CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61011cf2c0a8d471170532f1/makanan-khas-kudus-favorit-ane-gansis-wajib-coba

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!

Kudus dahulu dijuluki sebagai kota santri. Julukan ini tentu saja memiliki alasan, sebab daerah ini kehidupannya kental dengan nuansa islam. Bahkan pada abad pertengahan,  kota ini merupakan salah satu pusat perkembangan agama islam di Pulau Jawa. 

Sekarang ini Kudus lebih dikenal dengan kota kretek. Bahkan hal itu jelas terlihat saat kita memasuki kota Kudus dari arah Semarang. Kita akan disambut icon kota yang berbentuk daun tembakau yang begitu besar. Penampakan daun icon daun tembakau ini akan semakin indah apabila dulihat di malam hari, karena dihiasi lampu-lampu.

Bisa dimaklumi, karena Kudus merupakan tempat berdirinya perusahaan rokok terkenal, Djarum Kudus yang di kota ini berada di beberapa tempat. 

Selain potensi wisatanya seperti Air Terjun Kali Banteng, Wisata Alam Semliro, Air Terjun Montel, Brown Canyon, Waduk Logung, The Gill's Vaganza, Bukit Puteran, Kali Cengkal, Air Terjun Watu Gompeng, Air Terjun Padas Awu, Kudus juga menyimpan kuliner khas yang begitu nikmat.

Di Kudus sangat lumrah didapati makanan berbahan daging kerbau. Hewan yang biasanya dipakai untuk membajak sawah di era-era yang lalu, kini memang semakin tersingkir kegunaannya seiring dengan adanya traktor. Kalau di Kudus, daging hewan ini lumrah digunakan sebagai olahan makanan sehari-hari. Warung-warung sate atau soto kerbau. Namun, sayang sekali, ane tidak begitu menyukai daging dari hewan ternak ini. Gansis yang suka coba-coba kuliner unik, bisa mencobanya.

Kuliner Khas Kudus yang menjadi favorit ane sendiri adalah

1. Lentog Tanjung

Makanan ini akan langsung menjadi tujuan wisata kuliner ane sejak dulu, ketika berkunjung ke kota ini. Makanan yang terdiri dari lontong dan sayur gori (nangka muda) yang dicampur dengan potongan tahu dan dimasak dengan bumbu khusus ini memang sangat cocok di lidah ane. Biasanya, lentog tanjung ini dilengkapi dengan lauk sate ayam, sate usus, maupun sate telur puyuh. Soal harga, Agan dan Sista gak perlu takut, karena rata-rata lentong Tanjung satu porsinya dijual dengan harga 5000 rupiah, dan sate dijual 3000 rupiah per tusuknya. Cukup murah kan?

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!
Sumber: Dokumen Pribadi

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!Sumber: Dokumen Pribadi


2. Soto Kudus.

Kalau mau makanan berkuah dan segar tanpa santan. makanan inilah pilihannya. Soto yang berbahan daging ayam ini, memiliki bumbu khusus yang berbeda dengan soto di kota lain. Aroma bawang putih gorengnya begitu kuat dan menggugah selera. Biasanya soto kudus ini juga dilengkapi dengan sate ayam, sate usus, dan sate telur puyuh. Harga ber porsinya bervariasi.

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!
Soto Kudus
Sumber: Dokumen Pribadi

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!
Pelengkap sajian soto kudus
Sumber: Dokumen Pribadi


3. Garang Asem Ayam.

Bahan garang asem bisa berupa daging kerbau atau daging ayam. Kalau favorit ane tentu saja yang berbahan dasar ayam. Olahan daging ayam ini dilengkapi dengan bumbu khusus dan potongan cabe dan tomat hijau sehingga citarasanya begitu enak dan segar. Makanan ini dimasak dengan cara dikuskus. Jadi kalau Agan Sista menghindari makanan yang digoreng, Garang Asem Ayam ini bisa menjadi pilihan menu.

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!
Garang asem ayam


4. Nasi Pindang

Pindang bisa berupa daging kerbau atau ayam. Tapi pindang yang ane suka adalah yang berbahan dasar ayam. Masakan ini dimasak dengan bumbu kluwek untuk yang berbahan dasar daging kerbau dicampur daun melinjo, dan bersantan. Masakan ini hampir mirip dengan rawon Jawa Timur, hanya yang membedakannya adalah kuahnya bersantan, sedangkan rawon tidak. Selain itu nasi pindang dicampuri daun melinjo, sedangkan rawon ditaburi irisan daun bawan dan kecambah. Untuk rasa, sudah pasti sama-sama lezatnya, Untuk yang berbahan ayam dimasak tanpa kluwek. 

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!Pindang ayam
Sumber: Dokumen Pribadi

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!Pindang Kerbau


5. Tahu Telur

Dari namanya, sudah bisa ditebak bahwa makanan ini berbahan tahu dan telur yang digoreng melebar seperti pizza. Tahu telur ini disiram kuah kacang yang diuleg kasar yang dicampur dengan gula merah, sehingga mempunyai cita rasa manis pedas asin. Buat yang ingin makanan yang tidak terlalu berat, menu ini bisa menjadi pilihan. Rasa dari masakan ini menurut ane mirip tahu campur Magelang.

Makanan Khas Kudus Favorit Ane, Gansis Wajib Coba!

Nah, Gansis, kalau sudah tidak PPKM dan ingin berjalan-jalan di Kudus, 5 makanan di atas recomended banget.

Terima kasih sudah membaca dan mampir di Thread ane, @cattleyaonly. Salam.

Sumber :
Opini pribadi
Gambar: Google dan Dokpri
Di Sini
Di Sini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Makanan favoris Gansis apa nih?
Enak semuanya
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pernah makan semua kecuali tahu telurnya
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sate kerbau nya kok ga masuk yak, pdhl jarang ad tuh d tempat lain...dl sempet makan di warung sate pak Min Jastro
profile-picture
profile-picture
black.robo dan cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sate Kudus yg paling terkenal sampai ke Jakarta
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Sate Kerbau depan RSUD enak tuch.
Jadi kangen ke Kudus & kuliner di Taman Bojana emoticon-Mewek
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Soto kerbau gan, enak tuh jgn lupa dong
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Soto Kudus, memang khas dan tidak ada lawannya...hmm yummy
Lentog Tanjung, cuma ada di kota Kudus doang...hmm yummy
Tahu Telur, sudah banyak ditiru oleh banyak kota..tapi yang ini memang unik...hmm yummy
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Soto kudusemoticon-Matabelo
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sego jangkrik sis 😁
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Oooh garang asem ayam dari kudus ya? Baru tau. Soalnya pernah coba di yogyakarta.
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Garang asem Gasasa favorit
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Belom pernah makan garang asem, enak kayaknya
profile-picture
profile-picture
seojoon dan cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Hmmm, wajib jadi buruan setelah PPKM nih.. Cusss ke kudus mih @delia.adel
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pagi2 gini udah dibikin laper aje emoticon-Mewek
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

Ayahhbbbbb
.
Quote:

Ogah ah gue kaga mau
profile-picture
profile-picture
69banditos dan cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
enak semua nih, jadi laparkan pagi-pagi
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Makan dulu
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pecel pakis colo muria, gw asli dari sana
profile-picture
cattleyaonly memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yang udah pernah dicoba cuma tahu telur, soto kudus, sama garang asem
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di