harus membuat karya yang baik.

Banyak hal yang tak terduga pun bisa diciptakan dari menulis ini. Sampai-sampai, bisa menjadi viral maupun sebaliknya. Namun, harus diingat! Menulis itu harus diterapkan karena keinginan jiwa, bukan karena teror orang lain. Maka, jikalau penulis menerapkan bahwa menulis itu keinginan jiwa, mungkin akan bermanfaat bagi orang banyak.

Menulis bisa mengobati rasa patah hati. Dalam hal ini, sudah disinggung di bagian atas bahwa patah hati bisa menciptakan karya yang bagus. Oleh karena itu, setiap momen pun harus bisa dimanfaatkan agar bisa menciptakan karya. Menulis bukan tentang patah hati saja, tetapi bisa dengan yang lainnya. Namun, momen yang sedang patah hati pun bisa dijadikan kesempatan untuk mendukung sebuah karya.

Tak bisa dielakkan lagi bahwa menulis bisa mendapatkan uang, misalnya dari menjual salah satu karya. Ingat! Salah satu karya itu bisa dari menggambar, mengarang, dan membatik. Semua itu pun bisa dikomersilkan dan bisa mendapatkan uang dengan modal menulis itu. Harus diketahui! Alangkah indahnya, mendapatkan uang dari hasil menulis. Walaupun, pendapatan dari menulisnya kecil, tetapi itu pun bisa membahagiakan hati.

Manfaat Menulis untuk Kehidupan Manusia Setiap Harinya
Tampilan Tangan Sedang Menulis/Pixabay.com


Menulis bukan hanya sekadar menuangkan huruf-huruf menjadi sebuah kata lalu menjadi sebuah kalimat. Namun, harus dipahami juga bahwa di dalam proses menulis itu pasti ada rasa hati yang dirasakan. Nah, dalam proses itu bisa dijadikan langkah untuk bisa membuat tulisan menjadi indah, misalnya ketika menulis karangan dengan tokoh marah, ya, alangkah lebih baiknya penulis pun sedang merasakan marah. Dalam hal ini, bisa dinamakan harus mempunyai kesinambungan antara hati dan tangan supaya menggerakkan tanganya bisa sejalan sehingga tulisannya pun bisa indah.

Tidak hanya itu saja di dalam proses menulis yang bisa dimanfaatkan. Namun, sangat banyak yang bisa dirasakan langsung sewaktu menulis itu. Hal ini juga bisa menjadi tolok ukur bagi setiap penulis ketika menuliskan ceritanya yang bisa seperti nyata. Harus diingat! Penulis pun harus bisa memanfaatkan bahwa setiap momen menulis itu terapi hati agar bisa mengalir pada saat menulisnya.

Banyak yang bisa diambil dari menulis itu, baik untuk kepentingan dunia maupun akhirat. Kenapa bisa seperti itu? Sudah sangat jelas bahwa menulis itu bisa menghasilkan uang dan ajang untuk menyampaikan sesuatu di depan umum, itu baru yang bersifat duniawi. Namun, bagian ini pun harus diketahui! Menulis yang baik sehingga orang lain bisa merubah keadaanya. Oleh karena itu, tulisan yang baik itu pun bisa menjadi pahala bagi si penulisnya, itu untuk urusan akhirat. Jadi, kedua waktu itu harus bisa dipikirkan selagi sedang menulis agar bisa mendapatkan manfaat yang banyak.

Memang, tak banyak orang yang mampu menulis dengan baik. Namun, dari ketidakmampuan orang itu bisa dijadikan kesempatan bagi si penulis untuk menelurkan karyanya. Oleh karena itu, manfaat menulis bisa tergolong banyak kalau bisa memanfaatkan kesempatan sekecil pun yang ada.

Banyak orang sering lupa bahwa sewaktu masuk sekolah pun yang pertama diajarkan itu menulis. Jadi, dari situ juga sudah ketahuan bahwa menulis itu sangat penting dalam berkehidupan. Sebab, menulis itu bisa dinamakan jantung kehidupan karena semua kebutuhan pun ada yang bersifat tulisannya. Bersifat tulisannya bagaimana? Coba lihat dari jajanan anak, barang, dan lain-lainnya pun ada yang bersifat tulisan. Bahkan, semua urusan yang menyangkut kependudukan pun ada yang bersifat tulisannya atau semuanya sudah memakai tulisan. Jadi, hal semacam ini adalah hal yang penting bagi kehidupan.

Banyak orang yang tak tahu bahwa dengan menulis itu bisa membahagiakan orang lain atau menyemangati orang lain. Manfaat menulis pun bisa menghasilkan sebuah pasangan yang indah. Bagaimana, kok, bisa? Ya, bisa. Harus diketahui! Dimulai dengan tulisan, seseorang bisa jatuh cinta dan sebaliknya. Maka, sudah diketahui bahwa manfaat menulis itu sangat besar untuk mendukung kehidupan manusia setiap harinya.[]


Cangkir Kopi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
Rohmatullah212 dan rtrn memberi reputasi
Mwnulis menambah kosikiti, wiwisin dan pengitihian.. emoticon-Leh Uga
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tulisan,
Adalah kumpulan huruf demi huruf, kata demi kata dan kalimat demi kalimat yang akan dapat menjadi suatu harapan

Dan apa bila harapan itu dikabulkan (disempurnakan), maka jadilah suatu yang nyata yang akan dapat dikisahkan

Dimana,
Huruf (ide) demi huruf
Akan menjadi kata (tindakan)

Kata demi kata
Akan menjadi kalimat (kebiasaan)

Kalimat demi kalimat
Akan menjadi kisah (karakter)

Dan kisah demi kisah
Akan menjadi sempurna dan akan menjadi nyata kisahnya (menjadi takdir/destiny).

Dimana semua itu (takdir itu) akan kembali pada masing masing diri, kembali pada dimana masing masing diri itu dapat menulis ataupun dapat membaca tulisan itu.

Pada sebuah media tuliskah atau
Pada sebuah hati manusia.

Ah entahlah.


profile-picture
nyimak92 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
menulis tu bsa untuk meredakan emosi loh gan, aku dah ngelakuik ini dari semenjak awal masuk kuliah
profile-picture
nyimak92 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah coba menulis ternyata talenta ane tidak disitu. Tapi menulis emang banyak manfaatnya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menulis adalah salah satu metode yang aku terapkan kepada pasien ku dalam pengobatan kejiwaan. sangat membantu untuk mengurai kusutnya masalah yang sedang menimpa pasien.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di