CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bakal Berkeliaran di Jalan RI, Kapan Mobil Tanpa Sopir Mulai?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610270b08cb2f25b302b36c1/bakal-berkeliaran-di-jalan-ri-kapan-mobil-tanpa-sopir-mulai

Bakal Berkeliaran di Jalan RI, Kapan Mobil Tanpa Sopir Mulai?

Bakal Berkeliaran di Jalan RI, Kapan Mobil Tanpa Sopir Mulai?

Jakarta,CNBC Indonesia- Implementasi autonomous vehicle atau mobil tanpa pengemudi di Indonesia belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Hanya saja persiapan infrastruktur kendaraan otonom sudah harus dilakukan dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, menjelaskan transformasi combustion engine atau mesin konvensional itu menuju electric vehicle, juga pada akhirnya pada penerapan autonomous. Bicara prediksi global perubahan itu akan terjadi pada kurun waktu kurang dari 10 tahun.

"Untuk transformasi dari combustion engine kepada autonomous vehicle, itu kondisi yang sudah optimistis artinya akan hybrid antara autonomous dan non autonomous. Kerja kami di jalan tol itu untuk mempersiapkan infrastrukturnya," kata Danang dalam Webinar 'Promoting Intelligent Toll Road System in Indonesia', Kamis (29/7).

Danang menyampaikan sampai saat ini infrastruktur untuk kendaraan otonom masih dalam pembahasan. Nantinya untuk tahapan awal akan diterapkan pada suatu daerah untuk pilot project. Namun belum ditentukan tempatnya saat ini.

"Kita akan laksanakan pilot, dan dugaan kami pilot project itu akan dilaksanakan dalam waktu 5 tahun ke depan. Tentu saja akan bekerja sama dengan BUJT dan teman asosiasi tol, untuk dimana pilot ini akan kita lakukan," jelasnya.

Namun menurut Danang, prospek terbesar yang sudah dibicarakan juga dengan Kementerian Perindustrian, yakni autonomous trucks atau kendaraan otomatis tanpa pengemudi truk, untuk angkutan barang. Itu berimbas pada efisiensi logistik, peningkatan keselamatan kendaraan barang, dan pengurangan kerusakan barang akibat overload dan over dimension.

"Ini masih kita jajaki terus pilotnya belum menentukan dimana, kita pasti akan mengharapkan teman dari internasional membantu proses itu. Tapi bicara timeline 10 tahun autonomous, tapi persiapan infrastruktur dalam kurun waktu 5 tahun ke depan," katanya.

Selanjutnya juga tergantung dari regulasi mengenai kendaraan otonom ini, juga pengembangan infrastruktur jalan. Supaya adanya sinkronisasi antara kondisi jalan dengan kendaraannya.

CEO NTS Internasional, Alexander Bondarenko mengatakan mengatakan tahun lalu penerapan autonomous truck dilakukan pada kota tidak jauh dari kota Moskow. "Kita bersedia memberikan solusi atas tantangan implementasi ini kepada Indonesia," katanya.

Dia menjelaskan autonomous truck butuh infrastruktur khusus untuk diimplementasikan. Uji coba dilakukan pada ring road yang berada di dekat Moskow, yang sudah memiliki fasilitas control center, dan akan diluncurkan resmi pada 2022.

"Akan diluncurkan resmi pada 2022. Jadi jika ada kesempatan untuk berpartisipasi dalam pilot project autonomous vehicle di Indonesia kami dengan senang hati untuk berpartisipasi," katanya

Spoiler for Mobil Tanpa Pengemudi:

Bakal Berkeliaran di Jalan RI, Kapan Mobil Tanpa Sopir Mulai?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
Pertamax Gan..

Ane rasa autonomous vehicle bakalan banyak kedepannya apalagi teknologi yang mulai masuk ke mobil biasa sudah ada kayak anti collision, lane departure dll. Tapi peran pengemudi beneran masih dibutuhkan.

emoticon-Ngacir2
SIM A ntar apa kabar? emoticon-Ngakak
Marka jalan bikinnya asal2an apa ga pusing ITnya Tesla? Indonesia gitu loh
Yg disopiri manual aja disasarin gmaps apalagi autonom.
jangan gan,, ane saranin jangan 😂 yg ada supirnya aja begini
Nyetir pakai cruise control, tanpa injek gas aja ane ga nyaman, apalagi tanpa supir ya...


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di