CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Sedikit Kisah Tentang Herodotus, Sang Bapak Sejarah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f84d2c436cb701ea7fb4a1/sedikit-kisah-tentang-herodotus-sang-bapak-sejarah

Sedikit Kisah Tentang Herodotus, Sang Bapak Sejarah

Quote:

Sedikit Kisah Tentang Herodotus, Sang Bapak SejarahKali ini ane akan menulis sedikit kisah dari seseorang yang disebut Father of History atau bapaknya sejarah yaitu Herodotus.

SELAMAT MEMBACA
emoticon-Shakehand2

Perkenalan : Herodotus dan Kelahiran Sejarah

Herodotus lahir tahun 484 SM dan meninggal 425 SM adalah seorang penulis Yunani yang menemukan bidang studi yang sekarang dikenal sebagai "sejarah". Dia disebut "Bapak Sejarah" oleh penulis dan orator Romawi Cicero untuk karyanya yang terkenal The Histories tetapi juga disebut "Bapak Kebohongan" oleh para kritikus yang mengklaim "sejarah" ini tidak lebih dari dongeng belaka.

Meskipun benar bahwa Herodotus terkadang menyampaikan informasi yang tidak akurat atau melebih-lebihkan kisahnya, catatannya secara konsisten terbukti kurang lebih dapat diandalkan. Kritik awal terhadap karyanya telah dibantah oleh bukti arkeologis kemudian yang membuktikan bahwa klaimnya yang paling sering dikritik, pada kenyataannya, akurat atau setidaknya berdasarkan informasi yang diterima pada saat itu. Pada hari ini, Herodotus terus diakui sebagai Bapak Sejarah dan sumber informasi yang dapat diandalkan tentang dunia kuno oleh mayoritas sejarawan. 

Pemahaman kita tentang kekuatan budaya dan politik yang muncul pada Zaman Klasik Yunani (479-431 SM), sebagian besar bertumpu pada karya satu individu yang luar biasa, yaitu Herodotus. Sayangnya, sangat sedikit yang diketahui hari ini tentang hidupnya.

Herodotus lahir di Halicarnassus, sebuah kota pantai di barat daya Asia Kecil (sekarang Turki), untuk menilai dari fakta tentang tahun kematiannya, Herodotus tampaknya tidak tahu tentang peristiwa dalam sejarah Yunani setelah awal 420-an, kematiannya mungkin terjadi tidak lebih dari 425 SM. Selain itu, kita hanya tahu sedikit tentang pria itu, selain itu kemungkinan besar dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di Athena di mana bukunya terbukti cukup populer di sana.

Quote:

Herodotus juga hanya menulis satu karya sepanjang hidupnya yaitu ΙΣΤΟΡΙΑΙ (The Histories), investigasi panjang dari Perang Persia (490-479 SM), perjuangan epik Yunani yang jauh lebih kecil di Barat dan musuh mereka di Kekaisaran Persia yang sangat besar di timur. Herodotus tidak hanya mendokumentasikan momen penting ini dalam sejarah Yunani. The Histories juga berdiri sebagai contoh penyelidikan sejarah paling awal yang diketahui di dunia, upaya awal bangsa Eropa untuk meneliti masa lalunya. 

Sejarah mengungkapkan beberapa hal lain tentang Herodotus sang penulis sejarah. Misalnya, jika tanggal lahirnya benar, Herodotus adalah seorang anak kecil selama Perang Persia dan tidak mungkin menjadi saksi mata sebagian besar peristiwa yang dicatat dalam The Histories, yang berarti kesaksiannya tidak dapat dijadikan bukti utama. Sebaliknya, dia pasti telah berkeliling Mediteraniauntuk mengajukan pertanyaan kepada orang-orang, sebuah penyelidikan sejarah yang disebut sejarah lisan. Dari situ, ia berusaha merumuskan cerita yang koheren (berhubungan) tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum masa hidupnya dan mengarah ke Perang Persia. 

Memang nama yang dia pilih untuk memberi judul karyanya membuktikan metode penelitian ini, karena kata historia (ιστορία) dalam bahasa Yunani berarti "untuk mempertanyakan, membuat penyelidikan, menyelidiki."Bentuk jamak dari historia dalam bahasa Yunani adalah historiai (ιστορίαι) dan itu adalah nama Yunani dari mahakarya Herodotus.

Selain itu, karya ini juga menunjukkan status sosial pengarangnya. Bahwa Herodotus lebih dari satu kali menyebutkan harga dan informasi numerik yang merupakan indikasi kuat bahwa ia memiliki pendidikan kelas menengah dan mungkin melakukan perjalanan melintasi dunia sebagai seorang pedagang, menjalankan bisnis sambil mengumpulkan data yang membentuk karyanya.

Ini sangat kontras dengan hampir semua sejarawan kuno lainnya, yang cenderung berasal atau terikat pada keluarga bangsawan dan biasanya tidak menyebutkan informasi tentang ekonomi atau detail praktis kehidupan sehari-hari. Orang yang tidak bekerja untuk hidup tidak akan menganggap hal-hal seperti ini menarik. Sebaliknya, mereka memikirkan masalah filosofi, karakter, dan tradisi.

Quote:

Karya Herodotus, tanpa diragukan lagi, adalah salah satu dokumen paling berharga dalam sejarah peradaban. Maka masuk akal untuk menganggap bahwa ketika dia berkeliling melakukan perdagangan di berbagai tempat, Herodotus bertanya kepada orang-orang tentang ingatan mereka akan masa lalu, kisah-kisah tradisional yang mereka dengar dari orang tua, kakek-nenek dan orang tua mereka, dengan menggunakan data tersebut, ia berusaha merumuskan gambaran tentang masa lalu.

Metodologi ini dibuktikan dengan baik dalam The Histories di mana Herodotus sering memasukkan ungkapan seperti "Para imam di Mesir mengatakan kepada saya ..." Pernyataan semacam itu diikuti lebih dari sekali dengan semacam cerita sensasional yang tidak banyak meningkatkan kepercayaan akan validitas historisnya. 

Keandalan Sejarah Herodotus

Sejarah tidak ada yang menciptakannya, sejarah hanyalah hasil dari waktu yang terbentang bersama dengan tindakan mereka yang hidup dan mati dalam rentang waktu tersebut. Studi tentang tindakan-tindakan itulah yang kita sebut sejarah, dan sejarah memiliki awal yang pasti. Bagi banyak orang studi tersebut dimulai oleh Herodotus, dia adalah penulis teks sejarah panjang pertama.

The Histories adalah kumpulan catatan tentang perang Yunani-Persia, yang diisi dengan penyimpangan informatif yang terbentang dari Mesir hingga Timur Dekat. Sampai hari ini, Herodotus sering dikutip oleh para sarjana sebagai sumber informasi tentang tanah dan peradaban pada masa lalu. 

Tentu saja, Herodotus bukanlah seorang sejarawan seperti yang mungkin kita pikirkan. Kisahnya, yang sebagian besar mengandalkan sumber lisan dan penceritaan kembali orang kedua, penuh dengan contoh fantasi. Kecenderungannya terhadap kepercayaan juga membuatnya mendapat julukan yang agak kurang enak yaitu "bapak kebohongan," berdasarkan banyak kritik atas karyanya yang dimulai tak lama setelah The Histories diterbitkan. 

Herodotus bukanlah orang pertama yang menulis sejarah. Orang-orang Yunani sebelum dia,  seperti Hecataeus, juga telah menuliskan sejarah tentang beberapa peristiwa. Tetapi tidak seorang pun sebelum Herodotus yang mencoba untuk mengkompilasi jenis catatan komprehensif tentang peristiwa besar yang diwakili oleh The Histories. Melalui itu, Herodotus mencoba untuk menunjukkan tidak hanya apa yang terjadi, tetapi mengapa itu terjadi.
Quote:

Kehidupan Herodotus & Perjalanan

Kota Halicarnassus, pusat komersial yang ramai di pantai barat daya Asia Kecil. Herodotus berasal dari keluarga pedagang Yunani-Karian. Pada pertengahan abad ke-6 SM, Halicarnassus menjadi provinsi Kekaisaran Persiadan diperintah oleh Lygdamis. Keluarga Herodotus menentang pemerintahan Lygdamis dan diasingkan di pulau Samos

Ketika masih muda, Herodotus kembali ke Halicarnassus untuk ikut dalam pemberontakan anti-Persia yang gagal. Setelah itu Herodotus tidak pernah kembali ke kota asalnya lagi. Alih-alih menetap di satu tempat, Herodotus menghabiskan hidupnya dengan bepergian dari satu wilayah Persia ke wilayah lain.

Dia menyeberangi Mediterania ke Mesir dan melakukan perjalanan melalui Palestina ke Suriah dan Babel. Dia menuju ke Makedonia dan mengunjungi semua pulau di Kepulauan Yunani : Rhodes, Siprus, Delos, Paros, Thasos, Samothrace, Kreta, Samos, Cythera, dan Aegina. 

Dia berlayar melalui Hellespont ke Laut Hitamdan terus berjalan sampai dia mencapai Sungai Danube. Saat dia bepergian, Herodotus mengumpulkan apa yang dia sebut "pertanyaan pribadi". Dia mendengarkan mitos dan legenda, mencatat sejarah lisan dan membuat catatan tentang tempat dan hal-hal yang dia lihat. 

Herodotus menghabiskan seluruh hidupnya bekerja hanya pada satu proyek yaitu kisah tentang asal-usul dan pelaksanaan Perang Yunani-Persia (499–479 SM) yang kita kenal sebagai "The Histories."
Quote:

Setelah Herodotus meninggal, The Histories dibagi menjadi sembilan buku. Lima buku pertama melihat ke masa lalu untuk mencoba menjelaskan kebangkitan dan kejatuhan Kekaisaran Persia, menggambarkan geografi setiap negara bagian yang ditaklukkan Persia dan menceritakan tentang rakyat dan adat istiadat mereka. Empat buku berikutnya menceritakan kisah perang itu sendiri, dari invasi Yunani oleh kaisar Persia Darius dan Xerxeshingga kemenangan Yunani di Salamis, Plataea dan Mycale pada tahun 480 dan 479 SM. 

Buku Sejarah Herodotus

Secara keseluruhan, kisah Herodotus tentang masa lalu tampaknya dibebani dengan banyak sejarah yang diciptakan. Untungnya, fiksi yang dibuat tidak sepenuhnya tanpa nilai. The Histories mencatat setidaknya perasaan orang Mesir kuno atau Babilonia tentang apa yang seharusnya terjadi. Dan jika itu bahkan tidak memiliki banyak dasar sejarah, itu menyoroti selera humor mereka, bagaimana mereka bersenang-senang mengarang cerita untuk diceritakan kepada penjual keliling Yunani yang mudah tertipu. 

Sayangnya, itu bukan satu-satunya masalah bagi sejarawan yang mencoba menggunakan Sejarah Herodotus untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi sekitar waktu Perang Persia. Lebih dari sekali, Herodotus menemukan sumber-sumber yang bertentangan satu sama lain, tetapi kemudian alih-alih menganalisisnya dan mencoba menyaring mana yang fakta dan mana yang fiksi, ia hanya menolak kontradiksi dengan sesuatu seperti "Beberapa orang mengatakan ini dan yang lain mengatakan itu,"

Sebaliknya, ia tampaknya senang menceritakan kisah mengejutkan apa pun yang datang kepadanya dan mencari cara untuk memasukkan bahan tersebut ke dalam karyanya, bahkan jika sebuah kisah benar-benar aneh, semakin seram dan sensasional kisah itu, ia tampaknya semakin senang untuk memasukkannya, terutama jika itu melibatkan salah satu fantasi khususnya, seperti kisah yang melibatkan wanita tinggi dan cantik atau mengekspos penyimpangan seksual orang asing. Bagi banyak sejarawan tema seperti itu tidak menunjukkan pendekatan yang serius dan profesional untuk mempelajari masa lalu, lebih tepatnya itu hanyalah ocehan santai seorang pencerita.
Quote:

Tetapi juga ada banyak orang lain terutama para sastrawan melihat karya Herodotus sebagai harta kekayaan budaya. Dengan menjadikan kunjungan ke masa lalu sebagai hal yang menyenangkan untuk dibaca dan didengarkan, ia membangun audiens yang tertarik pada subjek tersebut. Kita tidak boleh lupa bahwa sebelum dia tidak ada sejarawan, tidak ada sejarah.

Herodotus seperti seorang kakek terbaik di dunia yang dengan lantang menceritakan kisah mencekam, penuh intrik, eksplorasi dan pelajaran tentang kehidupan di samping tempat tidur. Mendengarkan karyanya tampak dirancang untuk membuat orang tertawa terbahak-bahak atas kelemahan orang-orang bodoh, menangisi kematian patriot yang mulia, bangga pada keberanian dan kebijaksanaan manusia, untuk menyaksikan kekuatan para dewa yang luar biasa, dan bahkan perjalanan ajaib ke negeri yang jauh seperti Babel, kota termegah di dunia kuno.

Meskipun inti utama The Histories adalah untuk menceritakan kisah perang antara Yunani dan Persia, sebagai pendongeng alami, Herodotus tidak melompat ke klimaks, atau bahkan memulai dengan cerita utama. Meskipun tidak dapat disangkal bahwa Herodotus membuat beberapa kesalahan dalam karyanya, The Histories umumnya dapat diandalkan dalam studi ilmiah di semua disiplin ilmu dari arkeologi hingga etnologi.
Quote:

Herodotus mengidentifikasi dirinya dalam prolog karyanya sebagai penduduk asli Halicarnassus dan ini diterima sebagai tempat kelahirannya meskipun Aristotelesmengklaim bahwa ia adalah penduduk asli Thurii (koloni Yunani sekarang wilayah Italia). Perbedaan ini umumnya dipahami sebagai kesalahan yang dibuat dalam sumber kuno karena Herodotus memang pernah tinggal di Thurii tetapi tidak lahir di sana.

Kegemaran mendongeng Herodotus telah membuat para kritikus khawatir dan kesal tetapi kualitas The Histories juga yang membuat karya itu sangat dikagumi. Herodotus mampu membawa pembaca ke dalam peristiwa yang dia ceritakan dengan menciptakan adegan yang hidup dengan karakter yang menarik.

Dia bukanlah pengamat yang netral dalam karya yang dia tulis dan sering memberikan pendapat pribadi panjang lebar tentang berbagai orang, adat istiadat, dan peristiwa. Sementara kekagumannya pada Homer sangat jelas, dia dengan bebas mempertanyakan kebenaran sejarah Iliaskarya Homer, menanyakan mengapa Achaea melakukan kampanye yang begitu lama dan mahal pada Perang Troya hanya karena seorang wanita. Ini hanyalah salah satu dari banyak contoh kepribadian Herodotus yang ditampilkan dalam karyanya.
Quote:

Hidup & Mati Herodotus

Setelah berkeliling dunia, Herodotus datang untuk tinggal di Koloni Yunani Thurii di mana ia mengedit dan merevisi The Histories, dia juga pernah tinggal di Athena. Para ahli menganggap kemungkinan bahwa dia meninggal di Athena karena wabah pada tahun 425 SM.

Perang Persia menandai titik balik penting tidak hanya dalam sejarah Yunani, tetapi juga dalam perjalanan semua peradaban Eropa. Karena kemenangannya, Yunani terselamatkan dari ancaman kekuasaan eksternal dan dapat berkembang dengan sendirinya. Tanpa keberhasilan mereka dalam konflik ini, tidak diragukan lagi, mereka tidak akan pernah memiliki kebebasan, sarana atau keyakinan untuk menemukan, atau menciptakan semua yang mereka lakukan, bukan hanya sejarah tetapi juga filsafat, sains, drama, seni, arsitektur, bahkan sebagian besar pilar peradaban modern. 

Konsekuensi lain dari kemenangan ini, yang tidak terlalu langsung tetapi sama pentingnya, adalah bahwa hal itu mencegah Persia mendominasi tanah di sebelah barat Yunani, kemungkinan besar ladang subur Italia dan Sisilia target sebenarnya dari desain kekaisaran Xerxes. Sebuah pemukiman kecil bernama Roma baru saja mulai tumbuh, pada saat itu hampir tidak ada titik di peta, tetapi kemudian berkembang menjadi pemain penting dalam sejarah.
Quote:

Romawi juga menang dalam Perang Persia, tanpa pernah menurunkan satu pun pejuang. Mustahil membayangkan betapa jauh berbedanya dunia kita jika Persia menaklukkan atau memusnahkan Romawi sebelum mereka sempat tumbuh. Dengan demikian, orang Yunani meletakkan dasar bagi budaya Barat dan Herodotus menjadi dasar untuk memahaminya. 

Jika begitu banyak fakta terlihat mencurigakan atau bahkan terbukti tidak benar dari karyanya. Jika ia kadang-kadang tampak membuat spekulasi dan skandal atas kritik dan ilmu pengetahuan. Sebelum mengutuknya, kita harus ingat bahwa ia pelopor dari apa yang kita sebut sejarah, sebuah disiplin ilmu yang masih menyandang namanya. 

Kepada "orang biasa" yang paling tidak biasa ini, kita berhutang kolektif yang sangat besar padanya. Dia Herodotus dari Halicarnassusadalah Bapak Sejarah. Titik! 
Ane pamit
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
sumber : 1, 2, 3, 4, 5, 6




profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 17 lainnya memberi reputasi
emoticon-dor
Hero Do Tus!!!
Hmmmmmmm
Padahal kota nya sama dengan artemisia....tapi herodotus... mihak yunani yah trus dengan berapi2 ceritain soal sparta dengan pasukan 300nya yg kelibas ama xerxes.....di battle of thermophylae
profile-picture
profile-picture
ilnero dan AnggaNavie memberi reputasi
Ini yang di Assassin Creed Odyssey itu yaa. . . .

emoticon-Cendol Gan
Herodotus, tuk pertama kalinya di bumi, sbg bapak sejarah dunia..... Ada sisi lain dr ybs slama hidup nya..... Well, ybs hny lah manusia biasa.... Tiada gading yg tak retak, gan..... emoticon-Big Grin
profile-picture
tyrodinthor memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kutipan orang ini selalu di pake sama barat ketika bahas apapun tentang sejarah
Itu lahir sama matinya apa kgak keliru..gan TS ?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kru kapal di ac odyssey nih emoticon-Big Grin
profile-picture
AnggaNavie memberi reputasi
Mantul
Nambah wawasan
jas merah
Jangan sekali2 meninggalkan mantan
Ehhh sejarah
emoticon-Leh Uga
Panjang banget gan
Menarik banget
Ini orang pemikirannya udah sangat jauh melampaui orang2 pada zamannya
Pergi kemana mana utk mengumpulkan data2 sejarah yg sebisa mungkin bebas dari tahayul.
Memang Bapak Sejarah emoticon-Cendol Gan
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
Herodotus, Megasthenes, Strabo, Cassius Dio, Plinius Secundus, Yordanes, dkk adalah budayawan dan sejarahwan Yunani paling terkenal dan historiografer yang paling bisa diandalkan catatan-catatannya. keakuratan catatan mereka dapat dibuktikan dengan perbandingan sumber primer lainnya. kerja yang sangat serius untuk ukuran zamannya.
profile-picture
raeuki memberi reputasi


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di