CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tanpa Sadar Korupsi Sudah Diperkenalkan Sejak Kita Bersekolah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ffed5bc13f4c0477763290/tanpa-sadar-korupsi-sudah-diperkenalkan-sejak-kita-bersekolah

Tanpa Sadar Korupsi Sudah Diperkenalkan Sejak Kita Bersekolah

Tanpa Sadar Korupsi Sudah Diperkenalkan Sejak Kita Bersekolah

Ada satu kisah dari masa Sma saya yang cukup menarik untuk dikaji. Ini cerita mengenai guru olahraga saya di kelas 1 Sma yang mewajibakn murid-murid asuhannya untuk berlatih berenang setiap minggu. Karna sekolah tidak memiliki kolam berenang maka terpaksa murid-murid harus sering mampir ke kolam renang yang jaraknya sekitar 500 meter dari sekolah dan biaya untuk masuk kesana adalah 5000 per kepala.

Renang memang masuk ke dalam kurikulum pelajaran olahraga namun sekarang saya bertanya-tanya, berapa banyak keuntungan yang didapatkan pihak kolam renang dengan murid-murid yang datang setiap minggunya? Padahal guru olahraga itu sendiri tidak pernah datang untuk mengajari kami berenang jadi untuk apa kami menuruti perintahnya untuk kesana setiap minggu?

Korupsi adalah sebuah tindakan penyelewengan jabatan yang digunakan untuk keuntungan sepihak. Pelakunya tidak harus pejabat publik. Siapapun bisa melakukan korupsi asalkan punya jabatan. Tidak terkecuali guru sekolah. Dulu saya memang tidak terlalu memikirkan hal ini namun jika saya ingat-ingat lagi ternyata banyak guru saya yang melakukan korupsi atas uang muridnya.

Tanpa Sadar Korupsi Sudah Diperkenalkan Sejak Kita Bersekolah

Contoh paling kecil yang bisa saya ingat adalah pengadaan uang kas. Katanya sih untuk dipakai jika ada apa-apa namun apa sebenarnya apa-apa itu? toh tak pernah terjadi apa-apa dan uang kas itu pun terlupakan disaat kami naik kelas.

Selain itu ada guru yang menawarkan les setelah pulang sekolah. Mereka mengajarkan ilmu yang memang seharusnya mereka ajarkan namun dengan menggunakan embel-embel les mereka berhasil meraup puluhan ribu dari satu siswa perbulannya. Setelah itu ada juga guru yang diendorse oleh pihak bimbingan belajar untuk secara agresif menawarkan ini itu dan tak jarang memberi nilai lebih pada murid yang ikut bimbel sponsornya. Belum lagi guru bahasa Jerman yang berjualan kamus tanpa malu-malu. Jumlahnya memang kecil namun tetap saja menakutkan, dilakukan tanpa sadar namun yang namanya korupsi ya tetap aja korupsi.

Tanpa Sadar Korupsi Sudah Diperkenalkan Sejak Kita Bersekolah

Nah, sekarang kita bisa tahu kenapa yang namanya koruptor terus saja ada dari jaman ke jaman. Toh memang hal ini sudah ditunjukkan di depan hidung kita sedari kita mengenyam bangku sekolah. Sekolah adalah tempat untuk belajar dan kita belajar dari guru jadi jika gurunya sendiri adalah koruptor maka tak adalah gunanya nilai-nilai pancasila itu diterapkan sedari dini.

Dan apa yang bisa kita lakukan? Tak ada. Murid butuh ilmu, guru butuh uang. Yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa… dan berdoa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
catros dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 5
Kalau kamu? Pernah ngelihat guru korupsi nggak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Nama saya Budi, anggap saja begitu. Saya adalah seorang guru di sma xxx. Disini saya mengajar mata pelajaran yang sulit sehingga jika ada siswi yang kesulitan saya suruh datang ke rumah saya untuk... Baca selengkapnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kagemane4869 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 20 balasan
guru yang korupsi, pemarah, mesum, genit, kentut sembarangan dan tukang selingkuh juga banyak

benang merahnya: guru juga manusia, cuma sejak di playgroup udah di doktrin kalau guru itu 'manusia setengah dewa' padahal yang lebih bejat ya banyak

udah paling bener pepatah orang tua dahulu kalau guru yang abadi itu 'pengalaman' emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Eh sama lho, dulu gw juga ada renang, bayar 5 ribu, jalan ke kolam renang yg jauh dari sekolah, udah gitu juga engga diajar juga.
Tapi baru 4-5x, gw berhenti ikut, gegara temen2 suka bercanda dg nyawa.

Lagian gimana korupsi mau hilang, di kampung gw aja (hasil nguping obrolan emak2), ada sebuah smp terkenal yg saat penerimaan murid baru, mengadakan 1 kelas khusus non nilai. Udah keliatan lah, itu kelas apa.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Urusan renang
Dilepas begitu saja
Terus tes
Terus gitu deh
nda usah didebat, kita ini bangsa koruptor kok, jangan sok2an jadi putih diantara hitam, ini dunia yang kejam, kalau tempatmu hitam setidaknya jadilah abu2.
dunia ini selalu ada dua sisi yang berlawanan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
club80.s dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Termasuk sistem sekolah unggulan, yg buat ortu nekad ambil cara sana sini spy anaknya masuk unggulan. Dimanfaatin banyak oknum krna sekolah jadi 'rebutan'.

Penghapusan sekolah unggulan langkah awal perbaikan sistem pendidikan, walau masih banyak kekurangan sana sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogahruwet dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rafinal2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wisata

Yg ga ikut wisata
Harus bayar sekian ke guru
Dl sekolah ane kya gt


Ngapain bener wisata yg 6bulan sebulmnya ane wisata ke sana sama warga sekitar emoticon-Wakaka
profile-picture
habibpalsu14756 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Menyontek adalah bibit korupsi paling sederhana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kopabun dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Munafik jd umat beragama aja sama dengan korupsi kok.

emoticon-Traveller
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Uang kas kelas buat beli spidol yg dibiayain pemerintah. Aneh sih sebenernya tapi jarang bayar juga ane hehehehe, lagian klub bolos benefitnya apa bayar uang kas?

1 lagi guru konseling sebenernya tugasnya ngapain sih masih ane pertanyakan hingga saat ini. Bukan membuat mental sehat malah mental breakdown mulu kalo kesono. Kalo kg dihina ya di introgasi. Fuck lah buat guru konseling yg sama sekali kg punya skill dalam psikologi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
mungkin saat dulu ga ngerti istilah korupsi, adanya bohongi orang tua saat minta uang beli buku atau berenang, dan lain nya.
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yang ane sebel itu, sebenarnya gak perlu les gaje, karena apa yang diajarkan dikelas udah cukup. Dengan alesan booster nilai.
emoticon-Lempar Bata
Ya kecuali mang nak murid kesusahan pelajaran tertentu. Kayak ane susah pelajaran IPS, sedangkan mayoritas murid susah pelajaran MTK, masa semua murid kudu les MTK dan IPS?
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
mau bebas koruptor ,,,
butuh tanos ,, untuk hilangkan beberapa generasi dan me restart
, karena itu sudah menjadi budaya di indonesia sejak jamam kerjaan dan penjajahan ,
misalnya belanda dulu kasih uang untuk pekerja yang bikin jalan dan infratruktur dll eh di tilep mandor 2 nya n saat ini di kenal dengan kerja paksa ,,dll kemudian aspek feodalisme kuat dengan modell upeti dll
sebenernya yang perlu di perbaiki banyak itu di pemerintahan ,,,

eh udah tau kaya gini KPK nya ,,,,
ah sudah lah,,,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thorblade dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Klo guru sekedar jualan itu msh wajar, apalagi guru honore yg gaji bulnanan g smp 500rb.
Yg g bener itu contohnya guru penjas ada pljran renang, tiketnya masuknya 12rb tp sm gurunya suruh kumpulin uang 15rb. Itu br korupsi
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Belum lagi anak-anaknya yag harusnya mengerjakan tugas sendiri semua jga saling contek gans. Sudah menjadi kebiasaan dinegara kita hal seperti ini terjadi, sulit untuk merubahnya
Kalo bolos termasuk korupsi waktu bukan ya gan? Kan belum waktunya pulang dah pada bubar?
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
guru olahragaku korupsi uang kaos olah raga, masak pesen dari kelas 1 sma, pertengahan kelas 2 baru di kasih kaosnya emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Korupsi itu udah jadi budaya yang tak tartulis dan lingkungan mengajarkan kurupsi dengan cara yang halus .
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Nyontek juga korupsi

bedanya dengan pejabat korup cuma di Jabatan dan Kekuasaan saja
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di