CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
CEK FAKTA: Viral Pasien Covid-19 Dikeroyok Orang Sekampung karena Ingin Isoman
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fc178d75340445cd09dfb7/cek-fakta-viral-pasien-covid-19-dikeroyok-orang-sekampung-karena-ingin-isoman

CEK FAKTA: Viral Pasien Covid-19 Dikeroyok Orang Sekampung karena Ingin Isoman


CEK FAKTA: Viral Pasien Covid-19 Dikeroyok Orang Sekampung karena Ingin Isoman, Benarkah?

CEK FAKTA: Viral Pasien Covid-19 Dikeroyok Orang Sekampung karena Ingin Isoman

Suara.com - Beredar video pasien Covid-19 dikeroyok oleh orang sekampung dan ditolak melakukan isolasi mandiri di desa tersebut. Peristiwa itu terjadi di Sumatera Utara.

Video viral itu diunggah oleh akun Instagram @inimedanbungg. Dalam video, tampak seorang lelaki sedang dianiaya banyak orang menggunakan kayu panjang.

Pada keterangan video itu tertulis, rekaman itu kali pertama dibagikan oleh Joshua Lubis. Ia mengakui orang yang dianiaya tersebut adalah tulangnya atau pamannya bernama Salamat Sianipar.

Joshua mengungkapkan peristiwa tersebut terjadi tanggal 22 Juli atau Kamis pekan ini. Namun, Salamat kembali lagi ke rumahnya untuk isolasi mandiri, tapi warga tetap tak mau menerima.

Oleh warga, Salamat kemudian diikat dan dipukuli tanpa manusiawai layaknya hewan. Hal itu membuat keluarga besar Salamat marah karena menilai itu sebagai pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Berikut narasi pernyataan dari Joshua mengenai kejadian tersebut:

"Saya joshua lubis @jhosua_lubis mempunyai om (tulang) bernama Salamat Sianipar Umur 45 Tahun. Alamat Desa Sianipar Bulu Silape, Kecamatan Silaen, Tobasa, Sumut.

Awalnya Tulang saya terkena covid-19 , dokter menyuruh isolasi mandiri. Tetapi masyarakat tidak terima. Akhirnya dia dijauhkan dari kampung Bulu Silape.

(Tulang dipukul) seperti hewan dan tidak ada rasa manusiawi. Kejahatan kemanusiaan ini diatur dalam Statuta Roma dan diadopsi dalam Undang-Undang No. 26 tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia.

Kami berharap keadilan ditegakkan setegak-tegaknya, Kepada presiden dan wakil presiden, pemerintah dan aparatur negara untuk menindaklanjuti kejadian ini. Dan juga unukt bapak gubernur dan wakil gubernur Sumut."

Lantas benarkah video dan pernyataan tersebut?

PENJELASAN

Tim CekFakta Suara.com melakukan penelusuran mengenai cerita dibalik video pasien Covid-19 yang dipukul oleh warga sekampung itu.

Ternyata, peristiwa itu terjadi karena warga kesal dengan tingkah laku pria berusia 45 tahun itu. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Toba Poltak Sitorus melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Audy Murphy Sitorus.

Andy Murphy mengungkapkan bahwa pasien isolasi mandiri itu bertingkah aneh dan berusaha menyebarkan virusnya ke orang lain. Aksinya itu tentu membahayakan nyawa warga sekitar sehingga memicu kemarahan.

"Dia kan terpapar Covid dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Tetapi bertingkah aneh-aneh, dia berusaha menyebarkan virusnya ke orang lain. Ditemuinya orang kemudian dipeluknya orang, semua orang dipeganginya, akhirnya marah massa," ungkap Audy Murphy Sitorus yang juga Sekretaris Satgas Covid-19 Pemkab Toba saat dihubungi, Sabtu (24/7/2021).

Pasien tersebut katanya, baru menjalani isolasi mandiri di rumahnya setelah diketahui terpapar Covid-19. Bahkan, karena berstatus pasien isoman, yang bersangkutan diawasi oleh Satgas.

Audy Murphy pun menyayangkan apa yang dilakukan oleh Salamat Siturus. Dengan kejadian itu, saat ini Satgas Covid-19 Kabupaten Toba pun membawa Salamat ke RS Porsea.

"Saat ini dia di isolasi di Rumah Sakit Porsea. Tindak lanjut yang kami lakukan saat ini adalah mentracing siapa-siapa saja yang kontak erat dengan pasien. Untuk mengantisipasi agar tidak menyebar luas," tandasnya.

Dari penjelasan di atas, maka video viral mengenai pasien Covid-19 yang tidak diterima untuk melakukan isolasi mandiri dan dipukuli warga adalah misinformasi

https://www.suara.com/news/2021/07/2...enarkah?page=3

Yg di pukulin gilak...

Yg mukulin goblok...

Klop dahemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Memang harus dihajar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 2 lainnya memberi reputasi
Ga punya rasa kemanusiaan lo pada yg mukul (kalau benar ya) 😒

Emang dia mau kena covid ya?! Coba itu tolong yg mukulin, masih punya otak ga, apa jgn2 tempurung kepala ny kosong 😔

Kasian warga indonesia, mayoritas org sdh ga berempati, org lg sakit lo pukulin, ckckck 😒
profile-picture
profile-picture
garren007 dan extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh sub.zero.mk7
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Cerita covid di negeri +62 emoticon-Cool




Andai covid itu tentara allah ... harusnya pasien covid dihormati ... krn menjadi pilihan tentara allah beristirahat

emoticon-Leh Uga



.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EnzoMan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bah masih untung ga digebuk sampai mampus klo gitu mah emoticon-Nohope
Pantesan di massa sama orang kampung emoticon-Ngakak
profile-picture
qwerty59 memberi reputasi
Wkwkwkwkwk
Masih untung kaga dibakar, kelakuan binatang
emoticon-Cape d...
Iya gw juga curiga liat videonya, ga dipukulin kok, cuma ditahan pake galah, bunyi pukulannya pas kamera kebawah, kayanya mukul jalan itu bukan mukul orang
Cari perkara ternyata tuh orang emoticon-Cape d...
profile-picture
Sinkhole memberi reputasi
tulang senang berbagi emoticon-I Love Indonesia
Makanya gw gak yakin nih berita awalnya, krn segoblok2nya kris10 gak mungkin bisa melampaui kogoblokkan kadrun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 2 lainnya memberi reputasi
ini orc cultures, manusia ga bakal ngerti.

remember! around b***x never relax!
Asttajjim emoticon-Kagets
Agamanya apa?

Jangan jadi latah kalo orang upload2 video dengan narasi tertentu trus lgsg percaya

Tunggu dulu cek fakta dan kebenarannya, udah sering kejadian kek gini akibat sosmed. Ujung2nya kita sendiri yg malu bela2in
profile-picture
falin182 memberi reputasi
Udah sakit tambah parah sakitnya krn sekampung yg mengeroyok
Owh, pantes..
Bahaya kalo dibiarin...
CEK FAKTA: Viral Pasien Covid-19 Dikeroyok Orang Sekampung karena Ingin Isoman
Dipancung saja, biar jadi contoh agar yg laen tidak kek gt emoticon-Bingung
Kena sakit menular terus coba nularin ke org lain...msh untung ga di bakar masa tuh orang
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di