CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Reptil /
5 Fakta Komodo, Hewan Khas yang Ada di Negara Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fce37f144334438c5935d3/5-fakta-komodo-hewan-khas-yang-ada-di-negara-indonesia

5 Fakta Komodo, Hewan Khas yang Ada di Negara Indonesia


5 Fakta Komodo, Hewan Khas yang Ada di Negara Indonesia Foto: (Bonauli/detikcom)
Jakarta -
Komodo adalah hewan khas yang ada di negara Indonesia dan kini terancam punah. Menurut pakar arkeologi, komodo sudah ada sejak zaman prasejarah. Diperkirakan sekitar 30 juta tahun lalu.
Perkiraan ini semakin kuat setelah ditemukannya fosil hewan dengan susunan rangka yang menyerupai tubuh si kadal raksasa ini. Selain disebut sebagai kadal raksasa, komodo juga dikenal dengan kadal purba terbesar.
Komodo dapat berkembang dan memiliki panjang hingga 3 meter dan berat hingga 68 kg. Lalu apa saja fakta tentang komodo yang menarik untuk siswa ketahui? Yuk simak

[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
1. Kadal Terbesar di Dunia
Komodo adalah kadal terbesar dan tertinggi di dunia. Memiliki nama latin Varanus komodoenesis, jika dilihat dari fisiknya untuk komodo jantang punya bobot yang lebih besar dibandingkan dengan komodo betina.
Karena badannya yang besar, komodo memiliki pergerakan yang lambat yakni sekitar 8-10 kilometer per jam. Akan tetapi dalam kondisi terancam atau takut, mereka dapat lari hingga kecepatan 18 kilometer per jam.

2. Asal Usul Komodo
Dilansir dalam buku "Panduan Sejarah Ekologi Taman Nasional Komodo" oleh Arnaz Mehta Erdmann, salah satu teori mengatakan komodo berasal dari Asia atau Australia.
Hewan bernama latin Varanus komodoenesis ini melakukan migrasi dari Australia ke Kepulauan Timur Indonesia dan tiba di Pulau Flores 900.000 tahun yang lalu.
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One tahun 2009, Komodo punah dari Australia sekitar 50.000 tahun lalu. Proses migrasi ini diduga terjadi ketika ketinggian air laut lebih rendah 85 meter dibandingkan dengan kondisi di abad ke-21. Sehingga komodo dapat lebih mudah bermigrasi dari Flores ke pulau-pulau sekitarnya.
Di Indonesia, habitat komodo banyak ditemui di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Gili Motang dan sebagian kecil di bagian utara dan barat Flores.
Dikutip dari jurnal berjudul Kajian Ekologi dan Status Keberadaan Komodo di Pulau Padar Taman Nasional Komodo karya Abdul Haris Mustari, dkk. komodo di Pulau Padar tak ditemukan lagi diduga karena masalah ekologi seperti menurunnya kualitas dan kuantitas makanan, air, dan satwa lain yang terkait dengan kehidupan komodo.

3. Komodo Betina Dapat Berkembangbiak Tanpa kimpoi

Tahun 2006, peneliti memverifikasi bahwa komodo adalah hewan khas yang ada di negara Indonesia ini untuk betina dapat bereproduksi secara aseksual melalui proses yang disebut partenogenesis. Jika tidak ada jantan, komodo betina masih bisa bertelur.
Penelitian tersebut dilakukan pada dua kebun binatang di London yang merawat komodo betina tanpa pasangan. Beberapa telur dari cengkeramannya menegaskan bahwa tidak ada jantan yang berkontribusi pada pembuahan.

4. Indera Penciuman Kuat
Komodo dikenal memiliki indera penciuman yang kuat. Komodo diketahui dapat membau sampai jarak 5-11 kilometer. Mereka lebih mengandalkan indera pembau ketimbang penglihatan meskipun mereka memiliki penglihatan yang baik.
Ketika sedang membau, komodo akan menjulurkan lidahnya. Saat itu, mereka sedang menangkap partikel zat kimia dari tanah dan udara.

5. Komodo Senang Bermain

Meskipun penampakannya terlihat buas dan menyeramkan. Akan tetapi komodo suka bermain. Individu yang bahagia telah diamati bermain dengan sekop dan sepatu. Cara individu berinteraksi dengan objek terbukti tanpa agresi atau motivasi untuk makan dan dapat dianggap sebagai bermain.

https://www.detik.com/edu/detikpedia...gara-indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan 2 lainnya memberi reputasi
Kampung gw breemoticon-Recommended Seller
bertelur sih mungkin bisa tapi mungkin ga bisa membuahin sendiri
_𝚂𝚒𝚊𝚙 𝚐𝚊𝚗...
Komodo kelihatan seperti dinosaurus, agak seram


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di