CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610b62790760ad0daa3bbfd4/intip-spesifikasi-bus-listrik-transjakarta-bisa-melaju-seberapa-jauh

Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?

Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?

Jakarta - Cita-cita menggunakan bus listrik sebagai armada angkutan umum oleh PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) semakin dekat. Salah satu mitra swasta mereka, PO Mayasari Bakti, siap menyuplai 30 unit bus listrik merek BYD yang bisa dioperasikan dalam satu hingga dua bulan ke depan.

Pihak Mayasari Bakti sendiri belum bisa menjelaskan spesifikasi resmi bus listrik dengan konsep low floor atau lantai rendah tersebut, sebab bus listrik tersebut belum resmi diluncurkan. Namun pihak PT Bakrie Autoparts, selaku distributor BYD di Indonesia memberikan sedikit penjelasan.

Seperti diungkapkan CEO Bakrie Autoparts, Dino Ahmad Ryandi, bus listrik tersebut akan menggunakan tipe sasis dan bodi BYD K9. Mengacu kepada spesifikasi BYD K9 di China, bus listrik tersebut memiliki jangkauan 250 km, dengan pengisian baterai normal 6 jam dan pengisian baterai cepat (quick charge) 1 jam.

Jika mengacu pada penjelasan Mayasari Bakti di laman e-Katalog LKPP, bus listrik BYD K9 yang digunakan TransJakarta akan dibekali baterai kapasitas minimal 320 Kwh atau kapasitas yang direkomendasikan oleh APM untuk dapat beroperasi minimal 200 km/hari selama masa garansi minimal 8 (delapan) tahun.

Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?

Lanjut Dino menjelaskan, BYD K9 di Indonesia sedikit berbeda dengan yang beredar di China. "Salah satunya adalah, di China menggunakan setir di kiri (LHD) sedangkan di Indonesia setir kanan (RHD)," kata Dino, melalui keterangan tertulis kepada detikOto, Rabu (4/8/2021).

Dino juga mengatakan BYD K9 yang akan mengaspal di Jakarta telah menyesuaikan standar bus single lantai rendah untuk pasar Indonesia. "Kapasitas penumpang bus single BYD K9 mengikuti regulasi di Indonesia, sesuai dengan SUT yang diterbitkan Kementerian perhubungan untuk kapasitas bus maksimum GVW 16 ton," sambungnya.

Penjelasan tersebut sedikit berbeda dengan keterangan di laman e-Katalog LKPP, di mana BYD K9 versi Indonesia adalah model bus listrik lantai rendah berbasis baterai, dengan panjang maksimal 13.500 mm dengan jumlah berat yang diperbolehkan (GVW) maksimal 18.000 kg (18 ton).

Mengacu pada syarat Spesifikasi Teknis Bus Listrik Lantai Rendah Berbasis Baterai-Non BRT dalam Sistem Layanan TransJakarta Tahun 2021, bus listrik TransJakarta memiliki kapasitas angkut minimal 50 orang, dengan asumsi berat standar setiap orang 60 kg.

https://oto.detik.com/berita/d-56703...004.1609585657

1. Penyuplai.. Bakrie autoparts.. Pantesan tvone adem2 aja ma kasus pak anies.. Udah dapat jatah ternyata.. emoticon-Malu (S)

2. Kok kadrun ga teriak2 bus cina??.. Padahal ada mercedes dan scania.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Kalo ini gimana kabarnya....

Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 3 lainnya memberi reputasi
sepertinya beda kualitas sama yg satu ini

Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?
Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?
Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?

hebat juga Jokowi mahok bisa bebas dari kasus ini emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
lebih bagus kalau bus listrik dalam kota pakai bus dengan super capacitor ,
sebab lebih murah di bandingkan dengan baterai listrik
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
lebih asik lagi kalo atap bus dilengkapi panel surya

sumber listrik terbesar nkri kan masih dari batu bara...

emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan extreme78 memberi reputasi
Duit bakrie keisi lagi emoticon-Ultah

Moga gak lari ke narkoba lagi bu nia ramadhani emoticon-Embarrassment

Mertua dah ngisi duit keluarga pke projek bus cina emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?

BUS CINA
Dicibir ,dibuang dan diganti produk eropa karena banyak bermasalah sama yang keturunan cina

Kemudian Dipungut dan dipergunakan lagi sama yang keturunan arab karena cuannya banyak

Lucunya Para jongos arab pemadat kencing onta malah ribut mencaci yang keturunan cina karena banyak bangkai bus cina akibat si keturunan cina menolak menggunakan produk cina

Sampai sini bisa dinilai betapa rusaknya pola pikir para pemadat kencing onta
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pemburu.onta
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
tlg sebutin baterai merk asli china yg bagus dong
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Kenapa mesti lewat bakrie?
Langsunga aja ke byd. Memang mobil bydnya blue bird lewat bakrie?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan valkyr9 memberi reputasi
Diubah oleh Somad.Monyong
kalau akinya soak....eh baterenya soak, beh amsyong dije....emoticon-Leh Uga
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Bakri yg lg adem ayem dihajar juga sama bajer. Wkwk
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?

harusnya bikin bus dari bambu
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan valkyr9 memberi reputasi
Diubah oleh salonPlusPluss
secara brand sih percaya, BYD sudah dipakai juga di eropa dan amerika, yg bikin sangsi gw sama maintenis nya
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
ini ramah lingkungan kan?

mantab👍🏽👍🏽
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Trans Jakarta itu cuma regulator, yang mengatur standard pelayanan, standard keamanan, subsidi biaya operator per Km , jenis bus yang digunakan

Sementara operator 2 yang membeli dan memiliki bus, merekrut karyawan , semuanya adalah perusahaan swasta yang masing2 punya kebijakan sendiri, bus jenis dan merk apa yang mau dibeli, termasuk salah satu diantara Mayasari Bakti

Jadi hubungannya dengan Anies apa ??

Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
coba colek BNBR ah

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
BYD gak jelek jelek amat kok.
Udah dipakai sama mamarika.

emoticon-Entahlah
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Senoga bisa mengurangi kemacetan ibukotaemoticon-Ngacir2
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Chinese buses mah ga seburuk dulu lagi. BYD itu juga dipake Jepang, Amerika dan Eropa lho. Pusat penelitiannya ada di beberapa negara Amerika dan Eropa. Coba tanya ke orang-orang Eropa yang pake BYD, kualitasnya gimana? Kenapa gak pake Mercedes aja?

Oh iya, Scania dan Mercedes itu gak bikin pabrik untuk produksi bus listrik secara CKD, jadi kalau mau maksakan pakai Scania n Mercedes harus CBU ke Eropa sana. Jatohnya ya muahal karena ongkos kapal plus pajak harganya gak murah kalau dari Eropa, dari Cina seharusnya bisa lebih murah.

Lagipula, bus listrik Scania n Mercedes itu masih agak terbatas dibanding BYD.
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan lonelyboy13 memberi reputasi
Diubah oleh ulungrinjani
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bus BYD di london

Intip Spesifikasi Bus Listrik TransJakarta, Bisa Melaju Seberapa Jauh?
Diubah oleh gmc.yukon


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di