CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hampir 1 Abad Chevron di RI, Begini Cikal Bakal Blok Rokan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610b52512f91b107545e9c2b/hampir-1-abad-chevron-di-ri-begini-cikal-bakal-blok-rokan

Hampir 1 Abad Chevron di RI, Begini Cikal Bakal Blok Rokan

Hampir 1 Abad Chevron di RI, Begini Cikal Bakal Blok Rokan

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ternyata sudah ada di Indonesia hampir seabad yang lalu, tepatnya 97 tahun lalu sejak 1924.

Albert Simanjuntak, Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit & President Director PT CPI, mengatakan Chevron di Indonesia bermula saat tibanya ahli geologi dari Standard Oil Company of California (Socal) pada 1924. Tim geologi Socal ini selanjutnya bermitra dengan Texaco yang akhirnya membentuk Caltex sekitar tahun 1930-an.

Selanjutnya, Caltex melakukan eksplorasi di daerah Sumatera Tengah yang kini dikenal dengan Riau.

"Syukur alhamdulillah penemuan migas didapatkan di awal tahun '40-an yakni di Lapangan Sebanga, Duri, dan Minas. Upaya untuk mengeksplorasi dan memproduksi sempat terhenti karena adanya perang kemerdekaan dan akhirnya pada 1953 Lapangan Minas yang terbesar di Asia Tenggara berhasil diproduksikan," paparnya saat wawancara dalam program Energy Corner CNBC Indonesia, Kamis (05/08/2021).

Director of Chevron IndoAsia Business Unit (IBU) and President Director of PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI), Albert Simanjuntak

Hampir 1 Abad Chevron di RI, Begini Cikal Bakal Blok Rokan
Foto: Director of Chevron IndoAsia Business Unit (IBU) and President Director of PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI), Albert Simanjuntak Director of Chevron IndoAsia Business Unit (IBU) and President Director of PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI), Albert Simanjuntak

Seperti diketahui, Lapangan Duri dan Minas itu lah yang kini termasuk ke dalam Blok Rokan.

Sejak saat itu Chevron yang saat itu dikenal sebagai Caltex Pacific Indonesia yang kini berubah menjadi Chevron Pacific Indonesia terus melakukan penambahan sumur-sumur produksi.

"Sejak itu Chevron yang dikenal sebagai Caltex Pacific Indonesia yang sekarang jadi Chevron Pacific Indonesia terus melakukan penambahan sumur-sumur produksi pencarian sumber cadangan baru dan mencapai produksi puncak di tahun 1973 sebesar 1 juta barel (per hari)," tuturnya.

Seperti diketahui, kini kontrak bagi hasil migas (Production Sharing Contract/ PCS) Chevron di Blok Rokan akan berakhir pada 8 Agustus 2021. Selanjutnya, pengelolaan Blok Rokan akan dilanjutkan PT Pertamina Hulu Rokan, unit usaha PT Pertamina (Persero) per 9 Agustus 2021.

Kini Blok Rokan merupakan blok minyak dengan produksi terbesar kedua di Indonesia. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat produksi terangkut (lifting) minyak Blok Rokan pada semester I 2021 ini rata-rata mencapai 160.646 barel per hari (bph) atau 97,4% dari target di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 sebesar 165.000 bph


Hampir 1 Abad Chevron di RI, Begini Cikal Bakal Blok RokanHampir 1 Abad Chevron di RI, Begini Cikal Bakal Blok Rokan


profile-picture
profile-picture
b.omat dan scorpiolama memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Ternyata udah lama ya emoticon-pencet
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Ngelamar dr dlu dlu bgt tpi g pernah sklipun dipnggil intrview,, y chrvron ini
profile-picture
b.omat memberi reputasi
Mau ngomong sampai mulut dower. Inti nya hanya satu paragraf : Cadangan minyak di Duri dan Minas pada Primary recovery and Secondary recovery Sudah mendekati ampas nya saja. Tinggal Tertiery recovery saja yg mesti digenjot terus ( Alias EOR)

Pertanyaan nya apakah ada budget untuk EOR tersebut??? Beberapa waktu sebelum pergantian Direktur Utama PHR, Pertamina minta resep Oronite ke Chevron kan tetapi didiamkan oleh Headquarter Chevron USA.

Gambaran:
an Ithaca Energy spokesperson told Offshore Engineer that the EOR investment was valued at around £400 million (around $549,7 million).

Apa PHR punya dana lowong sebesar 50% dari Ithaca untuk EOR????

Contoh kasus nyata:
Puluhan sumur mature di Lapangan Pendopo, Musi Rawas milik Pertamina hanya di water flooding saja.. Alasan kalo tanya ke Manager mulai dari FM sampai GM: CARI YG MURAH SAJA, TIDAK ADA BUDGET BESAR untuk FUTURE PLANNING DEVELOPMENT.

Sewaktu Chevron giat giat nya meng-ekploitasi blok rokan, semua cara untuk meningkatkan produksi telah dicoba dan telah dilakukan Chevron, tapi ingat: semua uang yg keluar menjadi tanggungan Chevron dan tidak mungkin perusahaan asing USA ngemis ke Pemerintah RI untuk project perusahaan nya.

Selamat untuk PHR.. Paling bisa nya drilling, drilling and drilling.. Besok besok gembos kayak meruap.. Kita wait and see aja...


profile-picture
profile-picture
TripleCombo dan kudo212 memberi reputasi
Seirinh bos² expatriate nya udah pada banyak yg balik ke negaranya n minyaknya juga sudah mau habisemoticon-Betty
Btw ni kondisinya masih produktif atau sisa2 kerak2nya aja?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
woow 1973
di model shale oil masih bisa emang?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo gk ampas, yaa pasti chevron habis2an di tender 2018 emoticon-Big Grin
Ribuan well cmn produksi 160 bpd, bandingkan ama exxon cepu, sumur seuprit tp produksi bisa di 200 bpd emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di