CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Bengkulu /
Melatih Otot Motorik Anak dengan Bermain "Yeye"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fe7dadbbb536776c4e146c/melatih-otot-motorik-anak-dengan-bermain-quotyeyequot

Melatih Otot Motorik Anak dengan Bermain "Yeye"

Bengkulu adalah sebuah provinsi yang berada di pulau Sumatera, Indonesia. Ibu kota provinsi Bengkulu ada di kota Bengkulu. Provinsi ini terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatra, yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung. Pada tahun 2020, jumlah penduduk provinsi ini sebanyak 2.010.670 jiwa, dengan kepadatan 101 jiwa/km².

Kebudayaan Bengkulu sangat kental bercirikan dengan budaya Melayu yang memiliki beberapa ciri berbeda karena dipengaruhi oleh suku-suku berbeda yakni kebudayaan Rejang, Melayu Serawai, Melayu Kaur, Mukomuko, Pekal, dan Melayu Lembak.

Permainan tradisional merupakan salah satu bagian dari kebudayaan Bangsa yang beraneka ragam coraknya. Setiap daerah di wilayah Indonesia mempunyai permainan rakyat tersendiri dan menunjukkan ciri khas tersendiri. Begitu pula dengan Bengkulu, yang kaya akan permainan tradisional anak-anak.

Melatih Otot Motorik Anak dengan Bermain "Yeye"

Pada dasarnya permainan tradisional di daerah Bengkulu sampai sekarang masih digemari masyarakat, walaupun sudah mulai memudar. Faktor penyebabnya adalah banyaknya permainan berbasis teknologi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.

Salah satu permainan tradisional Bengkulu yang terkenal adalah Yeye.

Melatih Otot Motorik Anak dengan Bermain "Yeye"

Permainan yeye tidak lain adalah permainan loncat tinggi. Alat yang digunakan dalam permainan tersebut adalah tali dengan untaian gelang karet. Panjang tali karet antara dua sampai dua setengah meter. Jumlah pemain yang terlibat dalam paling sedikit tiga orang.

Permainan lompat tali bisa melatih otot motorik anak. Dengan melompat seluruh otot akan digunakan hingga otot motoriknya terlatih. Selain itu, bermain lompat tali juga membuat tubuh sehat, sama seperti melakukan olahraga.


Sumber:
Opini Pribadi dan [1]


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di