CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610529880971672e4f4bfc84/ri-dinilai-menuju-jebakan-pandemi-effendi-simbolon-salahkan-jokowi

RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi

Pakar epidemiologi asal Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono menyebut Indonesia sedang menuju jalur jebakan pandemi yang semakin dalam. Politikus PDIP Effendi Simbolon menyalahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak mau menerapkan lockdown sejak awal pandemi COVID-19.
"Pemerintah sejak awal tidak menggunakan rujukan sesuai UU Karantina itu di mana kita harusnya masuk ke fase lockdown. Tapi kita menggunakan terminologi PSBB sampai PPKM. Mungkin di awal mempertimbangkan dari sisi ketersediaan dukungan dana dan juga masalah ekonomi. Pada akhirnya yang terjadi kan lebih mahal ongkosnya sebenarnya, PSBB itu juga Rp 1.000 triliun lebih ya di tahun 2020 itu," ujar Effendi saat dihubungi, Sabtu (31/7/2021).
"Presiden tidak patuh konstitusi. Kalau dia patuh sejak awal lockdown, konsekuensinya dia belanja kan itu. Sebulan Rp 1 juta aja kali 70 masih Rp 70 triliun. Kali 10 bulan aja masih Rp 700 triliun. Masih di bawah membanjirnya uang yang tidak jelas kemana larinya. Masih jauh lebih efektif itu daripada vaksin," sambungnya.

Effendi membeberkan sudah banyak negara lain yang sukses mengatasi pandemi COVID-19 dengan cara lockdown. Dia mengatakan virus Corona itu bisa dicegah penularannya dengan cara semua orang tetap berada di rumah.
"PPKM ini dasarnya apa? Rujukannya apa? Arahan Presiden? Mana boleh. Akhirnya panik nggak karuan, uang hilang, habis Rp 1.000 triliun lebih. Erick Thohir belanja, Menkes belanja. Dengan hasil 0. Minus malah. Ini herd immunity karena iman aja," tukas Effendi.


https://news.detik.com/berita/d-5664...712.1624418361

buat pembela pemerintah yang bilang kita gak punya duit liat bener kan kita itu punya duit lagi
tapi bedanyaa duitnya kebanyakan untuk penyelamatan ekonomi tidak jelas bukan jaring pengaman sosial seperti yang dilakukan negara-negara G7 emoticon-Embarrassment

kita menahan agar daya beli tetap ada dengan memperbesar belanja pemerintah dan Bailout BUMN bukan supply uang ke rakyat yang membutuhkan..
kalau cara ini yang dianggap terbaik menurut ekonomi kenapa negara-negara G7 yang menteri keuangannya diisi orang yang jauuh lebih pintar melilih BLT semua.. emoticon-Embarrassment

1000 T ilang sia-sia sekarang baru puncaknya.. emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gmc.yukon dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh crusaders2003
Halaman 1 dari 2
semua kebijakan punya resikonya sendiri2. lockdown jg punya resiko yg sngt besar....

ga usah kaya orang Pandir...
ada jalan 2 cabang trus pilih satu jalur. saat jalan d jalur yg udah d ambil menemukan kesulitan trus mikirnya seandainya ambil jalur yg satu lagi ga bakal susah bgini...

mending fokus aja sm kebijakan yg udh d ambil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhali dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi

RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi

Malaysia habiskan 500 T buat lockdown bulan lalu.. Tapi warganya tetap kibarkan bendera putih ga kuat lockdown dan kasus covid d malaysia tetap meroket.. emoticon-Malu (S)

Padahal gada yg demo karena masjid d tutup selama lockdown.. emoticon-Malu (S)

Indonesia mau ngikutin??.. emoticon-Ngakak (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Mau lokdon dimana ente. Jakarta aja atau seluruh indonesia? Yang kena kan awalnya bukan jakarta aja! Si anus aja kan gak punya duit, proyek korup kelebihan bayar semua.

Ini penyebabnya tong, jadi jangan lah bodoh amat jadi orang.

RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi



Semua negara ini rata2 lokdon, gimana knp bisa lokdon berkali2 rata2 negara tsb tapi gak berhasil

RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi

RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh owi.kill.kadrun
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan

Bagiku Sih Untung Ada Pandemi,si Cabul Akhirnya Mampus

RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi
profile-picture
GEMPAL00 memberi reputasi
Simbolon kadrun korban hijrah
Yang kritik pak dhe gak jauh dari gerombolan BSH pilpres
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan

#NasDemSayangKamu








Kegiatan vaksinasi berhadiah

dari sponsor

Super emoticon-heart
Diubah oleh SunDaimond
Eh anjing pendi 1000 trilyun gak jelas kata si babi. Kena covid diobati gratis, biaya pcr yg mahal sampe beli vaksin,, gk jelas kau bilang pendi babi.
Belum semua perusahaan dan bumn disubsidi semua. Listrik bbm dsb.
Negara gk dapat pajak hampir 400 trilyun gara2 pandemi lagi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Wooohh..
Udah mulai war of nastak ini..
Pantau dulu
Awal pandemi lokdown ga lokdown udah mereda kok pandeminya, ini masalah baru namanya varian delta.
Yg salah itu semua pihak yg lolosin 1 pesawat dari indihe
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cebi dan bujer pada gelagapan
Bujer oposisi tapi kere nganggur kejang2

RI Dinilai Menuju Jebakan Pandemi, Effendi Simbolon Salahkan Jokowi
profile-picture
adhali memberi reputasi
berani beraninya si pendi meragukan sang tjahaja asia emoticon-Traveller






















c3b0ngzz SERAAAAANG!!! emoticon-Belgia
profile-picture
crusaders2003 memberi reputasi
Jelas pasti pimpinan akan disalahkan
profile-picture
crusaders2003 memberi reputasi
Haters gonna hate
Always.....
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lagi-lagi bicara lockdown

Kalo soal dana dan yang lainnya, ane yakin bisa. Tapi apa masyarakatnya bisa?

PSBB aja yang lebih ringan, banyak yang melanggar emoticon-Hammer2

Maaf ane ngomong gini bukan membela ya, tapi buat negara kita, lockdown itu bukan pilihan tepat. Kesadaran masyarakat kita sangat kurang.
profile-picture
profile-picture
adhali dan GEMPAL00 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Gini ajalah bang Fendi, coba ko bilang ama kawan2 DPR-mu(kalau perlu hingga tingkatan DPRD), supaya gaji dan insentif-nya dipotong 5% aja utk penanggulangan Covid, langsung ke daerah pemilhannya, sayangnya gk bisa krn pendapatan perbulan lu dan rekan seprofesimu uda disunat duluan utk setoran partai
Sempak kuda.
Semi lokdon aja pada protes kalau masjid ditutup.
Apalagi betulan lockdown.
Vaksinasi solusinya. Ngapain sih lokdan lokdon segala.
Noh lihat noh kasus aktif di jakarta.
2 minggu lalu 100 ribu sekarang cuman 17 ribu emoticon-Stick Out Tongue
Bukti bahwa PPKM + vaksinasi membuahkan hasil.
emoticon-Cool
Diubah oleh daddydaddydoo
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hrs diakui. Kowi ga punya kemampuan atasi masalah pelik spt covid19
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Siapa bilang 1000 T hilang sia2 ?
Coba hitung berapa ribu orang yg diuntungkan dengan jualan masker ke pemerintah, hand sanitizer, belanja vaksin, sampe bagi2 bansos ( blm termasuk Menteri korup tukang tilep bansos ya... )
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
udeh nikmatin aje, kagak ada gunanya juga si doi nyalahin plangak-plongok
nabi kok rasa rt
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di