CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610bd502c167fa266b1c27b8/bagaimana-cara-produsen-membuat-konsumen-ketagihan

Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?

Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?


Pernah sih Kamu kepikiran, kenapa sebuah barang bisa laku banget padahal kalau secara ekonomis fungsinya sebenarnya nggak penting-penting banget. Contohnya tas bermerek, ponsel keluaran terbaru atau mobile game. Tentunya kesuksesan sebuah produk bukanlah sekedar kebetulan atau kualitas semata, tak peduli kualitas suatu produk itu tak menjamin sebuah barang bisa laku di pasaran.

Ada sebuah buku berjudul 'Hooked' karya Nir Eyal yang menuliskan tentang cara seorang produsen membuat konsumennya menjadi ketagihan. Konsep ini disebut dengan Hook model atau 'memancing.'

Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?

Dalam Hook model terdapat 4 tahapan yang diperlukan dalam membentuk ketagihan konsumen dan hal paling pertama yang diperlukan adalah Trigger atau pemicu. Trigger adalah umpan yang dilemparkan oleh produsen agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ada. Contoh dari Trigger adalah promo free ongkir atau beli dua gratis satu.

Tentunya kita memang punya kecenderungan untuk membeli sesuatu yang ada diskonnya. Contohnya adalah sebuah tas seharga 500 ribu yang harganya dinaikkan menjadi satu juta lalu diberi diskon 50 persen. Meski harganya sama namun orang punya kecenderungan untuk membeli hanya karna embel-embel diskon. Kamu pasti pernah ngerasain ini kan?

Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?

Nah, setelah konsumen menggigit umpan maka tahap selanjutnya adalah Action. Konsumen cenderung melakukan Action bila ada suatu hal yang didapatkan dari pembelian itu. Contoh sederhananya adalah pemberian cashback atau konsumen yang mendapatkan poin setiap kali melakukan pembelian. Jika ada Action seperti ini maka pembeli tidak akan merasa terlalu rugi jika melakukan pembelian dan daya beli pun meningkat.

Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?

Tahapan ketiga setelah Action adalah Variable Reward alias pemberian hadiah. Kalau di game-game online kita mungkin sering lihat sistem daily login yang mana kita mendapatkan sesuatu jika terus login sampai waktu yang ditentukan. Atau ada juga sistem undian yang mana kita mendapat karcis-karcis diskon sebagai hadiahnya. Tanpa sadar konsep seperti ini membuat kita lebih sering melihat laman belanja dan hadiah-hadiah yang kita dapat akan kita gunakan untuk membeli barang-barang yang (mungkin) sebenarnya tidak kita butuhkan.

Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?

Dan tahap keempat yang terakhir adalah investment alias investasi. Sebanyak apa waktu dan usaha yang diberikan oleh produsen pada produknya akan membuat konsumen semakin setia menggunakan produk tersebut. Meluncurkan fitur-fitur baru, mengadakan event, semua itu adalah usaha yang diperlukan untuk membuat konsumen tetap setia.

Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?

Dan itulah keempat tahap yang diperlukan oleh produsen untuk menggaet konsumen. Kalau Kamu bertanya-tanya kenapa begitu banyak bocah yang ketagihan bermain eFeF maka inilah jawabannya, secara psikologis anak-anak memang lebih mudah dipengaruhi namun bukan berarti orang dewasa tidak bisa kena.

Lalu apakah metode memancing ini bisa dilawan? Sebenarnya gampang-gampang saja sih melawannya, cukup berhenti sebelum merasakan ketergantungan. Lalu kalau sudah ketergantungan? Ya wassalam. Jika yang namanya ketagihan itu sudah tertanam di dalam tubuh maka akan sangat sulit melepasnya, persis seperti kecanduan narkoba.

Bagaimana Cara Produsen Membuat Konsumen Ketagihan?

So, adakah diantara Kamu yang berniat memasarkan produk dengan cara-cara diatas? Memang, penggunaannya tidaklah dilarang namun ingat, setiap tindakan pasti perlu dipertanggungjawabkan. Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 2
Kecanduan itu boleh aja sih asal kecanduan pada hal yang baik. Jangan malah kecanduan jadi member premium pornhub.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Teori lama ini, masih nunggu yg fresh... emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kirain pake penglaris
profile-picture
profile-picture
iskrim dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
psk kali ah dipuasin om wkwk
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bikin kecanduan kalangan atas bikin harganya yang mahal sekalian dengan bumbu gengsi.

Bikin kalangan menengah ketagihan adalah dengan diskon besar-besaran

Bikin kalangan bawah ketagihan bikin harga yang merakyat serta sedikit sentuhan iklan yang bagus + bonus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau saya nunggu promo cashback 50% dari toko + cashback 50% dari marketplace online, dan gratis ongkir.

Jadi dapat barang gratis.

Apalagi kalau cashback 120% + gratis ongkir + dapat koin 100 setelah memberi ulasan per produk.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
very good marketing strategy emoticon-Recommended Seller
cuma 2 sih biasanya, yaitu :
1. kualitas produk memuaskan dan sesuai keinginan konsumen
2. harga yang sangat bersahabat.

emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
klo model2 cashback + fre ongkir gitu secara itungan nguntungin konsumen g sih gan?
ato jebakan betmen biar konsumen ketagihan belanja di situ trs?

soalnya saya lg ada di fase ini.
belanja kebutuhan (sabun, minyak, perawatan, pulsa, tagihan).
dapetnya cesbek+freongkir, kan lumayan menghemat gitu

dopost
emoticon-Hammer (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kecanduan open BO
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
gampang diakses, ga bikin repot pelanggan, ga ribet, ga bikin pusing, serba gampang

intinya sederhana dan gampang dipakai, itu kalau nyasar pengguna umum


kalau pelanggannya butuh dari sektor tertentu atau niche istilahnya ya produknya mesti unik sendiri, yang laen mau saingin juga sulit karena keunikannya itu dan jadi yang pertama/leader emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ditambah bumbu" emosi dan experience yg berbeda bsa gan...

klo cmn andelin bait, bonus, hadiah doang gbakal bertahan lama...
kaya D*na toh berdarah" di awal, skrang udh ga kedengeran lagi... akhirnya gabung sma OVO dah biar ga koid...

tokp*d dsb bisa bertahan krna experience belanjanya beda (dlu pas awal launching)...
org kaget bsa belanja online risiko ketipunya lebih rendah...
skrang udh jadi kebiasaan dan bkin orang" ketagihan...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Moaningnya kudu mantap
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sistem timbal balik
Menarik perhatian
Ya asal para cukong berani bakar duit buat ksh diskon dan cashback pasti banyak yg tertarik krn org Indo itu demen diskonan. Klo dihitung2 lbh murah dr toko offline pasti langsung disikat. emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Yayayaaa.. ane paham sekarang, sebagai penggiat es kopi depan alpamart, ane merasa penjualan agak menurun, setelah ada rival baru di sekitar tempat ane, dua malah.. dan sepertinya menerapkan konsep yg sama, yg ane liat konsep yg pertama, yaitu pasang umpan, pake banner besar tulisan "harga mulai 5rb" yaaa emang bener ada yg 5rb tp pake cup kecil dan cuma itu doang tanpa variasi apapun, sementara harga yg lainnya kisaran 12rb keatas dgn berbagai varian dan topping, yg penting dateng ulu konsumennya.. kalo konsep yg berikutnya ane kurang tau, kalo diterapkan semua masa depan bisnis ane hisa bahaya.. thanks TS ane jg mau menerapkan konsep ini, mudah2an bisa bersaing dgn sehat, dan bisnis ane bisa berkembang.. emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Cash back gan..
Kalo di tokped lumayan , tp kadang jadi tergiur ane
gimana cara bikin kecanduan klo profesi nya berupa jasa? #seriusNanya
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di