CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hattrick Kasus Kematian selama Tiga Hari PPKM Level 4
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fb5906d055d80fe242ef62/hattrick-kasus-kematian-selama-tiga-hari-ppkm-level-4

Hattrick Kasus Kematian selama Tiga Hari PPKM Level 4

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali maupun luar wilayah itu hingga 25 Juli 2021. Perpanjangan itu dilakukan usai pemerintah menilai lonjakan kasus virus corona (covid-19) di Indonesia belum mengalami pelandaian kasus yang signifikan.

Pemerintah juga memutuskan mengganti istilah PPKM Darurat, menjadi PPKM Level 4.Namun demikian, Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah akan mulai membuka secara bertahap aturan di PPKM Darurat, apabila di 26 Juli kasus covid-19 di Tanah Air mengalami perkembangan yang menuju ke arah pelandaian kasus.

Bila dilihat dari perkembangan kasus covid-19 selama 3 hari PPKM Level 4 dengan dibandingkan pada 3 hari sebelumnya, maka terlihat beberapa perbedaan seperti peningkatan jumlah kasus kematian, namun positivity rate menurun.

Pada kasus konfirmasi positif covid-19 misalnya, pada periode 18-20 Juli jumlah kumulatif penambahan kasus positif covid-19 di Indonesia mencapai 117.303 kasus. Kemudian pada periode 21-23 Juli jumlah kasus positif covid-19 naik menjadi 132.352 kasus.

Selanjutnya pada kasus kematian warga yang meninggal akibat covid-19. Tercatat dalam kurun 18-20 Juli sebanyak 3.711 warga meninggal dunia akibat covid-19, sementara pada periode tiga hari PPKM Level 4 tercatat kasus naik menjadi 4.398 orang yang meninggal dunia.

Pada perkembangan kasus kematian warga yang terinfeksi covid-19 juga mencetak hattrick rekor baru selama tiga hari berturut-turut. Pada 21 Juli, Indonesia mencapai rekor baru kasus kematian harian yakni 1.383 kasus. Disusul rekor baru pada 22 Juli dengan 1.449 kasus, dan rekor kematian baru pada 23 Juli sebanyak 1.566 kasus.

Pun penambahan serupa terjadi pada kasus aktif atau kasus warga yang tengah menjalani perawatan di fasilitas kesehatan maupun isolasi mandiri di rumah masing-masing. Periode tiga sebelum PPKM Level 4, kumulatif kasus aktif berada di angka 1.635.366 orang. Sementara pada periode 21-23 Juli jumlah warga yang dirawat maupun isoman naik mencapai 1.680.979 orang.

Tentunya penambahan kasus aktif ini bukan merupakan perkembangan yang baik, sebab semakin tinggi kasus aktif akan berimplikasi terhadap meningkatnya tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) sejumlah rumah sakit rujukan pasien covid-19 di Indonesia.

Selain perkembangan yang cukup buruk, ternyata masih ada beberapa aspek yang mengalami perkembangan cukup baik. Pertama, positivity rate alias rasio kasus warga terpapar virus corona harian yang mengalami penurunan.

Apabila dalam periode 19-20 Juli jumlahnya rata-rata di 30,89 persen. Maka pada tiga hari selama periode PPKM Level 4, positivity rate rata-rata turun menjadi 24,9 persen. Meski begitu, capaian itu tetap memperlihatkan bahwa kondisi Indonesia masih 'darurat'.

Sebab, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan ambang batas minimal angka positivity rate kurang dari 5 persen. Sehingga, apabila positivity rate suatu daerah semakin tinggi, maka kondisi pandemi di daerah tersebut memburuk sehingga perlu ditingkatkan kapasitas pemeriksaan covid-19 di wilayah tersebut.

Adapun untuk perkembangan baik kedua adalah, jumlah warga yang diperiksa harian meningkat selama periode 21-23 Juli yang tercatat secara kumulatif sebanyak 547.319 orang yang diperiksa. Sementara pada periode 18-20 Juli, jumlah warga yang diperiksa hanya 380.181 orang.

Kemudian perkembangan baik ketiga, jumlah kasus warga yang sembuh dari covid-19 juga mengalami kenaikan. Apabila pada periode 18-20 Juli jumlah kumulatif warga sembuh sebanyak 91.272 orang, maka selama periode 21-23 Juli, jumlah warga yang sembuh naik menjadi 108.245 orang.

(kha/ugo)


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...i-ppkm-level-4


Hattrick Kasus Kematian selama Tiga Hari PPKM Level 4


Hattrick Kasus Kematian selama Tiga Hari PPKM Level 4


BOR rumah sakit turun dan kasus covid - 19 turun, berbanding lurus karena memang sudah banyak yg wafat emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 4 lainnya memberi reputasi
kalo dibilang menurun salah besar kematian makin banyak itu indikator gawat

profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 2 lainnya memberi reputasi
Input ny byk yg sakit, y pilihan output ny cuma 2, sembuh ny banyak dan/atau yg mati banyak 😔
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
Diubah oleh sub.zero.mk7
Kok bisa ya bilang sudah menurun
Masih macet kan? Lanjutkan rekornya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan 2 lainnya memberi reputasi
Amerika uda 60ribu lagi yg kena
Kl indo banyak yg mati itu tandanya masyarakatnya kurang edukasi dan fasilitas kesehatan kita bobrok.

Masyarakat indo religius, harusnya mudah dididik taat prokes, tapi pimpinan umatnya mayoritas mentingin duit sumbangan masjid dan syahwat politik dibanding keselamatan masyarakat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
demamkonspirasi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Awal² pandemi Corona melanda Indonesia, ternyata terungkap bahwa LBP meminta Lockdown, tapi ditolak sama Jokowi, hal itu dikatakan sendiri oleh staf khususnya LBP.

Kemudian muncul istilah PSBB, kemudian PSBB mikro, PPKM Darurat dan terbaru PPKM berlevel (1-4). Banyaknya bermunculan istilah² tersebut memang ada dasar hukumnya, dan alasan utamanya pengambilan istilah² itu karena pempus ingin menghindar dari tuntutan penerapan UU Kekarantinaan, Lockdown bahasa kerennya. Kalau pakai UU Kekarantinaan maka pempus nggak akan mampu terkait anggarannya.

Sekarang gini, mulai banyak bermunculan penolakan² terhadap PPKM di daerah², belum lagi bentrok antara Sat Pol PP dengan para pedagang, kemudian adanya sindiran keras dari BEM UI, BEM UNPAD, BEM UGM, dan BEM Udayana, semua itu sangat terlihat saat pelaksanaan PPKM Darurat.

Bahkan LBP pun sempat meminta maaf karena PPKM Darurat masih belum bisa baik, kasus covid makin tinggi.

Saat ini bisa dibilang adanya social unrest, dan itu sudah ditangkap oleh pempus, oleh intelijen. Makanya muncul istilah PPKM level 1-4. Karena pempus memasukkan unsur ancaman politik di situ, BIN aja sudah diturunkan buat program vaksinasi. Jadi PPKM berlevel (1-4) selain untuk mengendalikan kasus covid juga untuk mengetahui sejauh mana potensi ancaman dari sisi poleksusbudhankam.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gantarIDWS dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Banayak kalangan yg menduga jumlahnya jauh lebih besar
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan wawos memberi reputasi
yaa...

ndableg terus...

habis itu salahin pemerintah...

teriak 'Jokowi harus mundur'...

NGEHE!
Hattrick Kasus Kematian selama Tiga Hari PPKM Level 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kazuraba dan 2 lainnya memberi reputasi
Umpan matang dari corona disambut striker berkelas dunia dari masyarakat, ga lupa manajer yg baik dari pemerintah

Kombinasi yg pasemoticon-2 Jempol
Diubah oleh Org.sembarangaN
Sudah 1tahun pandemi ini berlangsung tapi urus data penerima bansos masih berantakan, nakes belum dibayar, RS belum dibayar....
Presiden sibuk cari obat diapotek, menteri sosial sibuk cari kompor...
Bukannya benahin administrasi, urus laporan keuangan kenapa nakes belum dibayar ?

Buat PP untuk mempercepat pembayaran ke RS, jgn bilang gak bisa, merubah statuta UI saja bisa kok....
profile-picture
masamune007 memberi reputasi
Innalillahi wa inna ilaihi raji'un.
Datanya valid n jujur gakemoticon-Bingung
liat drum daerah kepemimpinan Arab bodong....

Hattrick Kasus Kematian selama Tiga Hari PPKM Level 4
profile-picture
gantarIDWS memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Hattrick Kasus Kematian selama Tiga Hari PPKM Level 4

sekedar mengingatkan
profile-picture
gantarIDWS memberi reputasi
oksigen di kota ane habis cuy... udah gak kehitung pasien yg lewat karena oksigen habis


apalagi pasien on venti, wassalam aja dah

mau mulai op juga was was, takut habis oksigen ditengah jalan😬
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Didaerah ane jakarta. Masih bnyk yg gak pake masker.... Pengen rasanya klo ane otg bersin di muka mereka...
media bego netijen bego
ntar kaget di saat yang bersamaa rekor kematian tertinggi sekaligus rekor kesembuhan tertinggi juga
makin banyak yang kena, makin banyak yang sembuh dan makin banyak yang mati


×
GDP Network
Bolalob • Garasi • Historia • IESPL • Kincir • Kurio • Lokadata • Opini • Womantalk
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di