CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61066226ba709e558f56d022/opini-ternyata-ini-loh-yang-bikin-mahasiswa-stres-hingga-depresi-karena-skripsi

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Skripsi merupakan istilah penulisan karya ilmiah berupa tulisan mengenai penelitian sebagai tugas akhir mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Skripsi dapat berguna untuk menilai dan menguji seberapa jauh seorang mahasiswa menunjukkan kemampuan nya atas ilmu-ilmu yang sudah dipelajari.

Namun terdapat permasalahan yang terjadi selama mahasiswa mengerjakan skripsi, tidak sedikit mahasiswa mengalami stres yang berat hingga depresi dan parahnya nekat melakukan bunuh diri.

[OPINI] TERNYATA INI LOH YANG BIKIN MAHASISWA STRES HINGGA DEPRESI KARENA SKRIPSI

Disini ane ingin mengutarakan opini mengapa skripsi membuat mahasiswa stres hingga depresi emoticon-Malu

Spoiler for 1. Pemikiran dari dosen pembimbing I berbeda dari dosen pembimbing II:


Spoiler for Judul ditolak dengan alasan yang konyol:


Spoiler for 3. Revisi-revisi dan penolakan judul oleh dosen penguji sempro:


Menurut ane ketiga hal itu bisa membuat mahasiswa mengalami stres berat hingga depresi belum lagi beban ekonomi dan keluarga.

Kalau ane pikir-pikir skripsi memang penting namun nampaknya budaya pengerjaan skripsi di Indonesia lah yang membuat banyak mahasiswa yang mengalami stres berat hingga depresi, menurut ane budaya pengerjaan skripsi di Indonesia tidak efektif dan efisien dan terasa seperti mengengkang kreativitas mahasiswa dalam penelitian. Mahasiswa seperti kurang dibebaskan untuk menunjukkan kualitasnya dalam menulis karya ilmiah berupa penelitian.

Stres saat pengerjaan skripsi bisa melebihi stres di dunia kerja. Walaupun begitu tak sedikit mahasiswa yang berhasil menyelesaikan skripsi dan lulus. Faktor dapat menyelesaikan skripsi tidak hanya pintar di akademik namun ada faktor lingkungan dan keberuntungan yang mempengaruhi nya.

Belakangan ini ada usulan penghapusan skripsi atau skripsi tidak diwajibkan sebagai syarat lulus sarjana namun banyak yang kontra, kalaupun mau tetep skripsi sebagai syarat wajib menurut ane budaya skripsi perlu dikaji lagi agar lebih efektif dan efisien sehingga tidak membuat mahasiswa merasa stres hingga depresi.

Mau bagaimanapun masalah stress hingga depresi yang dialami oleh mahasiswa saat mengerjakan skripsi tidak bisa diabaikan dan diremehkan ini udah masalah yang sangat serius apalagi sampe ada yang bunuh diri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
ane tambah depresi kalo liat temen-temen angkatan pada lulus duluan emoticon-Berduka (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
apa itu skripshit wkkeke
wong yg pada gede ipk biasa pake joki tugas emoticon-Ngakak (S)
makanya daripada kuliah pusing mending ngedj
joki.. lumayan jadi joki ... bebas lu mau kuliah apa kaga. mahal kuliah tuh emoticon-Meweks
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Bisa tidak ya sistem kebut SKS?
profile-picture
zizill memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
masih bersyukur bisa meneruskan kuliah gan.. ane cuma sampai SMA doang
profile-picture
profile-picture
RifanX dan Mobakokplagiat memberi reputasi
Buat skripsi itu kuncinya rajin, ga perlu pinter. Nurut sama dosbing dan sabar kalau diomelin.
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dulu pas nyusun skripsi, setelah bab 1 kata dosennya lanjut bab 2 eh pas bimbingan lagi malah ada yg harus direvisi bab 1 padahal sebelumnya udah bagus emoticon-Leh Uga


Buat w pribadi sih skripsi ga se susah seperti yg org2 bilang cuma emang harus fokus ngerjain dan disiplin aja emoticon-Cool
profile-picture
merlisin memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu ane pernah juga mengalami masa-masa sulit skripsi, bahkan pernah gagal juga trus ngulang lagi dan berhasil.

Pesan ane buat yg masih skripsi: Fokus mengerjakan skripsi, jangan terpengaruh hal2 lain seperti main game, jangan menunda2 pengerjaan skripsi, kalo ada revisi langsung diselesaikan, harus lebih aktif saat bimbingan dengan dospem, harus pintar2 mengatur waktu, dan jangan lupa berdoa
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
RifanX dan Mobakokplagiat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
ah sudahlah yg penting lulus nanti pada akhirnya kerjanya biasanya beda sama dlu kuliah ..
profile-picture
lonelyboy13 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Skripsi sampai depresi.... terlalu berlebihan dalam menghadapi masalah itu namanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane gamau kuliah dipaksa kuliah
yaudah lah bodo amat
keterima snmptn, ga diambil
lulus di pts, cuma 1 smt out
terus pindah ke kampus ke 3. orangnya so cantik so kaya. belagu
ane kena bully beberapa taun. keluar lah.. cape harus direhab.. hiatus kaskus emoticon-Mewek
sekarang gw ngomong kalo bapak gw Dulu dosen pts xxx mereka kageeet
gw buka kartu pada syooook emoticon-Betty
disangka ane gatau ya mereka bacotin ane dibelakang. alias dimari..
terus trit ht ane di plagiat dia.. dih... ga kreatif emoticon-Betty
ngebully body dll..
ane dikampus sama tuh orang dibully gendut terus sampe stress dan rehab beberapa kali
sekarang balik lagi. dia so ganteng. padahal ipk cuma pas pasan


gw dari awal ipk 4.00 aja biasa

hidup mah gitu. so pinter padahal nyontek sedih sih
ane sampe esktrim pura2 depresi padahal cuma mau ngeluarin unek2 doang
sedih sih... di real life terkadang kita ga dihargai
tapi yaudah lah ya... toh tong kosong nyaring bunyinya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semoga para dosen pembimbing diberi hidayahNya selalu tuk mudahkan jalan para mahasiswa yang belum juga rampung skripsi, namanya juga pembimbing wajib saran ini itu sampai tuntas.
Kalau disuruh main tiktod pasti lebih semangat.
udah semua di tolak, di coret-coret, di revisi.....

kiriman uang macet karena resesi ekonomi....

eh pacar di ambil senior yang notabene udah pada kerja duluan...

panik ga ??

emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lebih berat nanti cari kerja sikut2an, udah kerja pas meeting di caci maki abis2an di depan banyak org, begitu pandemi perusahaan collapse akhirnya phk malah makin yakin pusing gantung diri. . .
profile-picture
Mobakokplagiat memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Dari poster itu sebenarnya menyatakan gambaran depresi sebelum memasuki tahun 2021. Ketika ane membaca dan melihat teman-teman ane, akhirnya relate juga tuh. Apalagi opini yang agan tulis memang sangat relate. Tapi balik lagi dibagian opini sebetulnya sama saja kayak skripsian offline. Hanya saja medianyakan online, kalau dulu coret makalah sekarang coret word, kalau dulu diomelin di depan langsung sekarang diomelin dari gugel mit atau zum, apalagi ngumpulin revisian juga dulu di kantor dosen sekarang di imel masing-masing
profile-picture
RifanX memberi reputasi
demen banget kalo skripsi di hapus ..kwkkwkww.
Emng harus dikaji lagi kebijakan skripsi, krna kbnyakan S1 diluar ga mewajibkan skripsi/penelitian kecuali jurusan tertentu. Penelitiannya jg simpel ky jurnal/paper biasa, tp tetap berbobot.

Kuliah di indo terlalu di buat 'istimewa'. Wajib skripsilah, ospeklah, dll. Sebutan siswa pake maha aja cuma ada disini. Padahal siswa biasa aj udh cukup emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan Mobakokplagiat memberi reputasi
yang paling bikin depresi itu..






SAYANG... AKU TELAT...
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
Sebenarnya tujuan utama skripsi buat mahasiswa S1 itu adalah gimana cara biar kita bisa menulis ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan. Urusan data bisa dipake atau tidak itu belakangan.
profile-picture
profile-picture
lunar1980 dan Zedcool memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di