CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f97fbba48936543c0a0cc0/8-kuliner-belitung-yang-meningkatkan-nafsu-makan-gak-cukup-sepiring

8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!

8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Belitung merupakan pulau kecil yang berdekatan dengan Bangka, mulai dikenal banyak orang dari film ‘Laskar Pelangi’ dan mendapatkan banyak kunjungan dari turis domestik maupun luar negeri yang penasaran dengan keindahan pantainya.
Namun, kamu juga tidak boleh melewatkan kulinernya yang patut diacungi jempol. Rasa khas berbagai kuliner Belitung memberikan kesan tersendiri yang bikin nagih, jadi mau lagi dan lagi, deh!
CIta rasanya kaya, delapan kuliner khas Belitung berikut ini wajib kamu coba kalau kamu berkunjung, ya!

1. Gangan
8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Hidangan satu ini adalah yang pertama kali harus kamu coba kalau ke Belitung. Ikan dalam Gangan dimasak dengan kuah kuning berbahan dasar kunyit. Kamu juga akan merasakan perpaduan gurih, pedas, dan rasa khas dari rempah yang digunakan untuk memasak Gangan. Umumnya, buah nanas juga ditambahkan untuk membuat Gangan menjadi semakin segar untuk dinikmati. 

2. Sambal rusip
8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Bagi kamu yang menyukai perpaduan asin gurih, asam, dan pedas, sambal rusip akan bikin kamu ketagihan. Terdiri dari ikan teri yang difermentasi dengan garam dan gula merah, rusip harus dinikmati dengan potongan cabai, bawang merah, serta perasan jeruk nipis agar rasa khas rusip semakin keluar. Sambal rusip paling sedap disantap bersama nasi hangat, lauknya bebas sesuai selera karena rasa sambal rusip bisa masuk ke lauk mana saja. Orang Belitung pada umumnya menikmati rusip sebagai pasangan ikan goreng dan lalapan. Dijamin auto nambah nasi, deh!

3. Berego

8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Mirip dengan laksa, berego berbeda dari segi bentuknya yang tidak panjang namun pipih dan dipotong-potong lalu kemudian digulung. Berego terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu sehingga teksturnya kenyal. Yang membuat berego makin nikmat adalah kuah kari ikannya. Perpaduan gurih kuah kari ikan dengan tekstur kenyal berego tidak akan cukup dinikmati satu kali saja karena kamu akan ketagihan dengan rasanya. Apalagi jika ditambah sambal, cita rasanya langsung naik level!

4. Sambal serai
8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Bikin mau lagi dan lagi, sambal serai punya cita rasa khas spesial yang bikin nafsu makanmu bertambah. Dibuat dengan menghaluskan serai yang dicampur dengan berbagai rempah dan santan, tidak heran jika sambal serai cocok dijadikan teman makan lauk apapun. Makanan yang kamu nikmati dengan sambal serai otomatis menggugah selera, jadi hati-hati kalap, ya!

5. Gangan darat
8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Disebut gangan darat karena bahan dasarnya dibuat dengan menggunakan hewan yang hidup di darat, seperti ayam dan sapi. Tidak seperti gangan biasa yang bahan dasarnya ikan, gangan darat kuahnya sedikit lebih kental karena menggunakan singkong sebagai pelengkap. Gangan darat biasa disajikan pada saat acara penting seperti makan bedulang atau resepsi pernikahan.

6. Kericu
8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Biasa disebut kericu, keripik telur cumi ini dibuat dengan mencampurkan telur cumi dan tepung sagu, lalu dibentuk memanjang kemudian digoreng. Rasa gurih dari telur cumi dengan tekstur kericu yang renyah adalah perpaduan yang gak mungkin gagal bikin kamu mau ngunyah terus. Selain dijadikan snack, kericu juga bisa jadi teman makan nasi, bakso, atau mie sebagai pengganti kerupuk.

7. Mie Belitung

8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Tak lengkap rasanya jika tidak menyantap mie Belitung saat berkunjung ke Belitung. Hidangan ini merupakan perpaduan dari mie kuning yang diguyur kuah kaldu udang dengan dominan rasa manis karena dicampur gula merah. Untuk pelengkap, mie Belitung diberi topping potongan timun, tahu, bakwan udang, kentang, serta tauge dan udang rebus kecil. Emping juga tak lupa ditambahkan untuk menambah variasi tekstur. Semua elemen tadi jika digabungkan dalam satu piring akan menciptakan rasa manis dan gurih yang makin nikmat jika disantap selagi hangat. Kalau kamu ingin ada sedikit tendangan, bisa tambahkan sambal yang biasanya juga disajikan saat kamu memesan hidangan ini.

8. Sambal lingkong
8 Kuliner Belitung yang Meningkatkan Nafsu Makan, Gak Cukup Sepiring!


Abon versi lokal masyarakat Belitung, dibuat dengan memanfaatkan hasil tangkapan laut para nelayan. Sambal lingkong banyak dijual di pasaran maupun di toko oleh-oleh, sehingga mudah didapatkan. Kebanyakan keluarga setempat pasti punya stok sambal lingkong di rumah, sebagai antisipasi kalau sewaktu-waktu tidak ada lauk. Perpaduan nasi hangat serta rasa gurih dan sedikit manis dari sambal lingkong adalah penyelamat di saat kamu kelaparan. Sambal lingkong juga biasa disantap dengan lontong atau ketan pada saat hari raya idul fitri.

Bagi yang sudah pernah ke Belitung dan menyicipi makanan-makanan di atas patut berbahagia karena sudah tau rasanya. Menggugah selera sekali, bukan? Bagi yang belum, semoga setelah pandemi berakhir bisa berkunjung ke Belitung dan wisata kuliner di sana, ya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Semuanya kelihatan enak .Sebagai orang Sumatera ane yakin pasti semuanya ane sikatemoticon-Ngacir
profile-picture
kamiladiva memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Enak enak semuanya.......yang pertama rasanay seger banget....
gangan mirip2 sambal asam pedas ya emoticon-Big Grin cuma gangan darat agak lain karena pake ayam atau sapi
Sarapan
saya pas makan mie belitung disajiinnya ngak panas ya? atau emang penyajiannya kayak gitu. tapi secara rasa emang enak banget sih, tapi kalo disajiin pas panas-panas pasti lebih mantep lagi emoticon-Recommended Seller
sekilas di notif ane bacanya kuliner BELATUNG emoticon-Leh Uga
Ikan kuah kuning... Mantab
Kek pindang Palembang mnkin rasanya ya
Btw rusip sm barego itu populer jg disumsel.. Besa nm aja
emoticon-2 Jempol
Diubah oleh seringboering
ngiler jirremoticon-Mad
masih covid gini, ga usah kemana2
Penting banget ini untuk menambah wawasan tentang kuliner Belitung.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
Makanan favorit nie...... Sikat smua dah kalau ada emoticon-2 Jempol

Berego itu ya Burgo lahhh
Kangen Seafood di rm Batu Garuda sama gangan timpok doeloeemoticon-Malu
Bulan maret kemaren ane ke belitong, makan mie belitung itu, namanya mie atep kalo gasalah. Kacau enak bgtt, disajiin diatas daun jati, pantes aja banyak pejabat dan artis makan disitu,
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Gangan terlihat seperti pindang di sumatera selatan palembang
Gangan, mi belitung sama kericu mantap tuhhh, sama apa itu biasanya disebut menu menyambut tamu
Gw bukan orang sumatera, tapi udah terbiasa dengan masakan sumatera...mantab ini
waduh kaga ada yang ane tau smua ini makanannya emoticon-Hammer (S)
Kelihatannya menarik nih. Lom pernah ane coba semua
Banyak menu sambelnya
Enak2, tp sygnya jauhhhhemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di