CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / Allvariant Music on Kaskus (ASIK.IN) /
Miris Ketika Mendengar Anak Menyanyikan Lagu Dewasa, Kenapa Tidak Menyanyi lagu Anak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6102a1c8861719333e3335c8/miris-ketika-mendengar-anak-menyanyikan-lagu-dewasa-kenapa-tidak-menyanyi-lagu-anak

Miris Ketika Mendengar Anak Menyanyikan Lagu Dewasa, Kenapa Tidak Menyanyi lagu Anak?

Miris Ketika Mendengar Anak Menyanyikan Lagu Dewasa, Kenapa Tidak Menyanyi lagu Anak?


Assalamu'alaikum wr.wb

Bernyanyi adalah bagian dari menghibur diri, menyenandungkan syair mengungkapkan perasaan. Menjadikan hati bergembira ketika melantunkan sebuah tembang.

Pengalaman yang Ane lihat di depan mata, waktu itu di Malioboro, saat sedang jalan-jalan bersama beberapa keluarga, ketika telinga ini mendengar seorang anak balita bernyanyi dengan santainya bibirnya yang mungil bergerak-gerak lucu, tangan kecilnya digandeng oleh sang Ayah.

"O o, kamu ketahuan pacalan lagi, o o."

Orang-orang yang mendengar juatru menikmati sambil senyum-senyum, Ane tidak tahu itu lagu siapa tapi sering mendengar anak-anak menyanyikannya. Mengucapkan huruf R saja belum bisa, sudah mengatakan pacaran, padahal Ane yakin anak balita itu tidak tahu artinya. Waktu itu Ane berpikir untung Anak Ane tidak tahu lagu itu.

Akan tetapi suatu pagi ketika tiba-tiba Ane mendengar anak Ane bersenandung dengan santuynya:

"Cinta ini membunuhku."

Mak jleb! Padahal Ane jarang dengerin lagu itu, kenapa dia bisa tahu lagu itu? Padahal di rumah sering tak putarkan lagu-lagu anak-anak yang cocok dinyanyikan seumuran dia, ada lagu Anak gembala, balonku ada lima, gembira berkumpul, dan lagu-lagu anak lainnya. Miris sekali, ternyata dia melihat dan mendengarkan lagu itu di Televisi, walaupun jujur saja di rumah tidak ada Televisi tapi ketika anak ke tumah neneknya atau pun ke rumah saudara dan temannya di sana ada benda tersebut.

Sebab apa anak-anak kurang suka dengan lagu anak-anak?

1. Karena acara pencarian bakat di Televisi contoh salah satunya adalah Idol cilik atau pencarian Idola Cilik, dari mulai seleksi sudah dibolehkan menyanyikan lagu dewasa. Sampai babak final dan grand final yang dinyanyikan adalah lagu orang dewasa.
Coba saja kalau dari awal anak-anak tidak diperkenankan menyanyikan lagu orang dewasa tentunya anak-anak masih tetap di jalur anak-anak.

2. Mungkin lagu anak-anak pada masa sekarang ini jumlahnya tidak banyak seperti pada era tahun 1990an, di mana pada masa itu banyak sekali penyanyi anak-anak yang terkenal, seperti Tasya Kamila, Puput Melati, Agnes Monica dan masih banyak lagi penyanyi-penyanyi cilik yang berbakat pada masa itu.

3. Mungkin lirik lagunya juga kurang menarik atau musiknya yang kurang menarik sehingga anak-anak tidak tertarik. Tapi yang jelas karena kecanggihan teknologi juga anak-anak yang biasa main gadget sudah males mendengarkan lagu anak-anak.

Pertanyaan di atas pernah dilontarkan saat Ane ikut workshop 1000 cipta lagu anak, kenapa ikut workshop ini. Ane jawab karena miris sekarang anak-anak lebih suka menyanyikan lagu orang dewasa. Makanya pada tahun 2017 seorang seniman musik dari Pekalongan Bapak Haris menggagas acara workshop 1000 cipta lagu anak, waktu itu Ane ada di gelombang pertama, dengan peserta 100 orang. Apa yang terjadi dari 100 orang itu ada juga yang mengundurkan diri. Untuk angkatan pertama tercipta puluhan lagu, tapi kenyataannya acara itu juga tidak sampai Finish, karena berbagai kendala.
Ane Masih ingat lagu yang dibuat, tentang tema Jujur.
Karena jujur saja Ane waktu ikut workshop itu karena akan ikut lomba cipta lagu, dan sama sekali nol soal musik, kalau membuat lirik lagu sih masih lumayan lah.
Lirik Lagu ciptaan Ane tahun 2017, yang menjadi juara 2 di HUT Himpaudi Kabupaten Pekalongan. Ternyata juga nggak berpengaruh terhadap geliat lagu anak-anak.

Miris Ketika Mendengar Anak Menyanyikan Lagu Dewasa, Kenapa Tidak Menyanyi lagu Anak?


Anak Jujur

Makan-makan donat
Yang tengahnya bolong
Anak-anak hebat
Tidak suka bohong

Makan-makan bubur
Dicampur mentega
Anak-anak jujur
Pasti masuk surga



Itulah satu-satunya lagu yang Ane ciptakan dalam lomba cipta lagu, karena Jujur saja nggak ada yang bersedia mewakili dari tingkat kecamatan, karena lomba itu di tingkat Kabupaten. Tapi tidak semua anak-anak tidak menyukai lagu anak-anak, masih ada yang suka menyanyikan lagu anak-anak juga.

Alasan-alasan di atas yang membuat lagu anak kurang diminati pada masa sekarang ini, lagu anak-anak juga semakin sedikit.

Bahkan ada wali murid yang mengirimkan Video ini, lebih suka Tik tok anaknya

{thread_title}


Sekian Thread dari Ane, semoga bermanfaat, sampai jumpa di Thread selanjutnya.

Opini Pribadi
Sumber gambar dok.pri
Video Tiktok Salsa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deeazz dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh trifatoyah
Halaman 1 dari 2
Reserved
profile-picture
makola memberi reputasi
Alasan mengapa anak-anak kurang menggemari lagu anak
profile-picture
profile-picture
makola dan Cintabening memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mungkin karena sekarang udah ga ada lg penyanyi idola anak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deeazz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Anak-anak sekarang lebih hafal lagu tiktok sama woyo-woyo dibanding lagu anak-anak..emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Luthfi98 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
jangan cuman bisa bilang miris sebagai ortu apa udah ngawasin dan ngajarin anak agar belajar sesuatu sesuai umurnya, bilang miris tapi ortu malah minta di temenin anaknya buat nonton sinetron yang soundtracknya cinta-cintaan kan lucu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kemajuan teknologi dan banyaknya karya aliran music techno yang berbaur dengan popdut remix yang memeng enak didengar untuk kalangan milenial lebih mudah untuk joget dan mudah dihafalkan
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Jaman udah gadget ya begitu gan. Lagian lagu anak juga udah ga ada kayanya
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Karena anak² itu fase meniru. Kalo media tv, sosmed membombardir lagu dan tayangan yg tidak bermutu. Ya dari situlah mereka kebentuk, dan meniru. Liat aja tiktod, Kpop. Yg laki² bisa lebih lentur joged dr pada cewek 😭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Luthfi98 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Anak-anak sekarang lebih senang joget tiktok daripada menyanyi lagu balonku ada lima.
profile-picture
profile-picture
Luthfi98 dan trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau ponakan ane lebih keren lagi dengerinnya lagu kpop, pop song ala barat padahal baru 6 taun emoticon-Hammer (S)
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Anak tetangga malah nyanyi lagu2 avenged sevenfold. Gimana tuh?emoticon-Leh Uga

Miris Ketika Mendengar Anak Menyanyikan Lagu Dewasa, Kenapa Tidak Menyanyi lagu Anak?
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
alhamdulillah anak anak ane ga suka nyanyi lagu dewasa, ane kasih pilihan nyanyikan lagu anak anak atau nggak usah nyanyi.
Dan kebetulan ane/istri juga ga suka/jarang nyetel lagu lagu dewasa didepan anak2; jadi intinya sebelum melarang berikan contoh, itulah pengorbanan kita sebagai orang tua.

Dan alhamdulillah anak ane aja yang gede SMA itu ga punya facebook, tiktok, twitter, IG-an dll. Kenapa, simple aja karena ane dan istri juga gak FB-an, IG-an, tritter-an dll.... hehehe
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bocah2 warnet jaman dlu di tempat ane nyanyinya lagu " gara2 rasta"emoticon-Ngakak
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wow mantap, sis menciptakan lagunya juga ya atau hanya liriknya?
Kalo ngomongin musik/lagu itu yg utama melodinya dulu harus enak dinikmati, lirik sebagus apapun ga bikin diingat kalo melodinya ga "nancap" ke kuping, kan yg lagi mau dinikmati lagunya.
Karna konteks di sini adalah lagu anak, memang sebaiknya disisipkan lirik yg mengandung pesan2 moral, mendidik, dan yg semacam itu. Lagu2nya ibu Soed, bu Kasur, pak Kasur, dll yg legend itu contoh lagu2 yg bisa me-combine antara lagu yg ear catching dengan lirik yg sarat pesan moral utk anak2 emoticon-thumbsup
Lanjutkan cipta menciptanya sis, baik lagu ataupun liriknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Luthfi98 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
karena ga ada penyanyi anak dan lagu2 anak2 yg baru
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Jumlah lagu anak anak gak sebanyak lagu orang dewasa.....
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:

Bisa jadi
Quote:


Nah mungkin
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:

Gitu ya
Quote:


Ada tapi gak banyak
profile-picture
Rohmatullah212 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Penyebabnya sih karena lagu anak2 skrg banyak di tujukan cuma buat permainan doang, ga ada sosok / idola yg nyanyiin atah di ikutin kyk dulu. Dan juga kemajuan teknologi membuat bocli jaman skrg jadi lebih gampang nyari lagu dewasa ketimbang lagu anak2 yg rata2 juga di tayangin dari kartun aja.
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan Luthfi98 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
efek kebanyakan minum susu sapi ketimbang ASI ya kayak gini....dewasa lebih cepat kayak ... emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di