CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kuliah di PTN vs PTS, Apa Bedanya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6108df71fdff5b2206357332/kuliah-di-ptn-vs-pts-apa-bedanya

Kuliah di PTN vs PTS, Apa Bedanya?

Kuliah menjadi jenjang pendidikan tertinggi atau tingkat lanjut yang ditempuh oleh setiap orang. Di jenjang ini mereka akan terfokus ke suatu bidang karena harus memilih jurusan yang sesuai dengan tujuan, minat atau bakatnya. Namun, sebelum masuk ke jenjang ini seringkali kita dihadapkan dengan pilihan yang biasa menjadi permasalahan setiap calon mahasiswa.

"Mau masuk universitas mana?"
"PTN atau PTS?"


Kita sering mendengar pertanyaan itu bukan? Apalagi calon-calon mahasiswa yang masih struggle mencari tempat kuliahnya nanti. Mereka masih saja dihantui dengan pertanyaan ini dan tidak sedikit juga dari mereka yang akhirnya memilih PTN karena dianggap lebih berkualitas.

Sebenarnya PTN maupun PTS mempunyai kualitas yang bagus, tapi keduanya pasti punya pembedanya sendiri. Yuk kita bahas langsung perbedaannya di Podcast Jam Tujuh! Agan dan Sista bisa juga tulis apa aja sih perbedaan kedua perguruan tinggi ini berdasarkan pengalaman Gansis selain dari biayanya ya! Cuuuusss~

Kuliah di PTN vs PTS, Apa Bedanya?



profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfidanger dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
PTN dan PTS sebetulnya sama aja seeeh....
tinggal jurusannya aja apa yg mau diambil...
emoticon-Cool

misalkan (misalnya) iLKom, di PTN ada di UGM,UI, IPB sedangkan untuk PTS ada di UNIKOM, UNPAR dll.
jadi tinggal pilih aja yg mana...
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
VanillaDark dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Sama aja bre emoticon-Malu (S)
uang kuliah di PTN jauh lebih murah, gue satu semester 750 ribu rupiah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
c33e33z dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Enak di PTN, lebih terjangkau. emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan b.omat memberi reputasi
Bedanya 1 mau lu kuliah di PTN / PTS , kalo gak ada connection atau orang dalam sama aja boong, mending ngelamar aja di ind****et, atau jadi ucuberrr , atau jadi beban orang tua
profile-picture
profile-picture
b.omat dan Rinka17 memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Udah jadi rahasia umum lah perbedaannya
emoticon-Embarrassment
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
PTN lebih ada "prioritas" dalam penerimaan CPNS..tapi PTS grade A lebih ada "prioritas" kalau lowongan swasta yang bonafide

Biasanya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yg bisa digeneralisir keknya biaya doang (untuk prodi yg sma)
Secara kualitas sih tergantung kampus masing2
Mo lebih skillful bisa langganan linkedin learing taw mooc laen
Tp yg ngga kalah penting dr kuliah tu iklim diskusinya sih sm temen2/dosen. Klo onlen gini kek mana yak, masa lewat ms team/zoom mulu
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
dopost
profile-picture
b.omat memberi reputasi
Diubah oleh abas416
ane pernah kulaih di PTN dan PTS. pas di PTN ane di salah satu univ 10 besar walo keluar gara2 ga terlalu minat jurusan itu(cuma 3 sem). terus ke PTS yg ga terllu jelek2 amat dan rada terkenal di bidang IT.

ane sih prefer PTN tapi yang rada ternama macem top 25 karena disitu koneksi bagus (mau buat kerja atau beasiswa). kualitas jelas. dan murah (apalagi klo ente masuk jalur undangan atau UTBK (tulis) ).

ambil PTS klo PTN yg ente dapet ga terlalu terkenal karena sama aja sama PTS terkenal (macem binus atau telkom). apalagi klo rank PTS nya di index2 lebih tinggi dari PTN ga terkenal. karena koneksi dan kualitas disana ga kalah sama PTN. tapi ya itu biasa mahal, bahkan dari jalur mandirinya PTN.




profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ini cerita ane
Dulu ane kuliah di Kehutanan UGM terus pindah ke ekonomi STIM YKPN
ada sih perbedaannya
Ane di Ugm gak sampai lulus, di stim ykpn yang lulus
Bedanya jelas di ugm fasilitas kampus lebih mendukung, suasana lebih kondusif (akreditasi A)
Tapi di stim ykpn juga gak kalah, ane kuliah ekonomi (jauh banget ane pindah jurusan dan fakultasnya) disana dosen mayoritas lulusan ugm, ya meskipun gak se WOW UGM tapi kampus cukup nyaman, yang disayangkan disana bebas ngerokok sesuka hati di luar jam kuliah
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan b.omat memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
bini ane S1 di PTS, S2 ambil PTN, langsung culture shock emoticon-Big Grin

di S1 PTS salah satu yg terbaik di jogja dosennya pembelajarannya oke, tugas jelas, ok lah

S2 PTN terbaik di Semarang, dosennya kaya males2an
profile-picture
b.omat memberi reputasi
Hari gini masih kuliah?

Cuma buang buang duit dan waktu....


Mending asah skill supaya bisa jadi freelancer.....

Kalo kalian punya client luar kaya dari Jepang dan Amerika....

Hidup ente bakal mapan....


Contohnya jadi ilustrator atau penciler.....

Kuliah capek capek cuma jadi budak korporat gaji gak sesuai modal kuliah....

Ini jaman modern bro...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Mau PTN/PTS yang penting ada orang dalem atau bisa buat relasi orang dalem

Udah gk ada orang dalem, kuliah cuma berangkat pagi sore ngafe malem tidur gk bikin relasi ya sama aja

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
yang jelas kalau PTN itu akreditasinya sudah sangat jelas dan pasti dari awal berdiri karena dibangun oleh pemerintah cq kementerian pendidikan nasional atau kementerian pendidikan dan kebudayaan dulunya.

namanya sudah sangat diakui dan rata-rata kualitas lulusannya bagus karena fasilitas dan infrastrukturnya disuplai oleh pemerintah. ditambah lagi sering ada program beasiswa.

sedangkan PTS kan banyak yang masih dalam proses akreditasinya walaupun sudah ada juga diakui secara jelas dan pasti.

dari sisi kualitas lulusannya pun sebenarnya tidak kalah saing dengan PTN. cuma dari sisi nama banyak yang masih belum dikenal secara luas.

dari sisi infrastruktur dan faslitas adalah atas modal sendiri dari para pendirinya. sehiingga ada pungutan uang bangunan, dll kepada mahasiswa/i nya.

tapi seiring dengan perkembangan zaman sudah banyak PTS yang diakui dan mantap secara akreditasinya. infrastruktur dan fasilitas pendukungnya pun malah lebih bagus dari PTN karena orientasinya adalah bisnis. masyarakat berani bayar harga tinggi sebanding dengan kualitas lulusannya.

dunia industri dan usaha pun mulai banyak yang melirik para lulusan PTS tersebut karena sudah jelas kualitasnya.

justru sekarang ini PTS lah yang lebih up to date terhadap perkembangan zaman.

tak ubahnya sekolah-sekolah swasta sekarang jauh lebih baik kualitas lulusannya.

emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VanillaDark dan 2 lainnya memberi reputasi
Gw pernah kuliah di PTS (D3) dan PTN (S1) dan tentunya di jurusan yang sama. PTSnya lumayan top di Jogja. PTNnya di Jakarta, top 10 Indonesia. Akreditasi keduanya A.

Dari segi dosen pengajar dan fasilitas kampus sama sama top, soalnya rata-rata dosen di PTS gw ngajar juga di UGM (kalo kata salah satu dosen sih "PTS rasa UGM", ceilah).

Dari segi biaya jauh lebih murah PTS sih. Mungkin karna Jogja vs Jakarta (?). Bisa dibilang BOP PTNnya 2-3 kali lipat dari SPP PTS.

Nah tapiiiii...

Lingkungannya jauh lebih bagus PTN. Anaknya pinter-pinter, rajin, KRITIS dan kompetitif. Jadi harus semangat banget belajarnya biar gak ketinggalan. Yang males-malesan bisa dihitung jari wkwk. Kalo PTS gw kebalikannya masyallah wkwkwk.

Bukan berarti gak ada anak yang pinter, rajin dan kritis ya, ada. Tapi bisa dihitung jari. Dan kalo lo rajin, kesannya tuh kaya lo gak punya kehidupan lain. Terus kalo misal lo kritis pas lagi diskusi/presentasi, bakal jadi omongan karna bikin kelasnya molor, lykeemoticon-Bingung

Sedangkan kalo di PTN, justru kalo pas diskusi/presentasi lo iya-iya doang gak ada usaha buat menchallenge atau nanya yang berbobot, kesannya lo lame banget. Gw lumayan culture shock di semester pertama PTN sih wkwk. Kaya gw gak menjumpai pertanyaan receh saat presentasi sama sekali. Sedangkan pas PTS, pertanyaan receh lebih disukai (karna sama-sama enak, yang nanya dapet poin, yang presentasi juga gak kesulitan) kadang bahkan udah diset, disuruh nanya apa wkwkwk.

Nah terus soal kompetitif, di PTN ini tuh ada 2 kelas: Kampus A dan Kampus B. Nah mayoritas anak Kampus A itu full time student sedangkan Kampus B mayoritas sudah bekerja. Dan ternyata anak2 yg D3nya dari PTN yg sama ini tuh memperhitungkan banget soal pemilihan Kampus A atau B (tidak hanya perkara lokasi yang dekat rumah/kost). Justru yang jadi perhitungan adalah Kampus A (high competition) sedangkan Kampus B (less competitive karna mayoritas sudah bekerja, jadi gak bisa all out, katanya). Meanwhile gw milih Kampus B ya karna lebih deket aja wkwkwk. Dan setelah dipikir-pikir lagi, ngeliat ada anak yg pindah ke Kampus A atau sebaliknya memang keliatan. Jelas sekali terlihat anak Kampus A lebih ambis sedangkan Kampus B lebih chill wkwkwk.

Yatapi ini hanya pengalaman gw ya, yang lain mungkin beda hehehe

Setelah merasakan keduanya, kalo disuruh milih, gw bakal milih PTN sihemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VanillaDark dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh NiesEdogawa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Negeri sama Swasta
Pts aja gan biar tau kalo kuliah itu mahal dan ga nyia2 in kesempatan...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Mw PTN PTS tetap selesai kuliah nganggur unjung2ny neglamar lowongan bwt anak SMA emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh pisercool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
PTN atau PTS sama aja bre...
Nih kata2 bijak dari abang bolot:

* Orang Pintar Kalah dengan orang beruntung
* Orang beruntung kalah dengan orang dalam
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di