CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Aturan Makan 20 Menit di Rumah Makan Jadi Olok-olok, dr Reisa Kasih Jawaban Ilmiah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61020bafe1279c3e500f0665/aturan-makan-20-menit-di-rumah-makan-jadi-olok-olok-dr-reisa-kasih-jawaban-ilmiah

Aturan Makan 20 Menit di Rumah Makan Jadi Olok-olok, dr Reisa Kasih Jawaban Ilmiah

Aturan Makan 20 Menit di Rumah Makan Jadi Olok-olok, dr Reisa Kasih Jawaban Ilmiah

SuaraLampung.id - Pemerintah membatasi waktu makan di rumah makan atau restoran hanya selama 20 menit di masa PPKM.

Aturan makan 20 menit di rumah makan selama PPKM ini menjadi olok-olok di media sosial. 

Bahkan di media sosial beredar luas meme mengenai makan 20 menit di rumah makan selama PPKM.

Juru bicara Pemerintah untuk COVID-19 dan Duta Perubahan Perilaku dr Reisa Broto Asmoro memberi jawaban mengenai hal ini.

Reisa menyebut studi Internasional menyatakan butuh 20 menit untuk otak manusia memberikan sinyal kenyang setelah makan.

"Ini juga diterangkan oleh ahli gizi, bahwa pada menit ke-20 itulah hormon kenyang dan puas itu muncul," ujar Reisa dalam konferensi pers mengenai PPKM secara daring di Jakarta, Rabu (28/7/2021) dilansir dari ANTARA.

Hal tersebut dipaparkan Reisa terkait banyaknya yang mempertanyakan soal aturan Pemerintah yang membatasi makan di tempat selama 20 menit bagi pengunjung rumah makan atau restoran selama masa PPKM bisa dibungkus atau dibawa pulang," ujar Reisa.


Seperti diketahui, Pemerintah resmi memperpanjang PPKM Level 4 di beberapa wilayah di Jawa dan Bali hingga 2 Agustus mendatang guna menekan laju penularan virus corona.

Dalam aturan baru yang tercantum di Instruksi Meneri Dalam Negeri Nomor 24/2021x kini masyarakat diperbolehkan makan di warung makan dan pedagang kaki lima.

Dalam PPKM Darurat dan PPKM Level 4 sebelumnya, restoran, warung makan hingga PKL tidak diperkenankan melayani pengunjung makan di tempat. Mereka hanya menjual makanan untuk dibawa pulang.

Aturan tersebut tertulis bahwa warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimum waktu makan setiap pengunjung 20 menit.

https://lampung.suara.com/read/2021/...lmiah?page=all

Terima kasih dr. reisa atas penjelasan ilmiah nya.. emoticon-Malu (S)

Tapi akan lebih baik lagi juga d tambahkan hadist tentang makan.. Karena kaum sebelah itu ga masuk istilah ilmiah.. emoticon-Malu (S)

Quote:


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badak.laut dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 3
Indon pemalas ...
abis makan ngopi dulu, trus ngobrol2, godain cewe ...

abis itu masuk kerja lagi jam setengah dua ...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalo dr. Reisa Berotot yg blg, tentu gue akan samiah wa atonah.

Ku tunggu jandamu, Dok.

emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
mengapa 20 menit?
karena

Aturan Makan 20 Menit di Rumah Makan Jadi Olok-olok, dr Reisa Kasih Jawaban Ilmiah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Habis makan langsung kerja.. jam istirahat juga langsung kerja ya drun ga usah istirahat
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan valkyr9 memberi reputasi
Diubah oleh gmc.yukon
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Sbnrnya yg dipermasalahin, apa sanksi nya kalo lebih dari 20 menit? Siapa yg mengawasi waktu 20 menit itu? Polda metro aja bilang gak sanggup ngawasi 1 1

Shrsnya solusi lebih baik kapasitas dikurangi 50% atau jaga jarak. Buat aturan dipikirkan juga eksekusi dan pengawasannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
Aturan Makan 20 Menit di Rumah Makan Jadi Olok-olok, dr Reisa Kasih Jawaban Ilmiah

Aturan Makan 20 Menit di Rumah Makan Jadi Olok-olok, dr Reisa Kasih Jawaban Ilmiah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 4 lainnya memberi reputasi
Ya kl gak urgent kan bisa bungkus aja, tujuannya kan emang kasih "keringanan" para penjual aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 10 lainnya memberi reputasi
ilmu gitu gak nyampe sama masyarakat sini. mending bungkus aja lah. makan ngemper juga gak hina kok.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
sebelum covid juga dokter anak2 gw juga udah pesen, makan optimal itu 30 menit maksimal

apalagi buat anak jangan lama2 mknnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
Buat aturan kok yang mustahil dipraktekkannya

Pakai berpikir tidak ya waktu buat aturan ?

Paling nalar itu seharusnya pedagang makanan dilarang melayani makan di tempat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sleipnir9 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
profile-picture
imaginaerum memberi reputasi
Kebanyakan ngobrol sama ngerokok...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 3 lainnya memberi reputasi
Kenapa gak balik ke peraturan awal aja yaitu gak boleh makan ditempat harus take away. Toh warung, resto maaih bisa tetap buka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
carra16 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Buat makan cukup..
Buat sebat atau segame dulu, ya gak cukup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.am.legend. dan 2 lainnya memberi reputasi
Makan itu tidak lama. Yah kecuali lg rame dan antri. Makanya bagus nya take away. Lalu biasakan, habis makan, itu jgn nongki2 rokok, gosip..lsg balik kantor, istirahat tidur siang bentar pun sudah ok. Drpd nongkrong apa yg di bahas kecuali ghibahin org emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bungkus saja kenapa musti 20 menit, virus cuma perlu 1 menit untuk menular
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan valkyr9 memberi reputasi
mungkin lebih tepat kalau makan 20 menit itu hanya sebuah imbawan dan jelasin jawaban ilmiah nya dari awal,
bukan aturan yang mengikat. jadi kesadaran diri aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 3 lainnya memberi reputasi
Trus kira2 butuh berapa menit Virus bisa menular ke orang lain tante Reisa ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imaginaerum dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
udah sih, ga perlu dijelasin,
biarlah alam melakukan tugasnya, yg mati kena kovid ya anggap aja takdir, kalo udah berhati hati, udah ihtiar jaga prokes tp masih mati kena kovid ya anggap aja nasib.
kasihan pemerintah capek capek mikirin gimana cara ngatasin pandemi, rakyatnya banyak yg ga percaya, dah bener dari awal herd immunity, biar alam yg memilih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 4 lainnya memberi reputasi
Nyimeng aja bre...mantan ane soale yg ngomongemoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di