CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Alasan Kenapa Industri Film Indonesia Tidak Maju Maju
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f9357174762401a6767d9f/alasan-kenapa-industri-film-indonesia-tidak-maju-maju

Alasan Kenapa Industri Film Indonesia Tidak Maju Maju

Alasan Kenapa Industri Film Indonesia Tidak Maju Maju

Warkop DKI Reborn tercatat sebagai film terlaris dari Indonesia yang memiliki 6,8 juta penonton di bioskop. Kelahiran kembali film legendaris trio warkop ini tampaknya membuat banyak orang merasa antusias tapi coba lihat jumlah penjualan tiketnya dan bandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Tak kurang dari 270 juta manusia hidup di Indonesia namun yang menonton film Warkop reborn bahkan tak sampai 7 juta.

Sebaliknya, film Avenger Endgame sukses meraup belasan juta penonton hanya dari Indonesia saja. Dengan begitu banyaknya promosi dan cerita yang luar biasa jelas saja film Indonesia memang belum bisa bersaing namun kira-kira kapan terakhir ada film Indonesia yang cukup menggebrak dunia perfilman? Atau setidaknya film yang bukan sekedar komedi, horor atau cinta-cintaan.

Alasan Kenapa Industri Film Indonesia Tidak Maju Maju

Saya nggak berani bilang kalau film Indonesia tidak bagus namun saya merasa ada yang aneh dengan pemasarannya. Film sudah seharusnya tayang di bioskop namun cukup jarang saya melihat film Indonesia ditayangkan di bioskop, kebanyakan di dominasi oleh film-film luar negeri yang sudah teruji kesuksesannya.

Well, bioskop itu juga bisnis. Buat apa menghabiskan slot untuk film indo yang belum tentu laku? Lebih baik memutar film luar yang punya banyak peminat. Kebanyakan orang indo juga lebih suka film luar. Ini adalah satu faktor yang menghambat tumbuh kembang industri film di Indonesia.

Persebaran bioskop di Indonesia juga amat tidak merata dan sedikit, hanya sekitar 1500 layar di seluruh Indonesia, beberapa provinsi bahkan sama sekali tidak ada bioskop sehingga menyulitkan orang-orang untuk menonton film yang mereka inginkan dan akhirnya beralih ke versi bajakan.

Alasan Kenapa Industri Film Indonesia Tidak Maju Maju

Jadi, perfilman Indonesia tampaknya tidak didukung oleh bioskop dan sepertinya juga diabaikan oleh pemerintah. Tidak adanya profit membuat studio film yang sebenarnya berkualitas harus gulung tikar. Tidak dihargai di negeri sendiri banyak sutradara dan aktor yang akhirnya hengkang keluar negeri. Hasilnya sudah bisa kita lihat sendiri.

Tidak ada yang pantas untuk disalahkan. Para penonton juga tak mungkin dipaksa untuk menonton sesuatu yang tidak mereka sukai. Yang bisa kita lakukan hanya… menunggu keajaiban. Siapa tahu suatu saat akan ada film buatan Indonesia yang mendunia dan membuat studio film lain mengikuti jejaknya sekaligus membuka mata pemerintah mengenai pentingnya industri film bagi negeri ini.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur sumber sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
antonov07 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 4
Kalau saya pribadi paling suka film siapa diatas presiden dan The guys. Kamu?
profile-picture
sayassaja memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Karena kebanyakan alur ceritanya mainstream semua, kalau gak cinta-cintaan ya horror, gitu aja... film yang paling bagus menurut ane The Raid... itu pun sutradaranya bukan orang Indo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
panjul1993 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cardiology
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Setuju bioskop terlalu sedikit
Di korsel aja penduduk cuma 50 juta rekor film paling laris di bioskop nyampe 17,6 juta karcis/penonton
Di sana bioskop jauh lbh banyak, jd film2 hollywood sering promo ke sana bahkan uda banyak film yg premiere globalnya di korea, krn pasarnya utk film gede walau negaranya kecil

Dominasi rumah produksi juga bikin genre film indo kurang variasi
Kalo gak komedi ya drama/romcom
Karena gak banyak juga org indo rela ke bioskop buat nonton genre yg ringan begitu, jadi buat ngisi genre lain ya mau gak mau bioskop ngandelin film luar
Pandangan org indo juga msh ngapain repot2 nonton film ringan ke bioskop

Lingkaran pelaku film di indo juga monoton bgt
Sutradara itu2 aja, produser itu2 aja, bintang film juga kalo ada yg baru didominasi muka2 blasteran yg aktingnya yaaa gitulah
Kalo kayak gitu yauda lama berkembang industrinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rick.cobra dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
msh lama, 3 dekade lg
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
alasan kenapa film indonesia tidak maju-maju?

Lembaga Sensor Film

itu sudah emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Gtu2 aja
Drama & cinta2an
Castny 4L

Kdang gk pantes imho y

The raid ok lah
Trus ada comic 8 yg ok jg
Trus apa lg y
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Film indo aneh gan,pernah iseng nonton masa orang miskin tapi bajunya bagus² and stylish emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crockoaches dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Headshot kereeen... 😌👍
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Tiap hari di cekokin sinetron drama cinta2an bikin film malah cinta2an lagi
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sbenarnya resepnya simple

Pertama kita harus menyadari kekurangan kita

Okelah anggap teknologi CG /efek kita gk secanggih holywood ( karena suka gk suka mata penonton kita udah dimanjakan ama holywood ) gak usah bawa2 jiwa nasionalis, karena faktanya emang gitu !

Jdi apa solusinya ?

Buat film-film yang lebih menitikberatkan ke ceritany , bukan visual efek dkk.


Yang kedua

Harus berani keluar dri pakem

Contoh
: Kl setingnya tema kerajaan = film silat / kolosal perang
Padahal tema kerajaan bisa dikemas jdi lebih ke unsur drama nya / intrik politiknya
( Belajarlah ama drakor kerajaan korea untuk ini )


Ketiga
Jangan hitam vs putih bgt
Cobalah buat yang abu-abu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
poenkers dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
bagus cover nya doang kl kata netijen aseng

contoh : Rafathar emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kualitas warga nya ?
Kualitas sineas nya ?
Kualitas produser nya ??
terima nasib aja,...
mayoritas selera warga indo itu DRAMA,..
mulai dr aneka macam acara tivi,
sampe konten berbagai jenis medsos,...

emoticon-Betty
Skg jaman Netflix
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jujur aja ke bioskop itu nggak enakin (buat saya) nggak bisa bawa makanan.. air mineral aja disita.
Sah2 mereka sih bikin aturan.. tapi sah2 gwe juga kalo nggak suka aturan itu...
Lagian tinggal streaming.. sambil ngemil bebas..
Untuk film indo sudah kena set di kepala.. paling cerita gitu2 doank.. bukan salah kita.. karena film indo marketingnya nggak segencar dan sebaik film bikinan amrik sono.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coba bikin cerita yang gk biasa seperti campuran sejarah dengan time treveler misal
Sejarah sama pemburu vampir/zombi kayak abraham lincon ternyata pemburu vampire

Kalo cerita kerajaan seperti korsel yg banyak politiknya/drama
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
tidak dihargai lalu bikin hengkang keluar negeri?

hmm.. film itu kan seni dan hiburan ya. kl bagus dan cocok selera pasti ditonton org banyak dan semua pihak dpt manfaat.. masa maunya semua org nonton dulu walo jelek supaya industri film lokal merasa dihargai dan bs maju..
profile-picture
profile-picture
Gailham dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Karena sinetron nya yg bnyk disukai ..
film indo kehilangan basis penggemar satu generasi
gimana caranya memikat kembali?

ane rasa kayak gini kudu ada strategi yg dirancang secara menyeluruh.
dan ini layak karena nilai ekonominya bakal gede banget
soalnya yg maen dia lagi dia lagi

kalo ektingnya yahud mah gpp

nah ini....terutama yg itu tuh...cuman ngandelin brewok ama suara bariton...pikir sendiri males gw nyebut namanya bahkan utk inisial sekalipun emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
antonov07 dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di