CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bansos Warga Depok Disunat Rp50 Ribu, Diklaim demi Ambulans
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6101ed186fa88b4ab27ad280/bansos-warga-depok-disunat-rp50-ribu-diklaim-demi-ambulans

Bansos Warga Depok Disunat Rp50 Ribu, Diklaim demi Ambulans

Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang warga Kota Depok, Jawa Barat, melaporkan dugaan pemotongan jatah bantuan sosial (bansos) Covid-19 miliknya yang dipotong oleh aparat RT dan RW sebesar Rp50 ribu dari Rp600 ribu yang seharusnya ia terima.

"Min, kemaren saya anter istri ambil bansos sebesar Rp600 ribu. Tapi dipotong Rp50 ribu oleh mereka dengan alasan bensin ambulan. Semua orang yang ambil bansos di sana langsung dipotong Rp50 ribu," demikian bunyi laporan warga yang seperti diunggah akun Instagram @Depok24jam, Rabu (28/7).

Akun tersebut telah mengizinkan video itu untuk dikutip. Kasusnya sendiri terjadi di RT 06 RW 05 Kelurahan Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Dalam slide unggahan tersebut, Ketua RW 06 Kuseri mengaku melakukan pungutan, bukan pemotongan.

Menurut dia, pungutan itu merupakan kesepakatan antara ketua RT, RW, dan pengurus posko siaga Covid-19 di wilayah tersebut. Pungutan itu digunakan untuk perbaikan mobil ambulans bersama yang turun mesin.

Selain itu, untuk penggantian aki dan penyediaan kain kafan gratis buat warga yang memerlukan.

"Kalau ada musibah kita kasih gratis, salah satu terobosan kami seperti itu. Mengklarifikasi bahwa kita tidak memotong untuk bansos. Kita mohon bantuan donasi untuk perbaikan mobil ambulan," kata dia dalam klarifikasinya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana membenarkan dugaan potongan bansos oleh perangkat desa di Kelurahan Beji. Ia mengaku telah memerintahkan lurah dan camat untuk melalukan investigasi dalam kasus itu.


Meski begitu, Usman mengaku heran dengan kabar tersebut. Pasalnya, uang bansos mestinya telah diantarkan langsung PT POS dan diberikan secara tunai.

"BST itu disalurkan oleh PT Pos, secara tunai ya kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat). Kemudian saya bingung, gimana motongnya. Kalau tidak diterima KPM kan enggak boleh," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (28/7).

Ia mengaku telah memerintahkan jajarannya agar potongan bansos kembali diberikan kepada warga. Menurut Usman, apapun alasannya, pemotongan uang bansos tak bisa dibenarkan. Ia juga menolak alasan bahwa uang tersebut digunakan untuk operasional ambulans.


Terkait sanksi, ia menyebut kewenangan tersebut berada di tangan camat dan lurah. Sementara, ia belum menerima dugaan kasus serupa terjadi di wilayah lain di Kota Depok.

"Tentunya, dengan dalih apapun tidak boleh dilarang ada pungutan apapun kepada KPM. Harus utuh sampainya," pungkasnya.

Depok mah emang parah birokrasinya


tempat rekan gw aja ada kena pungli dari yayasan yatim piatu berlabel islam.

minta duit pake dalil dengan nominal berubah-ubah 200 - 350rb buat santunin anak yatim piatu.

ketua rt tau, warga disana juga ada pegawai kelurahan juga diem aja.

bobrok memang kota depok ini








profile-picture
profile-picture
profile-picture
b.omat dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
suka-suka pak erte lah.emoticon-Ngakak
situ kalo bukan sahabat dan kerabat ya jangan macam-macam, sudah untung dikasih jatah.emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
50 rb kali berapa warga disana dengan alasan duit bensin emoticon-Big Grin sugeh tu.

Culas bener jadi manusia, pemerintah pdhl sengaja anggarin buat rakyat eh pake potong potong segala, 10 rb juga dah maksimal minta jatah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 3 lainnya memberi reputasi
Brengseknya mesti ada surat pengantar rt rw ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 5 lainnya memberi reputasi

"Kalau ada musibah kita kasih gratis, salah satu terobosan kami seperti itu. Mengklarifikasi bahwa kita tidak memotong untuk bansos. Kita mohon bantuan donasi untuk perbaikan mobil ambulan," kata dia dalam klarifikasinya

Kalo donasi ya tanya warga nya dulu dong mau apa gak, sukarela lah

Ini kok awalnya bilang bukan pemotongan, tapi pungutan, sekarang jd donasi. Ngeles teeross kalo uda ketawan dan kepepet emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh clcyep
Subonnolloh, PKS terinspirasi wan abud yg malak 25 rb buat ongkir + packing. Plus duit sapi/ayam dibelanjain sarden emoticon-Nyepi

Bansos Warga Depok Disunat Rp50 Ribu, Diklaim demi Ambulans
Bansos Warga Depok Disunat Rp50 Ribu, Diklaim demi Ambulans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.anus
"Harusnya bersyukur masih dikasih"

-babi
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan gabener.anus memberi reputasi
Ya wajar lah..... Lah menterinya aja puluhan milyar ya yg dibawsh mencontoh.

Budaya kriminal itu mencontoh dan meniru serta mencoba. Coba pengatur nrgara ini membeti contoh baik....

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kesempatan didalam kesempitan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Kandang partai sund3l
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 3 lainnya memberi reputasi
Bansos Warga Depok Disunat Rp50 Ribu, Diklaim demi Ambulans

then apa kabar soal korupsyen fasiliti damkar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
Emang kas RT/RW ga cukup? Kas masjid ga boleh buat perbaikan ambulance??
Emang ga bisa bikin proposal perbaikan yg dibebankan ke semua warga ga cuman penerima bansos doang???
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Yaah Walikotanya aja mau malakin kantor kok, ga heran kalo level RT / RE ikutanemoticon-Ngakak (S).
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gila x ya. Pejabat tingkat rendah pada tutup mata klo begini. KPK harusnya turun. Biar ada shock therapy buat koruptor kecil2an.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pemkot depokemoticon-Betty
sakit jiwa tuh orang, bantuan masih aja dikorupsi, laknat dan jahanam
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
Udah modus preman lah ini, datang tinggal kasih tanda terima sumbangan utk nominal Rp sekian, mau ga mau ya mesti ngasih segitu

Sama persis
Alasan klasik yang paling sering saat pemotongan bansos itu adalah donasi, sedekah keagamaan, iuran lingkungan, pemerataan terhadap warga miskin yang namanya tidak terdaftar , dst

Apapun alasannya , seharusnya bansos apapun harus sampai 100% ke tangan penerima, jika ada kepentingan lain2 bisa diminta secara sukarela di even terpisah
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gabener.anus memberi reputasi
Masih gunain tangan kanan nggak nih emoticon-Ngakak

Kader PSK mana suaranya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
Malak itu sih..
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
buat ambulan emoticon-Ngakak (S)
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di