CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Epidemiolog Ungkap Kejanggalan Jokowi Blusukan Cari Obat Terapi Covid-19 di Apotek
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fd28af4c027b6e293093ae/epidemiolog-ungkap-kejanggalan-jokowi-blusukan-cari-obat-terapi-covid-19-di-apotek

Epidemiolog Ungkap Kejanggalan Jokowi Blusukan Cari Obat Terapi Covid-19 di Apotek

Epidemiolog Ungkap Kejanggalan Jokowi Blusukan Cari Obat Terapi Covid-19 di Apotek

Suara.com - Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono mengkritik dan mengungkap kejanggalan aksi Presiden Jokowi yang mencari obat terapi covid-19 di apotek. 

Pandu menuturkan, jika obat-obatan yang dicari Jokowi ada, maka apotek terancam ditutup karena memberikan obat keras tanpa resep.

"Kalau obat-obatan yang dicari Pak @jokowi ada, apoteknya bisa ditutup karena memberikan obat keras tanpa resep dokter," tulis Pandu di akun twitternya @drpriono1 yang dikutip Suara.com, Sabtu (24/7/2021).

Tak hanya itu, Pandu menyarankan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk meninjau ulang bantuan paket obat gratis yang didistribusikan ke masyarakat.

Dengan begitu, kata Pandu, masyarakat yang tak bergejala tidak diberikan obat covid-19.

Kemudian, pasien covid-19 yang bergejala sedang dan berat seharusnya dirawat di rumah sakit. 

"Pak Menkes @BudiGSadikin sebaiknya paket obat yang didistribusikan ke masyarakat ditinjau ulang. OTG dan bergejala ringan tak perlu obat. Yang sedang dan berat harus masuk RS," tulis Pandu.

Sebelumnya, Jokowi mengunjungi salah satu apotek yakni Apotek Villa Duta di Kota Bogor, Jumat (23/7).

Kedatangan Jokowi untuk mengecek ketersediaan beberapa jenis obat dan suplemen yang dibutuhkan masyarakat untuk penanganan covid-19.

Namun saat di lokasi, Jokowi tak menemukan obat antivirus, sehingga hanya membeli multivitamin.

Lantaran tak mendapat obat antivirus, Jokowi langsung menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menanyakan ketersediaan stok obat penanganan covid-19.

"Pak, ini saya cek ke apotek di Bogor. Saya cari obat antivirus Oseltamivir, enggak ada. Cari lagi, obat antivirus yang Favipiravir juga tak ada, kosong. Saya cari yang antibiotik, Azithromycin, juga enggak ada," tanya Jokowi kepada Budi dalam sambungan telpon dalam video yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden.

Bahkan, Jokowi menyebut stok obat antivirus sudah tak tersedia selama seminggu. Selain itu juga ia tak menemukan adanya vitamin D3 5000

"Stok enggak ada sudah seminggu lebih. Terus vitamin D3 yang 5000 juga enggak ada," kata dia.

Mantan Gubernur DKI itu mengatakan dirinya hanya mendapatkan multivitamin.

"Iya ini saya yang dapat hanya multivitamin. Yang mengandung zinc. Hanya itu. Suplemen juga, suplemen ini ada yang D3 nya ada tapi hanya yang 1000. Hanya dapat yang ini saja. Vitamin D3 yang 1000. Kemudian yang suplemen yang kombinasi multivitamin ada. Jadi yang lain-lain yang obat antivirus, antibiotik enggak ada semuanya," kata Jokowi. 

Mendengar hal tersebut, Budi menyampaikan permohonan maaf kepada Jokowi karena tak menemukan beberapa obat terapi covid di apotek. 

Ia pun menjelaskan setelah dirinya mengecek ketersediaan obat, bahwa obat antivirus tersebut tersedia di toko online dan beberapa apotek di Kota Bogor.

"Karena saya ada catatan pak presiden. Kita kan sudah ada yang online. Saya barusan cek ya pak ya, misalnya untuk Fapiviravir di apotek Kimia Farma Tajur Baru ada 4.900, apotek Kimia Farma Juanda 30 ada 4.300, apotek Kimia Farma Semplak Bogor ada 4.200," kata Budi.

Dalam sambungan telepon, Budi mengatakan segera mengirimkan data ketersediaan obat kepada Jokowi. 

"Jadi saya nanti dobel cek ya.  Nanti ini saya kirim ke ajudan pak. Itu ada data online yang ada di RS, bisa dilihat by kota segala macam untuk apoteknya Kimia Farma Century, Guardian, K24," ucap Budi.

Jokowi pun kembali menanyakan kepada Budi apakah obat tersebut tersedia.

"Adi situ ada semuanya?" tanya Jokowi.

Budi kembali menjelaskan kepada Jokowi bahwa semua obat tersedia. Masyarakat kata Budi dapat mengecek melalui online.

"Ada online, bisa dibaca semua rakyat, pak," kata Budi.

https://www.suara.com/news/2021/07/2...potek?page=all

Sekelas epidemiolog.. Tapi mikirnya sekelas orang ga sekolah.. emoticon-Malu (S)

Ga bisa bedakan orang bertanya dan orang membeli.. emoticon-Malu (S)

Ato dia ga pernah beli obat d apotek??.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calvinn28 dan 37 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Juru politik

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Baru baca judulnya aja, gue udah tahu narasumbernya siapaemoticon-Ngakak (S).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bontakkun dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jika apotiknya punya obat itu, dia tinggal bilang "Obatnya ada, tapi perlu resep dokter". Tapi apoteknya bilang stok kosong.

Emang apa salahnya apotek punya obat keras yang perlu resep dokter? Selama gak ngasih obatnya tanpa resep tadi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 22 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Bebek berusaha manjat pohon kelapa.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Pokok nya salah jokowi ...emoticon-Marah

Klo mo tanya tanya obat ... bawa resepnya sekalian ....biar jelas ..emoticon-Marah


Jan ne sing sakit kuwi sopo ... bawa ke dokter dolo emoticon-Marah





































*joko widodo alias jokowi tetangga ana .. kerja nya tukang mebel emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiperman dan 9 lainnya memberi reputasi
UI makin kesini makin top aja emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Udehh..kek gitu doang analisanya?. Ini pakarnya dr UI ? seriuss ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiperman dan 8 lainnya memberi reputasi
Klo ditanya apa diapotek nyediain codein pasti apotekernya ngomong tergantung stoknya ada pq kagak tapi klo mau beli pasti diminta resepnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 6 lainnya memberi reputasi
Ane pernah kok ke apotek tanya ada amoxixilin nggak?
Yah dijawab ama Apoteker nya Ada tapi ini antibiotik belinya harus pakek resep dokter.

Berhubung Ane mo bikin puding hias, butuh alat suntik yee kan.
Ane nanyak juga kalo alat suntik ada nggak?
Dijawab juga: ada tapi harus resep dokter juga.

Akhirnya Ane cuma beli obat umum aja sedang alat suntik nya nitip temen yg usaha isi ulang tinta printer emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
calvinn28 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh larapeequer
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 53 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 53 balasan
UI isinya kadrun semua dari BEM sampe dosennya

jadi Kadrun = Auto dongok

emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Najis (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiperman dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dabbrains
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
semua yg dilakukan pak joko janggal, pokonya janggal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiperman dan 8 lainnya memberi reputasi
sekarang gini aja. mari kita netral: Pak Jok MENANYAKAN KETERSEDIAAN OBAT atau BELI OBAT?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
biadab
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan valkyr9 memberi reputasi
Epidemiolog Ungkap Kejanggalan Jokowi Blusukan Cari Obat Terapi Covid-19 di Apotek
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan valkyr9 memberi reputasi
Tul emoticon-Marah marahin aja tuh jongoswatik. Klo bilang yg baek dan sopan "maap gan, ada tapi peraturan kudu pakek resep dokter. Ndak dijuwal bebas."
emoticon-Cool gt monyong, indon dikit donk jangan cem kampret.
Dan bwat para politikus nan tikus kampret, jangan beranih edan soal kewarasan beretika indon klo misik ada gw di sinih.
Paham klean ?! emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Pandu ini geblek 11 12 sm gerung

Kalo di perusahaan distribusi mah sdh biasa seperti ini
Manager sidak ke toko
Pengen tau apakah toko tsb jualan produk dia
Kalo tenyata ga jual
Otomatis bakalan dupervisor n salesman kena tegur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Gara2 laporan intel yang salah

bakalan ada demo besar2an Jokowi end game

pak de harus pake drama apotik dan telpon menkes

kalian emang jahat emoticon-Mad



Spoiler for :
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dauarra dan 3 lainnya memberi reputasi
kualitas UI sekarang memang diragukan, lulusannya banyak yang dong-dong...

kalo apotik gak boleh jual obat keras, ntar orang mau beli obat dengan resep kemana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Razhad dan 6 lainnya memberi reputasi
kasihan pak menkesnya...seolah2 dia kaga becus kerja...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di