CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jusuf Kalla Usulkan Lockdown, Warga Tak Mampu Diberi Rp1 Juta Perbulan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60ff8660c3fc0068e148b52b/jusuf-kalla-usulkan-lockdown-warga-tak-mampu-diberi-rp1-juta-perbulan

Jusuf Kalla Usulkan Lockdown, Warga Tak Mampu Diberi Rp1 Juta Perbulan

Jusuf Kalla Usulkan Lockdown, Warga Tak Mampu Diberi Rp1 Juta Perbulan

SuaraBanten.id - Jusuf Kalla angkat suara soal perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM hingga 2 Agustur mendatang.

Jusuf Kalla usulkan lockdown, namun warga tak mampu diberi Rp1 juta perbulan.

Bersamaan perpanjangan PPKM mulai 26 Juli lalu, sejumlah aturan juga sedikit dilonggarkan.

Kata Jusuf Kalla, pelonggaran PPK merupakan 'jalan tengah' yang membuat penanganan Covid-19 jadi lebih sulit.

Karenanya, Jusuf Kalla setuju dilakukan pengetatan yang lebih jauh atau lockdown, tetapi dengan satu syarat pemberian bantuan langsung tunai (BLT) harus berjalan optimal.

“Sejak awal kita sependapat bahwa ada pengetatan, lockdown. Tetapi, semua masyarakat yang tidak mampu harus disubsidi minimal Rp 1 juta per bulan,” ungkap JK seperti dikutip dari Terkini.id-Jaringan Suara.com, Senin (26/7/2021).

JK mengungkapkan rumah tangga di Indonesia ada 60 juta.

“Katakanlah yang tidak mampu 30 persen, berarti 20 jutanya. Maka, mereka harus dikasih Rp 1 juta per bulan. Jadi, berarti harus keluarkan Rp 60 triliun per bulan selama enam bulan, kalau itu saya kira bisa terpotong, kita bisa teruskan itu, lebih baik. Daripada selalu ambil jalan tengah,” usulnya.

JK juga menilai bantuan yang selama ini diberikan berupa uang Rp300 ribu perbulan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.

“(Rp 300 ribu) pasti tidak cukup. Kalau dikasih satu keluarga Rp 1 juta itu kan berarti bisa beli beras 100 kilo, yang beli beras hanya 25 kilo itu kan butuhnya Rp 250 ribu, itu lain-lain bisa dibeli untuk kebutuhan pokok. Tidak menyenangkan, pastilah tidak. Tapi ini jalan keluar untuk penyelesaian,” imbuh Wakil Presiden RI 2014-2019 ini.

“(Rp 1 juta) cukup. Petani itu, pendapatannya sebulan kan Rp 1 juta sekeluarga. Cukup dalam artian cukup bisa makan, itu saja dulu. Fisik. Tentu tidak bisa beli baju dan lain-lain, tapi cukup untuk makan, tak akan kelaparan,” kata Ketua PMI itu.

Dalam kesempatan itu, JK menyarankan menggunakan satu sistem bantuan sosial saja untuk mempermudah administrasi, sehingga penyampaian bansos tunai bisa lebih terfokus.

“Saya sarankan, agar semua sistem disatukan sejak dulu. Keluarga sejahtera dan lain-lain itu terlalu banyak kartu-kartu. Gabungkan saja jadi satu dulu, jadi bantuan sosial tunai. Supaya tidak ribet administrasinya. Yang lain setop dulu, pakai satu,” ujarnya.

Saat ini, dengan perpanjangan PPKM Level 3-4, Pemerintah memberikan sedikit kelonggaran, seperti adanya aturan makan di tempat selama 20 menit bagi warung makan/warteg, pedagang kaki lima, dan sebagainya.

Dengan adanya pelonggaran tersebut, tentu akan menimbulkan risiko penularan Covid-19 yang lebih tinggi. Tetapi, di sisi lain, pelonggaran ini memberikan keringanan beban ekonomi bagi masyarakat.
https://banten.suara.com/read/2021/0...erbulan?page=2


profile-picture
profile-picture
profile-picture
vagnox dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 4
1 juta, buat warga ibukota itu cukup? Bayar kost2an, bayar token listrik, makan dll

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vagnox dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Bagus tapi data orng yg tdak mampu itu tidak jelas. Ujung2 rawan korupsi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anzfreak dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Warga kelas bawah mah hutang bisa nunda bahkan gk bayar
Lha iya ngutang ma temen mah cincai
Nakan juga mau apa adanya

Beda ma golongan menengah yg gengsi selanfit
Bukan soal duit makan
Yg dipikirin utang motor mobil ma pinjol gimana bayarnya kalo gak kerja dan usaha
Pemeri tah harus bayarin juga donk...
Jangan memihak kaum jelata doank
Sejuta mah seminggu juga kagak cukuppp
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vagnox dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Duit dari mana?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Kalo pak JK bisa ujicoba menutup masjid d wilayahnya (Boleh d jakarta ato makasar..) dan pastikan tetap tutup selama seminggu.. Ane akan dukung usul lock down.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Jangan su'udzon mulu napa sih?

Maksud nene' Jusuf,
Yang satu juta itu dari pemerintah,emoticon-army

Nah dua juta lagi dari Kala enterprise.
emoticon-Leh Uga

profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
60 T sebulan duitnya siapa? Kayak nggak pernah jadi wapres emoticon-Ngacir Lockdown cuma cocok di awal pandemi dulu ketika jumlah pasien covid masih terbatas dan penularannya tidak secepat delta ini.

Udah benar PPKM tapi aturannya diperjelas dan dibuat masuk akal.Nggak usah ada pembatasan jam malam bagi toko/PKL. Yang penting prokes dan take away

profile-picture
profile-picture
sleeptillnoon dan gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh matcha.tea.1402
Lihat 18 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 18 balasan
ahh.. kyak gk tau oarang Indonesia aja sih.
Duitnya diterima tpi boro boro lock downnya jalan..
profile-picture
profile-picture
starbox.design dan gabener.edan memberi reputasi
Ex wapres tolol,, lokdon itu semua ditanggung pemerintah.
Makin tua makin begok nih bohir kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vagnox dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tua bangka haus kekuasaan, tiap hari mikir politik mulu nih si kon tol udeh 2x wapres masih aja mau korup2 lagi.

Neh malay berkali2 lokdon dari tahun lalu hancur ekonominya, penduduk cuman 30 juta aja gak bisa diawasin kayak polisi india main libas pantat kadrun

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh owi.kill.kadrun
kakek udah mulai pikun emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 5 lainnya memberi reputasi
Nyari panggung lagi...

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vagnox dan 5 lainnya memberi reputasi
Kemaren ada pengusaha besar yg nyumbang 2T utk membantu masyarakat terdampak

Pak kalla juga sebagai pengusaha besar, apakah minat utk membantu masyarakat terdampak juga?

Ga usah sampe 2T lah pak, walau sebenarnya 2T itu kecil aja bagi pak kalla
Mungkin bs bantu 1/4 nya aja pak

emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caribarangmurah dan 2 lainnya memberi reputasi
bandar khilafuck bangun kesiangan.emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sumhendi dan 4 lainnya memberi reputasi
Pernah jadi ri2 tapi kok ngomong asal bunyi? emoticon-Bingung (S)




















































emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
indra.69 dan gabener.edan memberi reputasi
PPKM aja udah berdarah-darah ini lagi si chaplin pengen lockdown emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
semoga merata ya pak 1 jutanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indra.69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Bapak jk masih jabat ketua dewan masjid kan ya? Gak usah liat seluruh Indonesia. Cukup masjid di sekitar tempat tinggal aja. Rame atau gak tuh masjidnya selama ppkm ini emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
indra.69 dan gabener.edan memberi reputasi
Lockdown sepertinya kurang tepat, bantuan 1 jt blm tentu tepat sasaran..

Ppkm yg skr tentu sdh dipertimbangkan dari masukan berbagai pihak...

Hanya bs berharap org2 yg pola pikirnya salah ttg covid segera sadar dgn fakta byk nya korban yg jatuh..sulitnya dpt rmh skt dll..

Smoga kondisi berangsur membaik..pandemi segera berlalu..

# ane jg dah bosen pengen ke rutinitas spt sebelum ada covid...emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garorica dan 4 lainnya memberi reputasi
Inggris, Lebanon, Belanda, Afrika Selatan, sudah merasakan rusuh akibat Lockdown.
Aussie juga.
Ini malah pengen diberlakukan di sini, niat ngundang kerusuhan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garorica dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh shinhikarugenji
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di