CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
7 Ciri Khas Bus Ekonomi di Jalur Surabaya-Jogja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6100f03495876d69897d273e/7-ciri-khas-bus-ekonomi-di-jalur-surabaya-jogja

7 Ciri Khas Bus Ekonomi di Jalur Surabaya-Jogja

Sumber Group dan Mira adalah dua bus yang berjasa bagi ane, bisa dibilang setelah lulus STM, untuk pergi merantau ke Malang, ane menggunakan jasa dari salah satu PO tersebut. Dulu ane harus transit di Surabaya untuk menuju Malang, turun di Terminal Bungurasih lalu menuju shelter bus ke arah Malang. Begitu pun saat pulang dari Malang, ane kembali transit ke Terminal Bungurasih, kemudian menuju shelter bus Jogja, lalu nanti ane turun di Maospati. Begitulah pengalaman ane merantau dulu gan sist.

Saat di Malang, bisa dibilang ane jarang pulang, pulang saat mendekati lebaran saja. Kemudian setelah dari Malang, ane melanjutkan perantauan di Solo. Di kota ini ane justru lebih sering pulang, paling tidak dua minggu sekali ane pulang. Karena memang pas hari Minggu, ane kebetulan libur. Karena jarak Solo-Maospati yang bisa dibilang dekat. Setiap Sabtu sore, pintu Timur Tirtonadi jadi tempat nongkrong favorit ane untuk menunggu bus ke arah Surabaya emoticon-Big Grin


Quote:



Ada hal menarik yang ane temui selama naik bus Ekonomi di jalur Surabaya-Jogja, bukan karena sopirnya yang ugal-ugalan di jalan, seperti apa yang dikatakan media dan netizen. Kalau ane perhatikan kedua bus ini punya ciri khas tersendiri, di mana ciri khas tersebut tidak akan disamai oleh bus yang lain di era modern ini.

Ciri khas tersebut mulai dari wiper, bodi, bahkan sampai stiker busnya punya ciri khas tersendiri gan sist emoticon-Big Grin Berikut ini beberapa ciri khas unik dari PO Sumber Group dan Mira, dimulai dari poin yang pertama ya emoticon-Angkat Beer


Quote:


Jika kita perhatikan dua foto di atas, dua bus ini punya desain wiper yang gak lazim gan sist, yakni wiper tegak. Selain itu di tengah-tengah kaca terdapat sekat kaca dengan desain vertikal, yang membelah kaca menjadi dua. Desain ini mengingatkan kita dengan bus zaman dulu, di mana bus zaman dulu memang banyak yang memakai desain wiper seperti ini. Di Jawa Timur sendiri hampir tidak ada operator bus AKAP yang menganut desain wiper tegak untuk armada busnya. Desain wiper tegak ini adalah salah satu ciri khas bus Ekonomi di jalur Surabaya-Jogja emoticon-Big Grin


Quote:


Perhatikan bagian atap kedua bus diatas gan sist, lihat tanda garis putus-putus yang ane berikan. Itu adalah ciri khas kedua dari PO Sumber Group dan PO Mira. Sebenarnya yang berada di atas atap tersebut adalah lampu variasi, kalau para kru kedua bus menyebutnya sebagai "lampu mayang". Lampu ini digunakan sebagai penanda sekaligus pembeda kedua bus tersebut, terutama saat di malam hari. Saat malam hari lampu tersebut akan menyala.

Ketika para penumpang hendak naik dari pinggir jalan pada malam hari, mereka akan mudah untuk mengenali bus tujuan Surabaya-Jogja dari lampu mayang yang menyala tersebut. Lampu mayang ini juga dipasang pada unit bus Patas dan Pariwisata dari kedua PO ini. Lampu mayang milik PO Mira berbentuk bulat, letaknya ada di tengah-tengah atap. Sedangkan lampu mayang milik Sumber Group berbentuk seperti lampu pada atap taksi, posisinya juga berada di tengah. Pada lampu ini biasanya dilengkapi dengan tulisan "Sugeng Rahayu" atau "Sumber Selamat".


Quote:


Pada sisi bodi sebelah kanan yang ane beri tanda garis merah, terdapat nomor pengaduan gan sist. Jadi jika selama perjalanan menggunakan kedua bus ini kalian menemukan hal yang tidak menyenangkan, kalian bisa menghubungi nomor tersebut. Tulisan stiker itu berbunyi "kritik & saran mohon sms 081xxx." Kalau menurut tulisan stiker, kritik dan saran bisa disampaikan via sms, tapi selama ini ane belum pernah menghubungi nomor tersebut. Mungkin sekarang sudah ada WA-nya emoticon-Hammer (S) Pemasangan nomor layanan aduan pada bodi bus memang sudah lazim digunakan, namun tidak semua PO mencantumkan layanan nomor aduan tersebut.

Yang kedua adalah yang ane beri tanda garis vertikal, di bagian sebelah kiri bodi persis di bawah kaca belakang bus Mira terdapat stiker "S7222US", sementara pada bodi bus Sugeng Rahayu terdapat stiker dengan tulisan "W7143UY". Kedua stiker ini mewakili plat nomor kendaraan masing-masing unit bus tersebut gan sist, stiker tersebut kalau di PO Mira hanya terdapat di bodi belakang, sementara pada Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat ada di belakang dan depan (dekat wiper).

Ane belum tahu, mengapa kedua bus ini menambahkan stiker plat nomor kendaraan pada bodi busnya. Kemungkinan hal tersebut untuk membedakan armada bus yang berjumlah banyak. Yang kedua, bisa jadi penanda untuk penumpang langganan keduanPO ini. Biasanya ada beberapa penumpang yang sudah langganan bus dengan plat nomor tertentu, dan mereka sudah mengenal kru bus tersebut. FYI untuk stiker nomor pengaduan dan plat nomor kendaraan ini juga bisa kita temui di dalam bus, biasanya stiker yang mnempel di kaca bagian dalam ini banyak dijumpai pada armada Sumber Group.


Quote:




Quote:


Ciri khas lain dari kedua PO ini adalah banyak memakai bodi bus bernama "Discovery", buat agan dan sista yang belum tahu, setiap bus di Indonesia itu punya bodi yang berbeda-beda. Bodi bus tersebut memiliki nama sendiri-sendiri. Nah, salah satu bodi bus yang paing banyak digunakan kedua PO ini adalah bodi Discovery buatan karoseri Laksana, Ungaran.

Boleh dikata, 90% bodi bus Sumber Group dan Mira didominasi bodi Discovery, meski sekarang kedua PO ini juga sudah mulai memakai bodi dengan sekat kaca seperti Jetbus. Namun, populasi bodi Discovery milik Mira dan Sumber Group masih cukup banyak. Bisa dibilang bodi ini identik dengan bus Ekonomi, maka tak heran PO lain di Jawa Timur yang meyediakan kelas Ekonomi juga memakai bodi Discovery. Pemakai bodi Discovery di Jawa Timur untuk kelas Ekonomi, misalnya Harapan Jaya, Dali Prima, dan Jaya.


Quote:



Baik Mira dan Sugeng Rahayu/Sumber Selamat, banyak memaki chassis bus bermesin depan buatan Hino, nama chasiss-nya Hino AK8. Ciri khas bus Hino yang bermesin depan adalah adanya "grill" alias saluran udara berbentuk lubang kecil pada bagian depan bodi bus. Di mana saluran udara ini berfungsi untuk membantu mendinginkan mesin bus. Seringkali beberapa armada bus degan mesin depan ini dibuka kap mesinnya, agar mesin tidak terlalu panas, seperti tampak pada ilustrasi di atas emoticon-Big Grin


Quote:


Ciri khas selanjutnya adalah adanya gorden yang dipasang pada kaca depan dan belakang gan sist, seperti terlihat pada foto di atas. Untuk Sumber Group warna gordennya identik dengan warna biru, sementara milik PO Mira biasanya berwarna merah. Sebelum berganti nama menjadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu, dulu gorden pada bagian depan tersebut bertuliskan nama "Sumber Kencono". Gorden di bagian depan ini sekaligus berfungsi sebagai sun visor, agar pandangan sopir dan penumpang tidak terkena sinar matahari (biar gak silau). Kalau kalian pernah naik bus di jalur Surabaya-Jogja, pasti tidak asing dengan gorden ini bukan ?


Quote:



Ciri khas yang terakhir, ketika kita naik bus Mira atau Sumber Group, pasti akan diputarkan musik dangdut. Kebanyakan lagu yang diputar adalah lagu yang dibawakan oleh orkes musik dangdut Jawa Timur, seperti New Pallapa atau Sera. Hampir semua armada bus pasti memutar lagu dangdut tersebut, dan setiap armada bus punya playlist yang berbeda-beda gan sist emoticon-Big Grin Kalau kru busnya lagi bosan memutar musik dangdut, kalian mungkin akan bisa melihat kartun Spongebob dalam perjalanan. Seperti tampak pada foto di bawah ini.

Quote:



Nah, demikian sedikit pengalaman yang ane bagikan kali ini terkait bus Sumber Group dan Mira, di mana selama bertahun-tahun menjadi penumpang di jalur tersebut ada beberapa ciri khas unik yang ane temui. Mulai dari stiker, bodi, sampai musik yang diputar dalam bus.

Sekian dulu tulisan ane kali ini, semoga pembahasan sederhana ini bisa menghibur sekaligus menambah wawasan agan dan sista semuanya. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Sumber Tulisan: Opini dan Pengalaman Pribadi
Ilustrasi Foto: Dokumentasi Pribadi & Grup Facebook SK Loverz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepala.hitam46 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 2
7 Ciri Khas Bus Ekonomi di Jalur Surabaya-Jogja

Pertamax diamankan emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black_robo dan 2 lainnya memberi reputasi
Sumber kencono rajanya jalur ini, eh ud ganti nama sekarang yak...dulu sering naik pas kkn d sambung macan sragentina, kl naik po ini banyak baca2 doa aja biar selamat sampai tujuan tp emang paling cepet sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kepala.hitam46 dan 2 lainnya memberi reputasi
Dulu baca berita tahun berapa gitu sempat ramai soal serobot trayek sampai pada baku hantam di tengah jalan.. tahun 90an ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seojoon dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ciri khas penunpang Sumber Bencono ehh Sumber Kencono terutama kl malam akan menjadi sangat religius krn banyak berdoa atau malah tidur sekalian emoticon-Ngakak

Pengalaman yg ngga terlupakan naik Sumber Kencono dari Kartasura ke Jogja, sopirnya masih kayak anak² lulus SMP. Seketika itu ane mengumpat dalam hati sekaligus menjadi sosok religus krn berdoa sepanjang perjalanan emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Salah satu branding.nya yaitu AC Tarif Biasa emoticon-Big Grin

Karena ada kesepakatan, bis ini gak pernah naikin penumpang di jalanan Yogya-Solo (selain anggota militer). Tapi karena branding di atas, penumpang ruas ini banyak juga yang tertarik naik bis Suroboyoan. Apalagi bisnya lebih baru dan gak kumuh macam bis lokal. Mereka biasanya mengakali kesepakatan dengan naik dari terminal emoticon-Big Grin

Yang enak anggota militer. Bisa naik dimana aja dan bayar cuma separuh harga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan black_robo memberi reputasi
Diubah oleh Gailham
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


kkn-nya jauh banget gan, ane sering lewat daerah itu dulu emoticon-Big Grin



Quote:


kalau serobot trayek gak kok gan, kalau hampir baku hantam memang benar. perkaranya ada bus Suroboyoan yang mau nurunin anggota TNI di Janti. oleh kru bus lokalan dikira mau naikin penumpang, di hadanglah bus tersebut. dan mau diajak ribut, setelah tahu duduk perkaranya, mereka memilih pergi. karena bus tersebut hendak menurunkan penumpang bukan menaikkan penumpang.

ada aturan tak tertulis di jalur Solo-Jogja yang disepakati bersama, mulai jam 05.00-19.00 tidak boleh menaikkan penumpang di pinggir jalan. karena itu jatahnya bus lokalan Solo-Jogja, berlaku untuk bus dari Jawa Timur, seperti Mira, Sumber Group, Mila Sejahtera/Akas.

Jam 05.00 bus lokal mulai keluar garasi, sementara jam 19.00 bus lokalan masuk garasi emoticon-Ngacir




Quote:


ane biasanya ketemu sopir yang senior terus gan, kencang tapi gak ugal2an emoticon-Ngacir


Quote:


dulu mau nurunin penumpang anggota TNI di sekitar Janti, terus langsung di hadang bus lokal Solo-Jogja. dikira naikin penumpang, ketika tahu yang turun pakai pakaian TNI mereka gak jadi melabrak kru bus tersebut emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Saksi hidup bis ALS rute Aceh - Bali nyimak emoticon-Malu (S)
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh SkyQaz
Kebetulan ane langganan ini kedua bis wkwkwk,dari ngawi ke klaten,tiap minggu mesti naik bis ini.klo dari jog penumpang menurut ane lebih nyaman sumber soalnya agak miring ga datar
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Sayang mbah Datuk udah ga di SR lagi emoticon-Sorry
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Jaman SMP ane sering naik Sumber ama Mira, Jombang-Jogja. Sendirian aja waktu itu, seru rasanya. Habis itu gak dibolehin ama ortu, pindah ke Eka. Jaman itu minumnya masih Akuwa gelas, dihabisken takut kebelet pipis, gak dihabisken muncrat.
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan BijixMane memberi reputasi
Jaman masih mesin dongfeng langganan kalau ke sby 😀😀
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lama ndak ngebis
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
dulu sumber kencono sering diplesetin jadi sumber bencono. hehehe.. dicintai penumpangnya karena cepat, tapi banyak dibenci masyarakat desa yg dilewati, karena ugal2an dan sempat beberapa kali kecelakaan termasuk nabrak rumah warga sampai hancur.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Beberapa bulan lalu naik sumber yang Patas udah lebih "sopan" di jalan. Pas driver ngebut bunyi tulit tulit alarm kecepatan. Kaget ane
Entah untuk yg non patas apakah ada fitur serupa

tambahan ilustrasi:
7 Ciri Khas Bus Ekonomi di Jalur Surabaya-Jogja
7 Ciri Khas Bus Ekonomi di Jalur Surabaya-Jogja
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh mynameisant
Mira
Eka
Sumber Kencono
Mandala

Wes tau numpak kabeh....
profile-picture
profile-picture
stiv8785 dan si.matamalaikat memberi reputasi
Wes sue ra numpak bis bre,,,
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Dulu waktu kecil sempet bingung dan penasaran sama mekanisme wiper tegak. Sampe ga bisa tidur kalo ngga di kelonin bibi manis yg ngasuh.. kepikiran terus soalnya emoticon-Smilie
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Cuma sekali aja naik sumber sama mira. Itu karena kebagian bus dengan sasis lama. Berasa naik kuda kalo lewat daerah kertosono.
Masalah harga worthit sih, tapi bakalan mendadak religius kalo naik bus tersebut.

Paling sering naik eka eksekutif sekarang, sasis baru dan lebih alus suara mesinnyaemoticon-Big Grin
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Sebelum diberlakukan PPKM ke solo naik Mira dari Bungurasih,cm 5 jam setengah, kebetulan armadanya bagus,nyaman dan yg utama sopirnya ngebutnya brutal santun,wkwkwkemoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Eh kepikiran juga yah...ntar ane buat trit ttg bus juga ah....emoticon-Big Grin
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di