CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Programmer Forum /
Pernah Ada Project yang Gagal Gak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610bc810151b47624d144931/pernah-ada-project-yang-gagal-gak

Pernah Ada Project yang Gagal Gak?

Buat teman - teman yang berprofesi sebagai programmer, saya mau nanya nih. Kira - kira pernah ada gak project gagal? Atau project yang awalnya bisa dikerjakan dengan baik, lalu kemudian di tengah jalan gagal? Sehingga harus di-takedown atau gak dilanjutin lagi. Kalau misalnya ada dan mau dibagikan, coba share disini, barangkali bisa jadi manfaat untuk teman - teman yang lainnya dan bisa jadi pelajaran.

Kalau saya sendiri puji Tuhan belum pernah dan semoga aja gak akan pernah ada project yang gagal pas dikerjain. Misalnya jika project-nya terlalu sulit atau ada masalah tak terduga yang terjadi pada pertengahan proses development, sejauh ini gak pernah ada.

Pernah Ada Project yang Gagal Gak?



Project yang dirasa kurang memuaskan

Cuma kalau project yang mungkin dirasa kurang puas atau kurang bagus itu jujur saja saya pernah mengalaminya, bukan client yang merasa tidak puas, tapi saya sendiri yang merasa begitu. Jadi waktu itu disuruh bikin aplikasi meeting online berbasis web gitu pakai React JS. Karena bentuknya aplikasi dan tidak terlalu mementingkan SEO, maka saya memilih untuk membuatnya menggunakan pure React JS saja, tanpa bantuan Next JS sebagai framework React JS yang memudahkan banyak hal, salah satunya adalah masalah routing / perpindahan antar halaman.

Kalau menurut saya, dan dikasih tahu sama teman yang merupakan React JS Developer juga, harusnya sih dari awal pakai Next JS aja entah itu mau ada SEO ataupun enggak, karena Next JS ini sebenarnya sangat memudahkan perpindahan halaman. Jadi saya merasa kalau pakai Next JS sudah pasti akan jadi jauh lebih bagus dan proses development jadi lebih simple.

Aplikasi meeting online ini jujur saja cukup rumit ya teman - teman, terlebih di bagian saat user mau masuk ke meeting itu sendiri, karena disitu ada banyak pengkondisian. Ada kondisi dimana user harus jadi peserta dulu, ada meeting private, ada juga bagian untuk chat panel yang menggunakan cron jobs. Mungkin karena ini merupakan project pertama ketika saya kerja sebagai programmer, makanya belum terbiasa sama yang namanya cron jobs yang dipasang ke React JS. Cron jobs ini saya nilai adalah service yang berjalan di belakang layar yang kalau putus nyambung saya masih belum paham betul cara menanganinya yang benar di React JS.

Selain itu juga masih ada banyak code yang menurut saya masih kurang rapi dan bisa di refactor lagi ke beberapa component kecil supaya lebih ringkas.



Kalau ada fitur yang terlalu sulit

Kalau project tiba - tiba berhenti gara - gara ada fitur permintaan client yang terlalu sulit untuk dikerjakan juga belum pernah saya alami. Biasanya kalau memang ada fitur yang aneh - aneh request-an dari client, itu akan dibicarakan baik - baik dan dicari solusinya. Biasanya atasan ngobrol dengan para developer untuk bahas cara yang terbaik untuk menyelesaikannya. Sampai sekarang sih belum ketemu kasus dimana sebuah fitur gak bisa dibuat atau si client maksa untuk buatin fitur yang terlalu sulit tersebut. Kalau memang gak bisa dibuat karena alasan keamanan dan lain - lain, semuanya bisa dibicarakan.



Pernah frustasi dan pengen berhenti jadi programmer

Kalau yang satu ini dengan ketawa - tawa akan saya jawab, sudah pasti pernah ya teman - teman, haha. Frustasi ini terjadi biasanya kalau mood lagi kacau aja, kalau mood udah baik pasti juga balik normal lagi kok. Programmer hampir setiap hari pasti akan menghadapi bugs, error, masalah, fitur yang gak ngerti cara bikinnya gimana, rekan kerja yang lagi sensian, dan masih banyak lagi. Kalau sebagai Front-end Web Developer saya kadang pusing ngurusin UI dan UX rumit, pengen dibikin simple tapi designer dan client gak pengen itu.

Pada kenyataannya saya merasa bahwa inilah passion saya satu - satunya dan saya sebenarnya tidak ingin meninggalkannya. Cuma mungkin saya harus punya sumber penghasilan lain selain jadi programmer soalnya kadang kalau rasa frustasi dan bosan mulai datang, kadang pengen berhenti ngoding dulu selama beberapa saat, baru setelah semangat lagi baru lanjut lagi. Istilahnya kaya pekerja freelance gitu lah ya, cuma karena masih ada beberapa tanggungan yang harus dipenuhi tiap bulan, sepertinya nanti dulu deh. Toh, saya juga masih pemula jadi untuk saat ini pekerjaan yang sekarang saya ambil disyukuri dulu.



Sumber gambar :
unsplash.com

Follow juga Instagram saya :
https://www.instagram.com/anggakswr

Baca juga :
Enaknya Jadi Programmer
Cara Jadi Web Developer Otodidak HT
Seberapa Penting Ngetik Cepat untuk Programmer? HT
Mengenal title Attribute di HTML HT
Cara Konek ke Server Menggunakan SSH di Ubuntu
Tadi ngetik apa ya di terminal?
Perbedaan Install Aplikasi di Linux Ubuntu dan Windows
Memahami Kumpulan Angka di Versi Aplikasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfatesting260 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mx667
Halaman 1 dari 2
reserved
nyimak
Gagal Jadi programer..
assss
Nitip sendal, mash blom ngerti ginian.
Paling nyebelin klo ngurusin bug, udh cari2 info manapun, ternyata salah karna typo / kurang teliti emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
oh tentu saja, banyak gagalnya malah wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
project yg gagal biasanya kalah di uang pelicin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nubi pernah tuh gagal nyelesein bikin program, cuman satu sih
tapi sayangnya ya satu itu pengalaman nubi bikin program emoticon-Malu
udah pernah gan, bikin proyek proposal utk pemasaran bidang jasa konstruksi sih , udah banting pikiran dan kerja keras buatnya dgn berbagai ide yg udah mengarah ke blue ocen stragegic (menciptakan tanpa pesaing), eeeh dikhianatin gitu aja, skrg kantornya kena kualat, bangkrut, mampus kau maen2 sama ane emoticon-Betty (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pernah sebelum ppkm kemaren. Udah 90% buat taken kontrak sama salah satu hotel kenamaan buat nyari vendor.. eh malah gak jadi jalan gegara ppkm. Hotel langsung sepi dan efek dominonya kemana mana termasuk ane yang sekarang jadi pengangguranemoticon-Mewek
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sudah pernah gan, projectnya seharga $800 cuma dibayar $50 gara2 dikomplein sama orang yang ngehire katanya lama, padahal Dari sisi front end udah selesai tapi backend endpointnya belum jadi Dan dikerjakan oleh orang yang beda.

Endingnya project selesai secara sepihak ane dapet gaji review bintang 5 doang Dan karena saya juga ga mau rugi saya buat commitan baru file2 kosongan Dan environment file di cloud saya hapus.saya anggap biaya proses belajar , nb:ane ngerjain pake gatsbyjs dapet project di platform upw#rk
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bukan progammer, tapi project gagal? Buanyaaaakk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pernah waktu awal2 jadi freelance. Nyaranin beli pc ini itu. Aplikasi sudah buat. Ternyata karyawannya ga mau berubah. Dan owner dari toko baru saja anaknya meninggal. Alhasil berantakan progress nya. Wis daripada rame unit pc saya gantiin duitnya dan project batal
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kebetulan sekarang lagi ngerjain proyek dari tim sebelumnya yg bubar karena pengerjaannya nggak selesai-selesai.
bersama tim baru termasuk saya, kesusahan untuk melanjutkannya. Tidak ada dokumentasi dan kejelasan flow kodingannya. Apalagi pakai package/library custom buatan sendiri tanpa ada dokumentasinya di npm maupun github. entah gimana kedepannya, batal/gagal atau buat ulang.
itu frontendnya sih. saya sebagai backend aman2 aja. kadang-kadang bantu FE juga kalau mereka stuck.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane gak maen proyek
Prnah tp bkn urusn programmer
10jt gagal masuk kntong
5jt gagal masuk kntong
2jt gagal

Smua gk ada yg done
Pdhal jarakny msh d bln yg sma itu projek
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ane belum ngerti dunia programmeremoticon-Leh Uga
Pernah banget...

Tapi akhirnya menemukan yang terbaik bagi pria dewasa www.thrudr.co.id
project punya bibi keduaks
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kayaknya pernah deh. :
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di