CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Orang Cina Itu Mayoritas Kaya. Fakta Atau Mitos?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61028430b899214ff04d8625/orang-cina-itu-mayoritas-kaya-fakta-atau-mitos

Orang Cina Itu Mayoritas Kaya. Fakta Atau Mitos?

Orang Cina Itu Mayoritas Kaya. Fakta Atau Mitos?

Banyak yang bilang kalau orang cina itu mayoritas kaya atau mampu secara ekonomi. Biasanya sih orang cina itu punya toko yang besar dan mempekerjakan banyak pegawai sehingga mungkin saja inilah yang menjadi awal dari stereotip masyarakat tersebut.

Jika menggunakan standar bank dunia maka sekitar 13 persen masyarakat cina berada dalam kemiskinan. Dengan jumlah penduduk sebanyak 1,4 milyar maka ada sekitar 182 juta orang miskin di negara cina.

Tapi itu di Cina, bagaimana dengan orang cina yang ada di Indonesia?

Orang Cina Itu Mayoritas Kaya. Fakta Atau Mitos?

Di wilayah tempat saya tinggal ada beberapa orang cina dan memang kebanyakan dari mereka memang sukses dengan usahanya masing-masing (yang mana semua punya toko). Saya sih belum pernah ketemu orang cina yang tidak kaya dan tidak punya toko.
Di film-film atau dimanapun orang cina memang seringkali diperlihatkan sebagai pemilik toko sukses yang bagi-bagi angpau saat imlek tiba. Contoh orang keturunan cina kaya di Indonesia adalah Hartono bersaudara yang sekalligus merupakan orang terkaya di Indonesia.

Jadi kalau ada orang yang bilang keturunan Cina di Indonesia itu mayoritas kaya maka jawabannya benar. Memang tidak semua tapi mayoritasnya.

Mau tau kenapa orang keturunan Cina bisa kaya? Dari beberapa hal yang saya amati dan saya tanyakan langsung beginilah kira-kira mindset mereka dilatih untuk berpikir:

Jangan tinggalkan toko

Orang Cina Itu Mayoritas Kaya. Fakta Atau Mitos?

Ini hal yang jarang saya lihat pada toko-toko orang indo, terutama yang berbentuk ruko. Banyak orang yang menjaga toko namun sering 'menghilang' seolah tak takut tokonya kemalingan, bahkan kasir indomaret aja sering nggak kelihatan saat hendak bayar.

Nah, orang keturunan Cina tidak diajarkan seperti itu. Mereka selalu menjaga tokonya dengan sabar dan tidak pergi kemana-mana. Tak jarang saya melihat mereka makan dan ngerjain pr sekolah sembari menjaga toko. Jika hendak meninggalkan toko pun mereka akan memastikan ada orang lain yang menjaga sebelum pergi. Dengan sifat seperti ini mereka memberikan kesan bahwa toko tersebut benar-benar tersedia selalu.


Jangan malas kerja setiap hari

Orang Cina Itu Mayoritas Kaya. Fakta Atau Mitos?

Coba lihat toko-toko di sekitar Anda yang tidak dikelola oleh orang keturunan cina, berapa kali mereka tutup dalam seminggu? Atau apakah mereka sering buka tutup dengan tidak beraturan? Kalau keturunan cina sih diajarkan untuk buka toko setiap hari meski hari besar sekalipun. Sifat orang-orang ini membuat pelanggan tahu harus melangkah kemana jika butuh sesuatu disaat genting. Saya sendiri cukup kesulitan mencari sesuatu di hari minggu namun toko keturunan cina ini memang selalu available.


Menabung dan jangan berhutang

Orang Cina Itu Mayoritas Kaya. Fakta Atau Mitos?

Banyak yang sering bilang kalau orang cina itu pelit. Okay, ada benarnya. Orang-orang keturunan cina diajarkan untuk selalu menabung sebanyak mungkin uang yang mereka bisa dan mungkin itu sebabnya mereka tidak mau meminjamkan uang ke orang yang jelas-jelas tidak akan mengembalikan uang tersebut. Orang keturunan cina diajarkan untuk menabung setidaknya separuh pendapatan mereka agar jika ada kebutuhan mendesak mereka tidak perlu sampai berhutang. Bagi keturunan cina berhutang adalah haram.

Kenapa berhutang itu haram? Karna berhutang itu sama seperti candu. Awalnya cuma sekali namun kemudian ketagihan hingga tanpa sadar kita sudah terjerat dalam begitu banyak hutang yang tak mampu kita bayar. kecanduan ini jugalah yang membuat orang menganggap membayar hutang itu tidak penting dan jadi lebih galak jika ditagih.


Membeli hanya jika mampu untuk dibeli

Orang Cina Itu Mayoritas Kaya. Fakta Atau Mitos?

Sekali lagi, bagi orang keturunan cina berhutang itu haram dan karna itu jugalah mereka tidak membeli sesuatu secara kredit, malahan saya jarang ngelihat tetangga cina saya membeli barang baru yang tidak perlu. Jika memang ingin membeli barang mereka akan menabung sampai uangnya cukup untuk membeli sepuluh barang tersebut. Dengan cara seperti itu mereka tidak akan pernah kehabisan uang atau merasa melakukan suatu pembelian besar.

***

Tentunya tidak semua orang keturunan Cina seperti itu. Ini hanyalah gambaran umum tentang perbedaan pola pikir yang bisa menghasilkan perbedaan yang begitu besar. Kalau orang indo pengennya modal kecil untung gede maka orang cina tidak pernah masalah dengan untung kecil dan itulah yang membuat mereka berani bersaing, berani mencoba.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 54 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Saya suka kesal sendiri kalo ngelihat ada orang yang teriak 'CINA CINA CINA' atau singkatnya berbuat rasis. Padahal secara mindset orang keturunan itu lebih unggul dari pribumi. Harusnya kita belajar dari mereka.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
macarone dan 33 lainnya memberi reputasi
Lihat 58 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 58 balasan
Pernah pas sd punya teman orang cina dan dia nggak pernah kelihatan jajan di kantin padahal orangnya kaya lo. Punya toko juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Y emg cara startegi mreka berdagang bagus gan
Beda dg inlander

Klo d amatin psti taw deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Itu mitos...

________emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Itu mitos, tapi kalau orang cina yg rajin, ulet dan pekerja keras itu kayaknya fakta.
(Walau tiap manusia yg bego dan malas pasti ada)
Orang cina itu ulet gan, tak pantang menyerah dan pekerja keras, makanya mereka banyak yg berhasil.
Tak cuma orang Chinese Tionghoa Indonesia, orang yg satu ras di China, Hong Kong atau Taiwan pun punya etos kerja yg sama.
Makanya banyak perusahaan pakai TKA China, gw akui orang mereka itu rajin dan jauh lebih ulet kerja nya ketimbang orang Indonesia asli.
Itu sudah karakter mereka sejak dulu kala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Remif dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rachmadkhoirul
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Mitos itu, di kota banyak juga mereka yg blangsak. Hanya saja semangat untuk survive mereka lebih tinggi dibandingkan kita pribumi yg biasanya udah merasa cukup, makanya mereka kerja keras untuk mencapai hidup cukup layak bahkan lebih. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caesarming dan 5 lainnya memberi reputasi
Coba main ke daerah tangerang bagian utara gan, disini banyak keturunan tionghoa yang kerjanya jadi petani sama melihara kebo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rtrn dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Sebenernya kita semua tau kenapa orang keturunan china itu lebih kaya, tapi kebanyakan dari kita tidak mau meniru cara mereka.
Dan kenapa kebanyakan dari kita tidak suka dengan mereka, sebab nya 2. Karena mereka lebih kaya dan karena beda agama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lugy dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Sebenernya msh bnyk yg bisa dijadiin pelajaran salahsatunya mereka punya jaringan yg kuat

Toko cina supliernya dr toko cina & konsumennya juga org cina, saat pinjam ke bank yg punya bank juga org cina

Mereka juga ga saling sikut kalo ada org cina yg lain yg lebih sukses
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
di sekitaran pasar baru ada orang cina menjajakan kerupuk plastikan dari ruko ke ruko, biasanya sama anaknya yang cewek emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

by the way.. kalau survival awareness, etos kerja dan kemampuan nyari 'celah' mereka setingkat diatas pribumi.

fyi 'hobi' mereka mahal lho emoticon-Maluemoticon-Maluemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


lah di belitung malah ada yang jual bensin eceran bro emoticon-Ngakak (S)

==

karena TS pakai kata 'mayoritas', ya emang fakta sih emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caesarming dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pernahcakep
Fakta karena mindset orang china itu kebanyakan membeli Asset, Menabung, Pengusaha
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ih.sul memberi reputasi
Sampe ada nasehat yg kalo kata ane sih sedikit gila
"Lo tau gak modal dasar lo apa, lo itu orang china tau itu modal lo"
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Kalo Mayoritas sepertinya iya, tapi cina miskin seumur hidup, busuk pula lagi hatinya, juga ada walau tak sebanyak yang wajar .... Ane pernah ketemu 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bisnis sama orang china sekali percaya bakalan percaya doi dan sekali bohongin bakal ditinggal elu ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
juman dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hahhaha, mau kaya mah Nipu, mana ada kaya hasil kerja keras, taaaeee****kkk kucing, ga ada ! klo ada yg blg ada, munafik, coba sini gw liat laporan keu nya,
gw liat sini Lap Hutang Bank nya dibanding collateralnya, sama laporan pajaknya, ga usah munafik lah, mau kaya ya nipu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PiranH.Jr dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
kalau kata ibu khususnya orang keturunan yang di Indonesia karena jaman dulu tidak mendapat kesempatan yang sama menjadi PNS atau pegawai pemerintahan makanya lebih banyak yang berdagang.. jadi lah mereka lebih kuat dan bisa berjuang di keadaan apapun...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seojoon dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh regulbotuna
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
faktanya sih di belahan bumi dan dunia manapun masih ada orang miskin, paling cuma ada yg ngaku ada yg gk ngaku
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Menurut ane sudah budaya masing masing sich gan, cb cek budaya dr setiap daerah , itu lah yg membentuk mereka dalam menjalani kehidupan ini.
selalu punya kembalian meskipun baru buka pintu.. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di