CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
SIM C Dibagi Tiga Jenis! Motor Matik Apa Saja yang Wajib Memiliki SIM CI?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/610030dec2394a32e2469ea2/sim-c-dibagi-tiga-jenis-motor-matik-apa-saja-yang-wajib-memiliki-sim-ci

SIM C Dibagi Tiga Jenis! Motor Matik Apa Saja yang Wajib Memiliki SIM CI?

SIM C Dibagi Tiga Jenis! Motor Matik Apa Saja yang Wajib Memiliki SIM CI?
Foto: Yamaha TMAX DX/sumber


Sudah diketahui oleh banyak orang bahwa pengemudi sepeda motor harus mempunyai SIM. Oleh karena itu, para pengemudi pun berbondong-bondong untuk membuat SIM agar punya izin untuk mengemudi. Memang, SIM tak hanya diperuntukkan pengemudi sepeda motor saja. Namun, pengemudi roda empat dan jenis kendaraan lainnya pun berhak untuk mempunyai SIM.

Dimulai bulan Agustus 2021, SIM C Dibagi tiga jenis dan akan diimplementasikan. Oleh karena itu, SIM C itu ada tingkatan-tingkatannya yang akan dimulai bulan Agustus nanti. Maka, jangan usah kaget kalau mendapatkan informasi atau ditanya sewaktu mau membuat SIM C, kapasitas kendaraannya berapa? Sebab, di bulan Agustus nanti SIM C akan dibedakan sesuai kapasitas kendaraan (isi silinder).

Harus diakui hal semacam ini adalah langkah perbedaan dan mungkin akan merapikan serta menjadi sebuah ciri-ciri yang ada buktinya. Kenapa bisa seperti itu? Rapi dalam artian tertata, mana yang memakai kendaraan berkapasitas 250 cc hingga tingkatanya yang lebih tinggi. Semua itu akan memudahkan juga dalam mengetahui bahwa yang mempunyai SIM C, SIM CI, dan SIM CII itu ada perbedaannya.

SIM C Dibagi Tiga Jenis! Motor Matik Apa Saja yang Wajib Memiliki SIM CI?
Foto: Vespa GTS Super Tech 300/sumber


Golongan SIM C kalau melihat dari kapasitas isi silinder itu berarti ada kelas-kelas tertentunya, dong? Ya, bisa seperti itu karena menurut Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiman, motor atau motor gede di atas 250 cc perlu meningkatkan golongan SIM C ke SIM CI pada Agustus 2021 nanti.

Quote:


Harus diketahui bahwa motor matik pun ada yang di atas 250 cc. Maka, harus siap-siap buat yang mempunyai motor matik di atas 250 cc untuk meningkatkan golongan SIM C-nya. Tentu, dalam hal ini adalah terobosan yang mungkin akan menjadi lebih baik lagi atau malah sebaliknya. Namun, langkah semacam ini pun harus bisa diapresiasi oleh para pengemudi roda dua bermesin.

Kemudian, motor matik apa saja yang harus meningkatkan golongan SIM C-nya? Untuk yang mempunyai atau pengemudi motor Yamaha TMAX DX, Honda X-ADV, BMW C 400 X, BMW C 400 GT, Vespa GTS Super Tech 300, Max SYM 400i, Max SYM 600i, Cruisym 300i, dan Piaggio MP3 500 Hype Sport Advanced. Semua motor matik itu mengusung mesin berkapasitas di atas 250 cc. Maka, pengemudinya pun diwajibkan untuk meningkatkan golongan SIM C-nya ke SIM CI di bulan Agustus nanti.

SIM C Dibagi Tiga Jenis! Motor Matik Apa Saja yang Wajib Memiliki SIM CI?
Foto: Honda X-ADV/sumber


Mungkin banyak yang bertanya-tanya berapa kapasitas per kapasitas dalam golongan SIM C ini? Memang, hal semacam ini pun harus diketahui terlebih dahulu oleh pengemudi yang akan membuat SIM supaya tak menimbulkan kesalahan dalam membuatnya. Oleh karena itu, peraturan ini sudah tertuang dan bisa dibaca di Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM pasal 3 ayat 2.

Spoiler for Golongan SIM C Berdasarkan Tingkatan Kapasitas Mesin:


Berbeda terbalik dengan pengemudi motor yang kapasitas isi silinder mesin di atas 500 cc. Kemudian apa perbedaannya? Motor yang bermesin di atas 500 cc di bulan Agustus diwajibkan untuk naik ke golongan SIM CI terlebih dahulu. Sebab, implementasi untuk golongan SIM CII akan dilakukan pada tahun 2022 dan itu pun masih lama. Oleh karena itu, diwajibkan terlebih dahulu di tahun 2021 (dimulai Agustus) meningkat terlebih dahulu ke golongan SIM CI.

Quote:


Peraturan ini pun sudah tertulis maka tinggal tunggu saja eksekusinya. Apakah bisa efektif atau tidak sama sekali? Pertanyaan itu pun belum bisa dijawab karena belum dicoba. Namun, setidaknya dengan adanya peraturan semacam ini bisa menata secara rapi golongan SIM, berdasarkan kapasitas isi silinder mesin yang digunakan.[]


Sumber: Klik


Cangkir Kopi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Okeh.. karena peredaran moge udah mulai lumrah..

Jadi naek kelas SIM gini ada tes riding gak nih .. ?

SIM C Dibagi Tiga Jenis! Motor Matik Apa Saja yang Wajib Memiliki SIM CI?

Nggak pake bebek lagi dong tentunya..
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Nanti bikin SIM CI test nya pake bebek juga emoticon-Ngakak
Ngaaaps emoticon-Ngakak
profile-picture
djancoegs memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jadi skrg ud ada sim kelas motor bebek dan matic kecil ya, emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rata-rata yang punya motor orang kaya, tau sendiri lah.. buat SIM nya bagaimana.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Menarik sekali
Kalau udah pake sim c1. Punya motor ada 2. Diatas 250cc dan bawah 250cc. Gak boleh bawa yg dibawah 250cc dong?
profile-picture
naufan11001 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
sepeda kapan pakai sim 😁
profile-picture
santosvanjones memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Asuu... jd yg ga punya kereta gmn?
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
SIM CII tesnya pake motor ini
SIM C Dibagi Tiga Jenis! Motor Matik Apa Saja yang Wajib Memiliki SIM CI?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
negara tolol selalu ngurusin suatu hal hal yg tidak penting
Mudahnya cek STNK saja. Jika tertulis tidak melewati 250 cc tetap pakai SIM C. Sementara apabila tertulisnya paling sedikit 251 CC maka itu wajib SIM C1. Motor 250 cc di pasaran Indonesia bahkan kebanyakan tidak sampai 250 cc sebenarnya karena di kisaran 249 cc.

Yang bikin rancu di aturan baru ini justru ada informasi untuk motor listrik masuk ke kategori SIM C1. Lah kalau motor listrik kecil seperti gesit dan viar yang kecil masa upgrade juga ke SIM C1? emoticon-Hammer
profile-picture
profile-picture
Aramina dan nowbitool memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Apapun jenis SIMnya, selama tidak ada edukasi yang baik tentang tata tertib dalam berlalu lintas ditambah buat SIM masih sangat mudah alias bisa "nembak" maka realisasi dijalan raya tetap bakal ugal-ugalan semau sendiri emoticon-Hammer2
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Makin ribet , yg katanya masa aktif seumur hidup gimana ??
misal motor rental cc lebih gede tapi sim masih C kira2 ketilang g? emoticon-Bingung (S)
SIM CI, Ranmor sejenis yang menggunakan daya listrik;
wut motor listrik masuk 250cc++ emoticon-Nohope perasaan motor listrik yg beredar resmi dinegara ini tenaga sama akselerasinya mirip2 motor 125cc deh emoticon-linux2 apalagi secara range dan isi ulang g seberapa jadi jarang kepake emoticon-linux2 pikiran pakpol motor listrik performanya kyk mobil listrik tesla kali ya emoticon-Nohope
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
matic 250 jarang di kampung sini yang punya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pusing ah...
profile-picture
profile-picture
RifanX dan jamban.bocor memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane males sebenarnya ngomentari beginian, karena pasti gak kebaca ama wereng dan kalaupun terbaca dan dimasukkan dalam rapat internal pasti mental.
1. Digitalisasi semua surat-surat kendaraan dan sim lalu jadikan database, bikin server di indonesia, kalo perlu servernya taruh di satu gedung divisi siber. Singkronkan surat kendaraan, sim, skck dan catatan kriminal.
2. Surat-surat asli yang berhubungan dengan catatan bpkp dll diarsipkan di gudang yang terjaga dari kelembapan. Bahkan kalo perlu pasang sensor suhu, sensor kelembapan dan sensor api jangan lupa cctv.
3. Setelah semua selesai, buat satu server lagi untuk sarana akses semua device milik wereng. Semua sim, stnk dan bpkp pake barcode. Sehongga kalo razia atau apapun tinggal scan barcode pake device wereng.
Usulan keren tapi pasti wereng bakal geleng-geleng sambil ngucap:
Personel kami gak semuanya melek teknologi.
emoticon-Hammer
profile-picture
lqmnnhkm memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:


jupiter Z1 nyimak aja
koleski motor harus koleksi juga macam2 simnya.....biasanya kalo ppunya moge pasti punya juga matic jadi harus ada 2 sim
Klo punya Cll berarti bisa naik semua jenis motor dong.??
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di