CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
5 Tanda Kalau Kamu Sedang Denial, Playing Victim Termasuk Salah Satunya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f99236f3a8cf7648026eb1/5-tanda-kalau-kamu-sedang-denial-playing-victim-termasuk-salah-satunya

5 Tanda Kalau Kamu Sedang Denial, Playing Victim Termasuk Salah Satunya

5 Tanda Kalau Kamu Sedang Denial, Playing Victim Termasuk Salah Satunya



Denial menurut Verywell Mind merupakan sebuah cara melindungi diri dengan mengabaikan realita dari situasi yang sedang dialami untuk menghindari kegelisahan. Ketika kamu mengalami denial, kamu kesulitan untuk menerima sesuatu yang membuatmu kewalahan dan stres. Denial mungkin membantu kamu menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan memberi waktu beradaptasi terhadap situasi yang sedang kamu alami. Namun, denial yang terlalu lama akan berdampak buruk ke hidupmu karena masalah yang seharusnya diatasi malah terus menerus kamu biarkan begitu saja tanpa ada solusi yang jelas. 

Mengetahui apakah kamu sedang denial atau tidak, akan membantu kamu saat sedang berada di situasi yang membuat kamu stres dan kewalahan. Berikut adalah lima tanda bahwa kamu sedang mengalami denial, cek apakah kamu mengalami salah satunya, ya! 


1. Kamu tidak ingin membicarakan tentang masalahmu

5 Tanda Kalau Kamu Sedang Denial, Playing Victim Termasuk Salah Satunya




Saat orang terdekatmu mencoba membantu dengan membicarakan masalah yang sedang kamu alami untuk mendiskusikan solusinya bersama, kamu malah menghindarinya dengan mengganti topik pembicaraan atau mengalihkannya dengan menjadikan masalahmu sebagai bercandaan. 


Ketika kamu enggan membicarakan atau memikirkan tentang hal yang mengganggu pikiranmu, ini adalah tanda pertama bahwa kamu mengalami denial. Bagaimana, sudah relate dengan tanda pertama ini?




2. Kamu punya banyak alasan untuk membenarkan perilakumu

5 Tanda Kalau Kamu Sedang Denial, Playing Victim Termasuk Salah Satunya




Seseorang yang denial akan menggunakan berbagai alasan untuk membuat perilaku atau masalah yang sedang ia alami menjadi rasional dan bukan merupakan sesuatu yang serius. Contohnya, kamu terus-terusan memaafkan perilaku buruk pasanganmu karena kamu yakin manusia tidak luput dari kesalahan sehingga kamu mewajarkan hal itu. 


Perilaku denial semacam ini adalah penyebab dari masalah dalam suatu hubungan karena lama kelamaan kamu akan merasakan lelahnya berjuang sendiri. Sebelum itu terjadi, pahami bahwa apa yang kamu lakukan itu adalah bentuk denial sehingga harus segera kamu  ubah agar tidak menyulitkan dirimu sendiri ke depannya.




3. Kamu menunda-nunda mencari solusi untuk masalahmu

5 Tanda Kalau Kamu Sedang Denial, Playing Victim Termasuk Salah Satunya




Ketika kamu membiarkan masalah karena tidak ingin terlibat dalam sesuatu yang rumit, kamu juga sedang berada dalam denial. Mencari solusi untuk masalah yang sedang kamu alami akan menambah beban pikiran sehingga bisa mempengaruhi suasana hati saat sedang beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu, seseorang yang denial akan mengesampingkan hal itu terlebih dahulu agar tidak mengganggu kesehariannya. Namun, kebiasaan itu hanya akan membuat masalahmu semakin runyam karena tidak diatasi dengan segera. Ibarat sampah, jika tidak kamu bakar, lama kelamaan akan menumpuk dan menimbulkan bau busuk, bukan?




4. Kamu menyalahkan orang lain atas masalah yang kamu alami

5 Tanda Kalau Kamu Sedang Denial, Playing Victim Termasuk Salah Satunya




Tanda keempat bahwa kamu sedang mengalami denial bisa disebut sebagai playing victim, yaitu istilah yang digunakan saat seseorang percaya bahwa orang lain adalah penyebab dari masalah yang ia alami. Saat kamu playing victim, kamu yakin bahwa perilakumu tidak punya dampak apapun terhadap masalah yang sedang kamu alami sehingga kamu merasa kamu adalah korbannya.


Menyalahkan orang lain atas masalah yang sedang dialami adalah bentuk denial paling umum yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari karena kurangnya kesadaran diri. Kamu yang sering merasa jadi korban karena mengalami masalah bertubi-tubi sebaiknya mulai merubah pola pikir dari sekarang. Bisa jadi malah kamu yang tidak pernah introspeksi diri sehingga kesalahan yang sama selalu terulang dan membuatmu selalu terlibat dalam masalah.




5. Kamu merasa orang lain terlalu mencampuri urusanmu

5 Tanda Kalau Kamu Sedang Denial, Playing Victim Termasuk Salah Satunya




Denial terjadi saat kamu yakin masalah yang sedang kamu alami bukan hal serius sehingga kamu bisa mengatasinya sendiri. Maka dari itu, saat ada orang terdekatmu yang mencoba membantu atau memberi nasihat, kamu tidak membuka diri dan tidak mau mendengarkan. Padahal, justru orang-orang terdekatmu yang biasanya lebih paham dengan kondisimu karena mereka melihat keseharianmu. 


Saat ada yang mencoba membantu dan menasihatimu, artinya mereka sadar bahwa kamu mengalami kesulitan. Menolak bantuan orang lain walau sebenarnya kamu butuh adalah bentuk denial yang juga sering terjadi. Penyebabnya karena beberapa kemungkinan, yang paling umum adalah tidak ingin menyusahkan orang lain, dan juga ingin menjaga harga diri karena tidak mau terlihat lemah di mata orang lain.




Dari lima tanda denial di atas, adakah yang sedang kamu rasakan saat ini? Jika ada, sebaiknya kamu mulai mawas diri dengan menyadari bahwa ada masalah atau perilakumu yang butuh perhatian dengan mencari solusi atau melakukan perubahan untuk itu. 



Kamu bisa mulai membuka diri terhadap orang yang kamu percaya untuk membicarakan keluh kesah yang sedang memenuhi kepalamu. Juga jangan sungkan untuk menemui psikolog atau terapis jika dirasa perlu, ya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan 6 lainnya memberi reputasi
jadi ht tapi belum ada reply.. ane reply duluan deh.. buat ts jangan bosan bikin thread yak.. emoticon-Cendol Gan
Scr garis besar bener c
Ada beberapa di ane gan emoticon-Cape d...
info penting nih
banyak yg suka playing victim
Menarik sekali
Wah ane nomor 5 ngerasa nih bre emoticon-No Hope
bener juga sich...
Lalu kasih cara, dan tips supaya kita tidak menjadi orang yang denial.
Jadi itu toh ciri²nyaemoticon-Coblos
aku denial dan aku bangga
profile-picture
NecroTorture memberi reputasi
Cukup di dota aja kalian banyak deny
Jangan kebawa di real life
Nanti yg ada jadi arogan
Nomor 3 nih gan , ho ho ho emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Post ini telah dihapus oleh KS06
ada beberapa menurut gue yg bener dan terjadi di gue ganemoticon-Hammer
oh, jd saat ini gw lg dlm kondisi spt ini
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di