CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60fa845e368e612ee0343b4f/sejarah-po-ramayana---kisah-si-pemanah-ungu-dari-muntilan

Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Hallo apa kabar agan sista semuanya ? Semoga agan dan sista dalam keadaan baik-baik saja dimanapun kalian berada. Pada kesempatan kali ini, ane akan membahas sejarah bus lagi. Setelah sebelumnya ane menulis sejarah PO Esto dari Salatiga, kali ini masih dari kawasan Jawa Tengah, ane akan membahas sebuah PO dari Kota Magelang. Bagi agan dan sista yang belum membaca tulisan ane yang sebelumnya bisa klik disini.

Perkenalkan gan sist salah satu PO legendaris dari Lembah Tidar, namanya adalah PO Ramayana. Bagi agan dan sista yang tinggal di Jogja dan Magelang atau Semarang, pasti sudah tidak asing dengan nama PO ini bukan ? Ciri khasnya adalah punya armada bus dengan warna ungu, disertai siluet orang memegang panah. Yang membuat PO ini dijuluki "Sang Pemanah", ada juga yang menyebutnya sebagai "Pemanah Ungu dari Muntilan".

Dirunut dari sejarahnya gan sist, PO ini berdiri di daerah Muntilan, merupakan kecamatan yang berada di sebelah selatan Kabupaten Magelang. Jaraknya sekitar 15 km dari pusat Kota Magelang. Bicara soal Muntilan, dulu banyak bus yang berasal dari sini. Salah satunya adalah Putra Remaja, yang tercatat masih eksis haingga kini. Untuk PO Putra Remaja sudah ane tulis ulasan sejarahnya, bagi yang belum membaca silakan klik disini.



Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

PO Ramayana dengan bodi Patriot, buatan Morodadi Prima.

Foto: Ramayana Lover's/Facebook



Bicara soal Ramayana, tidak banyak informasi yang bisa ane dapatkan dari bus ini gan sist. Menurut beberapa sumber, PO ini sudah eksis sejak awal tahun 1970-an. Bagi agan sista yang mengetahui informasi terkait PO ini, silakan nanti berkomentar di bawah ya. Pada awal beridirnya, PO ini banyak memakai bus buatan Ford dan Chevrolet. Selain itu, mereka juga sempat memakai bus Mitsubishi Fuso T 653 serta Mercedes Benz LP 911.

Pada awalnya, Ramayana mengisi trayek lokal di sekitar Magelang. Beberapa trayek tersebut adalah Muntilan - Borobudur - Magelang dan Magelang - Ngadirejo. Pada awal berdirinya, Ramayana belum memiliki ciri khas warna ungu gan sist. Ramayana era 70-an memiliki warna kuning, putih, hijau dengan tulisan Ramayana berwarna merah. Seperti di bawah ini penampakan fotonya.


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Ramayana era 70-an.

Foto: Bagus Priyatna



Pada perkembangannya, trayek Ramayana terus berkembang, setelah melayani trayek lokal di sekitar Magelang, PO ini lantas membuka beberapa trayek baru. Beberapa trayek tersebut adalah Jogja - Magelang - Semarang dengan armada bus non AC. Menjelang akhir tahun 1970-an Ramayana juga membuka trayek dari Jogja dan Magelang menuju Jabodetabek gan sist.

Untuk trayek menuju Semarang ini awalnya diisi oleh armada Mercy seri OF, kemudian pada perkembangannya. Ramayana mulai menggunakan merek Hino seri AK bermesin depan dengan bodi buatan Laksana. Selain melayani kelas non AC, di trayek Semarang - Jogja, Ramayana juga menghadirkan bus Patas AC tahun 1990. Pada perkembangannya, PO Ramayana juga merintis trayek sampai Pelembang dan Jambi memasuki awal tahun 2000-an. (CMIIW)


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Mercedes Benz OF 1113, Jogja - Semarang non AC.

Foto: Sejarah Transportasi/Facebook

Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Hino AK, bodi Panorama 2 buatan Laksana.


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Hino AK, bodi Panorama 3 buatan Laksana.


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Patas pertama Ramayana di jalur Semarang - Jogja.

Foto: BITD (Bis Indonesia Tempo Dulu)/Facebook




Awalnya Menggunakan Siluet Gambar Penari


Sebelum dikenal dengan julukan "Sang Pemanah", Ramayana dikenal dengan julukan "Sang Penari" gan sist. Julukan itu karena bodi bus Ramayana dulu terdapat siluet gambar penari, dulu bodi busnya masih dominan warna putih gan sist.

Livery pertama adalah livery loreng dengan warna abu-abu, yang kedua adalah livery penari dengan latar ombak berwarna dasar abu-abu, yang ketiga livery penari dengan latar matahari dan pohon kelapa berwarna dasar putih, yang keempat livery penari dengan latar motif api berwarna dasar biru muda. FYI gan sist, khusus untuk livery penari ini bisa dibilang cukup lama dipakai oleh Ramayana. Mulai akhir 1980-an sampai tahun 2011.

Memasuki tahun 2011, barulah Ramayana mengganti semua livery pada armada busnya menjadi ungu dengan gambar orang sedang memanah. Walau baru 10 tahun memakai warna dasar ungu dan gambar pemanah, tapi hal tersebut langsung merubah citra Ramayana. Dari yang awalnya "Penari" kini menjadi "Pemanah", awalnya gambar pemanah tersebut diletakkan di bagian tengah bodi bus, kemudian saat ini gambar pemanah tersebut berpindah ke bagian belakang bodi bus. Berikut ini kumpulan foto PO Ramayana dengan livery yang berbeda:


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Bodi Panorama 3 buatan Laksana.


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Patas AC Jogja - Semarang, bodi Setra buatan Morodadi Prima.


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Bodi Proteus buatan Morodadi Prima. Dari ketiga livery ini terlihat masih ada gambar penarinya gan sist emoticon-Big Grin


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Jetbus buatan Morodadi Prima. Yang ini sudah ada gambar pemanahnya emoticon-Big Grin

Foto: fastrans22.blogspot.com




Banyak Memakai Bodi Buatan Karoseri Morodadi Prima


Jika diperhatikan, saat ini PO Ramayana banyak memakai bodi buatan karoseri Moroadi Prima asal Malang. Sebenarnya sejak era 2000-an, mereka sudah memakai bodi buatan Morodadi Prima, walau jumlahnya terbatas. Namun, saat ini hampir seluruh armada bus mereka memakai bodi buatan Karoseri asal Malang tersebut gan sist.

Mulai dari bodi setra seperti foto di atas tadi, lalu ada bodi Ventura (single glass dan double glass), Grand Tourismo (single glass dan double glass), Patriot (single glass dan double glass). Dan perlahan mereka mulai jarang memakai bodi buatan Laksana, padahal saat merintis trayek Jogja - Semarang, seluruh armadanya memakai bodi buatan Laksana. Selain bodi buatan Morodadi, mereka saat ini juga memakai bodi paling laris, yakni Jetbus 3 buatan Adiputro. Selain itu, mereka juga memakai bodi buatan karoseri Tri Sakti dan New Armada dari Magelang.

Bicara soal armada bus, saat ini di dominasi oleh seri Hino RK8 (R260). Varian bus Mercedes Benz terakhir mereka adalah OH 1521. Yang unik gan sist, meski memakai chassis Hino R260, Ramayana tetap memakai logo Mercy emoticon-Big Grin Berikut ini beberapa bodi bus yang digunakan Ramayana saat ini:


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Bodi Ventura buatan Morodadi Prima.


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Bodi Royal Travego buatan Morodadi Prima.


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Bodi Jetbus buatan Morodadi Prima.

Foto: fastrans22.blogspot.com


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Grand Tourismo buatan Morodadi Prima. Chasssis bus memakai Hino R260, tapi diluar memakai logo Mercedes Benz emoticon-Big Grin

Foto: Ahmad Egi Setya Nugraha/Facebook


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Bodi Ventura double glass buatan Morodadi Prima.

Foto: Ramayana Lover's/Facebook


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Bodi Patriot double Glass buatan Morodadi Prima.

Foto: Bus Mania Indonesia/Facebook


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Mengikuti tren bodi bus, memakai Jetbus 3 juga.

Foto: Yudhi U Cox/Facebook


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

OH 1521 milik Ramayana yang sudah pensiun, bodi Old Setra buatan Adiputro.

Foto: Agus Ramayana/Facebook


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Bodi Infinity HD Deluxe buatan Tri Sakti.

Foto: Suryanto/Facebook




Masih Eksis Melayani Trayek ke Pulau Sumatera dan Jabodetabek


Saat ini PO Ramayana masih aktif melayani rute dari Wonosari - Jogja - Magelang menuju Jabodetabek. Selain itu mereka juga masih bertahan melayani rute Jogja - Pelembang - Jambi gan sist, untuk trayek lokal, mereka saar ini hanya melayani bus Patas dengan trayek Jogja - Semarang. Untuk bus ekonomi di jalur tersebut sudah tidak aktif (cmiiw). Dan saat ini, Ramayana juga mengembangkan usahanya dengan membuka jasa bus Pariwisata. Saat ini PO Ramayan memiliki kantor pusat di Jl. Pemuda 214, Muntilan.

Bersama PO Putra Remaja, PO Ramayana termasuk cukup awet melayani rute ke Pulau Sumatera dengan armada Hino R260. Untuk trayek ke Jabodetabek, PO Ramayana bisa jadi alternatif pilihan bagi agan dan sista yang berdomisili di jalur selatan. Kira-kira apakah agan dan sista punya pengalaman naik PO Ramayana ini ?


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Jogja - Jambi.


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Jogja - Jakarta - Bogor.

Foto: Ramayana Lover's/Facebook


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan

Semarang - Jogja Patas.

Foto: Bus Mania Indonesia/Facebook



Demikian sedikit ulasan mengenai "Sang Pemanah Ungu" dari Muntilan gan sist, mohon maaf jika ada informasi yang kurang lengkap terkait PO ini. Jika agan sista mengetahui sejarah soal PO Ramayana, silakan nanti berkomentar di bawah.

Semoga sedikit pengetahuan tentang sejarah bus yang ane bagikan ini bisa bermanfaat untuk agan dan sista. Sampai jumpa emoticon-Angkat Beer




Referensi Tulisan: 1.2& Grup Facebook Sejarah Transportasi, Grup Facebook Nostalgia Bus Indonesia
Ilsutrasi Foto: Facebook & Google Image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
volcom77 dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 3
Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan


Sejarah PO Ramayana - Kisah Si Pemanah Ungu dari Muntilan


Dari era 1970 sampai sekarang, melewati berbagai peristiwa penting seperti rusuh Mei 1998, Pemilu 2004, perseteruan kampret cebong sampai pandemi corona. Selalu kagum dan respect sama PO bus yang masih bisa mempertahankan eksistensinya emoticon-2 Jempol emoticon-Toast



Best Komen emoticon-Toast



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jenggalasunyi dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dulu kayaknya sering ketemu di lintas timur sumatra atau di dermaga merak/Bakauheni
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bus yang sering ane naikin nih gan kalo mudik ke magelang..
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
dulu sering naek bis ini jurusan palembang - jogja, jogja - palembang. (sebelum harga tiket pesawat terjangkau)
jogja - semarang jg suka naik bis ini.
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


sekarang masih lewat di daerah yang agan sebutkan, karena PPKM jadi jarang terlihat busnya gan emoticon-Ngacir


Quote:


merantau di mana nih agan ?, ada pengalaman menarik kah selama ini ?


Quote:


setelah tiket pesawat murah jadi gak pernah naik Ramayana ya gan ? emoticon-Big Grin
profile-picture
69banditos memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sama2 Wayang tapi kalah jauh sama Po H kudus itu...

tapi suka banget klo dulu papasan sm si R ini
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gasskeun laah emoticon-Leh Uga
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


mainnya gak jauh kok gan, sekitaran Wonosari-Temanggung-Jogja, jadi gak banyak manianya kayak po yang agan maksud dan po yang warna-warni itu emoticon-Peace jadi gak terlalu dikenal, cmiiw.

bicara soal PO di jalur selatan Jogja, mereka memang gak banyak ekspansi trayek baru keluar daerah. entah mengapa PO zaman dulu itu sangat menghormati trayek milik PO lain yang beda daerah, jadi daripada mereka ekspansi ke wilayah orang dengan trayek yang sama, mereka lebih memilih bertahan di rumah sendiri.

izin trayek bus zaman dulu juga lebih sulit, jika dibandingkan dengan sekarang. zaman sekarang izin trayek baru gak sampai 5 tahun udah keluar, padahal dulu butuh waktu 3-5 tahun bagi sebuah po untuk mendapat izin membuka trayek baru. cmiiw

btw cek kulkas emoticon-Blue Guy Cendol (L)




Quote:


siap ndan 69, btw lama gak kelihatan nih emoticon-Big Grin

salam iskrim emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pernah naik, yg jogja-semarang, dari medari,turun di banyumanik, di oper dimagelang..tahun 2004
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan pulaukapok memberi reputasi
Langganan jogja jambi
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
jaman 1993-1994 sering naik nih Bis Patas jogja ke semarang. livery warna dasar abu-abu. ane cari-cari gak ketemu fotonya. udah pakai bis besar dan nyaman banget.
pengalaman pertama kali naik bis patas ya naik Ramayana ini
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
pernah naik bus ramayana Palembang - Jakarta
so far so good
nice...
supir gak ugal ugalan
emoticon-Cool
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Kurang terkenal nih bus...apa gara gara ga ada tim yutub nya kah cem STJ ama Haryanto?emoticon-Big Grin seharusnya yutuber juga mereview yang ginian.
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh pannotia.server
Quote:


naik Patas atau bumel gan ?


Quote:


merantau di Jambi kah gan ?


Quote:


livery abu2 ini memang sulit dicari fotonya gan, ane coba cari di grup fb juga gak ketemu emoticon-Hammer (S)

btw tahun 93-94 masih livery penari, livery yang paling awet di Ramayana emoticon-Big Grin


Quote:


mantap, mengutamakan kenyamanan emoticon-2 Jempol


Quote:


bus jalur selatan rata2 gak banyak ekspansi keluar kota, mereka bertahan di sekitar Jogja, Wonosari dan Magelang. makanya mereka gak terlalu dikenal, tapi rejeki mereka tetap lancar, buktinya masih eksis sampai sekarang.
profile-picture
mynameisant memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Apa kabar rama
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
pernah naik ini jogja-semarang. kondekturnya berisik suka misuh2 pengendara lain
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Pelanggan setia MP emoticon-Recommended Seller
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Dulu pernah naik bis ini tahun 2000an waktu lebaran kedua rute Semarang-Jogja naik dari Milo.

Sekarang berapa ya naik ini Semarang-Jogja dari Sukun?
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Sekarang udah nggk terlalu banyak ya Ramayana di jalanan... sekitar 10th lalu lumayan banyak bis nya dr Jogja ke berbagai tujuan Jabodetabek.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Nah ini salah satu PO yg ditunggu² dgn beberapa gambar khasnya Rama & Shinta.
PO yg penuh kenangan saat jaman perjuangan kerja di Semarang.
Naik dari Terminal Jombor Jogja & turun di Tugu Muda Semarang.
emoticon-2 Jempol emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh black_robo
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di