CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61060f92cb37ad48860961ff/bencana-defisit-chip-global-menimpa-ponsel-smartphone-langka-dan-mahal-di-depan-mata

Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata



Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata

Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata

Produksi elektronik bahkan otomotif dunia saat ini sedang mengalami kendala karena defisit chip global biasa disebut chipmagedon yang terus meluas.

Chip sebagai otak dari perangkat elektronik cukup penting, apalagi imbasnya sudah merambah ke dunia ponsel. Bila ini terus terjadi mungkinkah penjualan ponsel akan terganggu, karena barang yang diproduksi jumlahnya terbatas.

Bila itu terjadi bukan tak mungkin nasibnya seperti VGA RTX yang harganya sudah tak masuk akal, karena dipakai oleh para miners.

Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata

Persaingan untuk mendapatkan chip di banyak produksi baik itu otomotif maupun ponsel ini yang menyebabkan kekurangan semikonduktor, chip yang kurang bukan dibagian procie tetapi chip yang kegunaannya untuk fungsi sehari-hari seperti menyalakan layar ponsel dan audio dan sebagainya yang lebih sering digunakan dalam sebuah ponsel.

Bila ini terus terjadi kemungkinan akan ada spesifikasi yang kena sunat untuk meminimalis harga, atau spek maksimal harga pun naik drastis.

Apa penyebab chip ini langka? Sebenarnya ini semua dikarenakan permintaan yang tinggi di konsumen, sementara produksi pembuatan chipset justu dikurangi akibat pandemi, efek akibat pandemi banyak karyawan dirumahkan maka produksi juga terhambat.

Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata

Terlebih ekonomi dunia sedang carut marut, bahkan di beberapa tempat peoduksi chip juga sedang tertimpa bencana alam. Maka kemungkinan besar pasokan chip akan sangat rendah, sedangkan permintaan terhadap barang elektronik untuk bejerja di rumah semakin naik.

Tidak hanya smartphone, laptop dan pc pun sudah mengalami kendala. Karena industri semi konduktor tidak bisa memasok produksinyabke banyak vendor, bahkan di prediksi hingga 2023 hal seperti ini masih terus akan terjadi.

Situasi dunia yang tidak menentu membuat banyak orang menghabiskan waktunya di dalam rumah, tentu vendor elektronik pun kaget ketika produksinya terjual lebih cepat hingga kekurangan pasokan.

Bila dibiarkan terus seperti ini bukan tak mungkin harga Xiaomi yang jagonya ponsel murah akan tak berdaya dan harganya bisa saja lebih mahal ditangan pedagang 2x lipat. Lalu konsumen berangsur-angsur menahan uangnya untuk membeli ponsel baru, yang rugi akhirnya vendor ponsel itu sendiri.

Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata

Bagaimana tanggapanmu mengenai hal ini?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Bencana Defisit Chip Global Menimpa Ponsel, Smartphone Langka Dan Mahal Di Depan Mata


profile-picture
profile-picture
profile-picture
delfatesting260 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ya baguslah kalau jualan gagdet, dkk; direm, dikurangi. Itu salah satu sumber polusi jg kan?

Repot sih mmg manusia itu, ribut global warming, tapi disuruh ngerem konsumsi ga mau.

Udah punya HP, masih bekerja dgn baik, sdh pgn beli HP yg baru. Ga ada puasnya, ga ada cukupnya.

Terimakasih covid, mungkin pandemi perlu diperpanjang, krn manusia tidak mau sadar utk mengerem gaya hidup konsumerismenya. Harus dipaksa dulu dgn keadaan, baru mau ngerem.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 24 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 24 balasan
Pakai potatochip, empingchip, dll chip.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Chip nya buat vaksin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bertahan saja dengan hp lama

ga mungkin langka sih, hp china aja bejibun siomay, oddo, pipo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
contoh nyata adalah saat ini harga untuk laptop yang tidak wajar... sangat tidak wajar malahan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pake hape lama aja kalo gitu.. emoticon-Cool
Kadang demi gengsi mengikuti trend, beli yang baru. Padahal yg lama masih bisa dipakai emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
barang elektronik skg banyak yg naik harganya laptop juga tinggi harganya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Gapapa lah klo yg langka itu yg versi termahal. Toh gak kebeli juga sm guaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
............cari yang generasi lama atau seken...kanibal...itu klo butuh produk dengan harga miring ya walaupun quality ga dijamin.....emoticon-Thinking


horang kuaya mah buebaaaass! emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Setelah susu beruang, giliran hp diborong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
ya tinggal pake yg ada aja, toh jaman sekarang rata rata dari bocah 5 tahun udah punya hp.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan c4punk1950... memberi reputasi
Yg bangkrut produsen HP.... kalo konsumen sih masih bisa pake HP lama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kan tinggal pake yg sdh ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Wehhh
Kayak nya bakal ada yang borong hp
Trus pas mulai mahal baru dijual wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jd apakah sinyal wartel kembali dengan kipas angin mini..... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Waduh, setelah vga pc dekstop..... Kini mlh ponsel pintar yg akan langka..... Omg....... emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan c4punk1950... memberi reputasi
Semikonduktor chip juga produksi nya

Ada yg terhambat karena pabrik kebakaran

Di jepang.Alhasil salah satu andalan jualan

Ane di audio mobil kena imbas emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan c4punk1950... memberi reputasi
Klo gtu kita beli ponsel paling mahal saat ini jugaaaaaaaaa
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Paling terlihat mata

Laptop harganya udah gak masuk akal emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan c4punk1950... memberi reputasi
Ini yg bikin ketar ketir , pc ane dah berumur 3 tahun lebih, laptop ane lagi sekarat. Kalo produksi semicinductor terganggu bisa berabe emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di