CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Rokok Filter vs Kretek: Mana yang Lebih Berbahaya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610b6c9859000352e8381f7d/rokok-filter-vs-kretek-mana-yang-lebih-berbahaya

Rokok Filter vs Kretek: Mana yang Lebih Berbahaya?

Rokok Filter vs Kretek: Mana yang Lebih Berbahaya?

Rokok Filter vs Kretek: Mana yang Lebih Berbahaya?

Jika Anda dihadapkan antara dua pilihan yakni rokok kretek vs rokok filter, tahukah mana lebih aman? Filter dalam rokok memang diciptakan untuk menyaring zat berbahaya. Namun, apakah benar ada jenis produk tembakau yang lebih aman daripada jenis lainnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa bedanya rokok kretek vs rokok filter?

Rokok kretek biasanya mengandung 40% cengkeh dan 60% tembakau asli yang dikeringkan. Kretek berasal dari Indonesia dan diekspor ke berbagai belahan dunia.

Selain cengkeh dan tembakau, rokok kretek mengandung minyak cengkeh dan berbagai bahan tambahan lainnya.

Rokok kretek sering kali dianggap lebih aman daripada rokok jenis lainnya karena mengandung bahan-bahan alami.

Sementara itu, rokok filter atau rokok yang umum ditemukan di seluruh belahan dunia terdiri dari tembakau, bahan kimia tambahan, filter, dan penutup kertas.

Filter pada umumnya terbuat dari selulosa asetat yang biasa didapat dari olahan kayu. Materi ini digunakan dengan tujuan untuk menyaring tar dan nikotin dari rokok. Hal ini dipercaya dapat menurunkan efek negatif dari rokok terhadap tubuh.

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, kandungan tar yang tinggi pada rokok dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker paru pada perokok.

Satu filter rokok dapat memiliki 12.000 serabut yang terbuat dari selulosa asetat dan serabut ini dapat ikut terhisap ke dalam paru-paru bersamaan dengan asap rokok.

Rokok kretek vs rokok filter, mana yang lebih aman?

Walaupun filter selama ini dipercaya dapat menyaring jumlah nikotin dan tar, kenyataannya rokok jenis ini juga berdampak negatif untuk tubuh kita.

Adanya filter tidak serta merta menyingkirkan bahaya rokok bagi kesehatan. Filter juga tidak mampu menyaring seluruh zat beracun dalam rokok.

Faktanya, filter hanya membantu memblokir partikel tar yang terbesar. Artinya, partikel tar yang berukuran lebih kecil tetap masuk ke dalam paru-paru Anda.

Tak hanya itu, serabut-serabut pada filter dapat terhirup bersamaan dengan asapnya. Serabut tersebut juga mengandung tar dari asap rokok.

Anggapan yang menyebutkan bahwa rokok dengan filter jauh lebih aman dibandingkan rokok tanpa filter membuat perokok cenderung meningkatkan jumlah rokok yang dikonsumsi per hari.

Perokok filter juga cenderung menghirup asap rokok lebih dalam dibanding perokok non-filter. Jadi, sebetulnya akan semakin banyak kandungan berbahaya rokok yang terhisap masuk ke dalam paru-paru.

Kesimpulannya, rokok kretek vs rokok filter tidak ada yang lebih baik atau lebih aman untuk Anda.

Apa saja bahaya rokok kretek vs rokok filter?

American Cancer Society menyebutkan bahwa produk tembakau, baik itu rokok kretek, filter, ataupun vape, shisha, semuanya berefek buruk bagi tubuh Anda.

Anggapan bahwa produk tembakau tertentu lebih aman daripada produk yang lain adalah tidak benar.

Rokok kretek vs rokok filter sama-sama berbahaya. Berikut ini beberapa bahaya rokok yang perlu Anda waspadai.

1. Kanker
Merokok dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker paru-paru. Selain itu, hampir seluruh organ tubuh Anda yang lain juga terancam terkena kanker akibat kebiasaan buruk ini.

Organ tubuh yang berisiko terkena kanker akibat merokok di antaranya adalah: mulut dan tenggorokan, pita suara, esofagus, hati, lambung, pankreas, ginjal, hingga
kandung kemih.

2. Penyakit jantung
Terlepas dari perbandingan rokok kretek vs rokok filter, merokok jelas merupakan faktor risiko utama dalam penyakit jantung dan pembuluh darah.

Pasalnya, pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, CDC, menyebutkan bahwa merokok dapat menyebabkan hal berikut.

Peningkatan trigliserida (sejenis lemak dalam darah).
Penurunan kolesterol baik (HDL).
Penggumpalan darah, sehingga menghalangi aliran darah ke jantung dan otak.
Kerusakan sel yang melapisi pembuluh darah.
Peningkatan penumpukan plak (lemak, kolesterol, kalsium, dan zat lain) di pembuluh darah.
Penebalan serta penyempitan pembuluh darah.

3. Penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK)
Merokok merupakan penyebab umum dari PPOK, yakni sekelompok penyakit yang menyebabkan penyumbatan aliran udara dan masalah yang berhubungan dengan pernapasan.

Anak-anak dan remaja yang mencicipi rokok di usia masih terlalu kecil berisiko mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan paru-paru.

Hal tersebut dapat meningkatkan risiko PPOK saat usia mereka menginjak dewasa.

4. Masalah kehamilan
Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kehamilan pada wanita hamil dan janinnya.

Wanita hamil yang merokok dapat menciptakan kerusakan jaringan pada janin, khususnya pada bagian paru-paru dan otaknya.

Tak hanya itu, wanita yang merokok juga memiliki risiko tinggi sulit hamil atau tidak bisa hamil sama sekali.

Penjelasan di atas cukup gamblang menyebutkan bahwa rokok kretek vs rokok filter bukanlah pilihan. Tidak ada rokok yang paling berbahaya atau justru paling sehat.

Oleh karena itu, segera berhenti merokok untuk kesehatan dan kehidupan Anda yang lebih baik.


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irhamna.ihsa391 dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Nae lebih nyaman kretek sih sebenrnya... apalagi yg linting sendiri sebat 2 sebat.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
black.robo memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
mantan 234 hadir...
ane suka filter , kalo kretek musti pake pipa, krn lagi kurang enak rokok ane berhenti sejenak dulu
Sama aja sih kalo menurut ane, sama2 berbahaya bagi kesehatan tubuh.. Tapi ada yang lebih berbahaya, ya itu mencuri Rokok Teman.. itu bisa2 benjol seketika tak ubahnya lah kek curanrek tp ketangkep basahemoticon-Hammer2 emoticon-Ngakak

Untungnya ane dah berenti ngerokok semenjak 2017 dan beralih ke vape.. dan 1 tahun ini sudah berhenti total menjadi ahli hisap..
profile-picture
profile-picture
black.robo dan foxter memberi reputasi
Diubah oleh orca82
Kalo suhu sepuh tembakau jawabannya pasti gini
" Gak ngerokok mati, merokok jg mati. Mending merokok sampe mati" emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
arishpeot dan black.robo memberi reputasi
sama aja kretek nonfilter/filter pabrikan ataupun roko putih, pasti bersaus semua tembakonya. disitu bahan kimianya.
kecuali lu beli bako yg linting sendiri kebanyakan ga bersaus.
Gaaa ngerokok guee jadi kayanya gaa bahaya. Tapi bahaya juga
Kan gue perokok pasif.
Wkwkkw.
.





Diubah oleh ApeloApelo
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Rokok kretek sih. Selain harganya murah juga lebih lama ngisepnya
lebih bahaya kretek gan..


klo kedua ujungnya dibakar
2-2nya sama-sama berbahaya.
2-2nya sama-sama nikmat.

profile-picture
black.robo memberi reputasi
sama2 bahaya emoticon-Hansip
Post ini telah dihapus
Sudah banyak ane membaca tentang bahaya merokok bagi kesehatan

Setelah tau itu, akhirnya ane putuskan untuk berhenti.

Jadi ane berhenti membaca tentang bahaya merokok & sampe saat ini kebiasaan merokok tetap lanjut.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
sekeleke dan piaupiaupiau memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
234 , ngopi plus ghibah janda sebelah komplek
Perokok ini kalo baca thread beginian..kdg ada keinginan sejenak u berhenti...cm terkdang lingkungan perokok yg buat kita sulit u berhenti..
Rokok ST ketek ya gan?


Enak tuh wkwkw
Sama bahayanya baik itu yang kretek maupun yang filter, paling aman ya permen rokok 😁 Sebisa mungkin hindari rokok lah gan, mendingan uangnya dipakai buat yang lainnya, karena banyak teman yang udah berhenti merokok, tapi kenapa dia nggak bisa nabung dari uang rokonya itu 😁
Yg lbh bahaya tuh gk pny duit emoticon-Ngakak

Slain itu bahaya yg rokokny minta mulu emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh redemption878
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mau kretek, filter, vape, ngga ada yang lebih baik dari ketiga benda itu. lebih baik hindari ketiga benda itu karena bisa menjadi lebih sehat dan selain itu membuat dompet lebih hemat.
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di