CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6102a986d0bab3262b09305d/jangan-asal-nyelonong-motor-keluar-gang-ternyata-ada-aturannya

Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!


Untuk menjaga ketertiban dan keselamatan dalam berkendara, diperlukan sekumpulan aturan. Selain aturan, berkendara itu juga ada etika yang harus dipahami. Kedua hal tersebut harus benar – benar diterapkan di jalanan.

Nah, salah satu kebiasaan pengguna kendaraan atau motor yang melanggar aturan adalah kebiasaan pengguna motor yang keluar gang tanpa “permisi” alias asal nyelonong saja. Pasti Agan dan Sista banyak nemuin orang yang kayak gini kan...

Meskipun terlihat sepele, ternyata berkendara keluar di persimpangan atau gang itu ada aturannya loh GanSis. Ini bukan sembarang aturan GanSis, ada undang – undang yang mengatur hal ini.

 Jangan Asal Nyelonong, Motor Keluar Gang Ternyata Ada Aturannya!

Menurut UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 113, pada persimpangan sebidang yang tidak dikendalikan dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau lampu merah, pengemudi wajib memberikan hak utama kepada beberapa kendaraan lain. Soal etika keluar dari gang atau jalan yang lebih kecil, Pasal 113 poin b menyebut, pengemudi harus memberikan hak utama kepada kendaraan dari jalan utama jika pengemudi tersebut datang dari cabang persimpangan yang lebih kecil atau dari pekarangan yang berbatasan dengan jalan.

Tuh GanSis, di undang – undang tersebut jelas disampaikan bahwa pengguna motor harus memberikan hak utama kepada kendaraan dari jalan utama, jadi jangan asal main gas aja GanSis. Apa susahnya untuk berhenti atau memperlambat kendararan di mulut gang/jalan kecil? Toh itu semua untuk keselamatan bersama.

Bukan sekali dua kali adanya tabrakan karena pengendara main nyelong aja ketika keluar gang tanpa melihat kondisi jalan utama. Bahkan gak jarang juga yang merasa benar terhadap apa yang ia lakukan, padahal udah jelas – jelas itu salah. Kalau pun tidak terjadi tabrakan, biasanya pengendara dari jalan utama akan kaget dengan kelakuan nyelonong seperti itu. Hal ini tentunya akan menghilang fokus ketika berkendara.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 29 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Makhluk selonong boy ginian biasanya emak emak, bocah pake metik, sama akamsi yang merasa hafal wilayah.

Mereka akan mulai sadar dan hati hati, kalo udah pernah mencium aspal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Coba selonong boy dijalur kontainer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sering ditemukan di negri ini terutama bocil dan emak emak yg udh diklakson kenceng tetep gak merasa bersalah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 6 lainnya memberi reputasi
Dipikirnya belok kiri langsung jalan terus. Yg namanya keluar gang mau belok kanan atau belok kiri yaa mesti berhenti dulu tengok kanan & tengok kiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 5 lainnya memberi reputasi
bulan kemarin, gw jg nyaris nabrak bocah seumuran smp bonceng 3 naik matic, gara2 keluar gang ke jalan raya seenak jidat
gw ny ga nabrak, eh ttp gw ditabrak dari belakang krn rem mendadak emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yg kyk gini bnyk yg matic krn org belajar matic 2-3 hari udah berani ke jalan... Ga kyk dulu, org belajar motor kopling paling cepet 1 bulan baru berani ke jalan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PACIFIC2012 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yah pake logika dasar aja sih, memastikan aman, liat dulu kiri kanan, baru keluar dari gang. Masak urusan dasar gini aja kudu diajarin.

Kalo kecilnya tiap kejedot yang disalahin lantainya emang suka kebalik balik logikanya....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabriel.h dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sambil cekikian rada kenceng. Keluar gang. Tetiba brak.. Seketika hening. Ga lama orang tua nya datang emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo belum kena azab kesrempet mobil, muka ngamplas aspal, patah tulang biasanya sulit sadarnya gan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan jlamp memberi reputasi
Asu nih pengendara motor macem ginian.

Lu dari gang atau jalan yang lebih kecil ya berenti dulu lah liat kiri-kanan, ini main nyelonong aja emoticon-fuck

Kalo nyenggol mobil paling minta maaf terus lari, coba kalo kesenggol drama jatoh kesakitan minta duit ganti rugi emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 5 lainnya memberi reputasi
Memang masih banyak monyet yg nyelonong seenaknya aja dr dlm gang seolah jalan utama kosong trus.. 🙆
profile-picture
profile-picture
jlamp dan pakisal212 memberi reputasi
yg sekedar bisa ga bakal ngerti aturan...... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
jlamp dan pakisal212 memberi reputasi
warga indonistan ga paham

semua jalan d anggap jalan utama

profile-picture
profile-picture
profile-picture
yfel dan 2 lainnya memberi reputasi
Nah gini. Paling rentan kecelakaan tuh dr sisi sini jugs
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Deket rmh gw banyak yg main gas aja 😡, keluar gang main gas aja , apalagi sambil gonceng 3 😩
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Biasa banyak ditemukan di malam minggu
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Percuma karena mereka pemotor tidak peduli dengan aturan ini. Kalau sampai terjadi kecelakaan, mereka yang marah dan tidak mau di salahkan. Apa lagi kalau konfliknya dengan mobil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fatur1 dan 3 lainnya memberi reputasi
Biarin aja.biar dirasain kalo ditabrak
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Parah tu emak2, udah selonang-selonong keluar gang giliran kena tabrak merasa paling benar pula. Pakai minta ganti rugi lagi. 😓😓😓
profile-picture
profile-picture
jlamp dan nowbitool memberi reputasi
Diubah oleh dxbike
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Klo nemu kyk gini biasanya gw teriakin nama binatang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arywibie dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di