CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Bahaya Sate Kambing Gosong dan Setengah Matang, Coba Resep Berikut yang Lebih Sehat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f67a71b0cebc055d2c1592/bahaya-sate-kambing-gosong-dan-setengah-matang-coba-resep-berikut-yang-lebih-sehat

Bahaya Sate Kambing Gosong dan Setengah Matang, Coba Resep Berikut yang Lebih Sehat

Bahaya Sate Kambing Gosong dan Setengah Matang, Coba Resep Berikut yang Lebih Sehat

Pada hari raya Idul Adha, daging kambing tersedia di sebagian besar rumah kita. Banyak orang mengolah daging kambing jadi sate karena praktis dan cepat. Namun Agan dan Sista perlu waspada, nih. Membakar sate daging kambing sampai gosong atau setengah matang sama-sama menyimpan bahaya.
 
Gosong dan Setengah Matang
 
Memanggang daging kambing sampai gosong akan menghasilkan rasa bakar yang lebih kuat (smoky). Tekstur daging menjadi lebih kriuk. Sementara itu memanggang hingga setengah matang saja menghasilkan daging yang masih lembut (juicy).
 
Menurut dr. Devia Irine Putri seperti publikasi klikdokter.com, membakar sate sampai gosong atau setengah matang saja sama-sama menyimpan potensi yang membahayakan kesehatan. Makanan gosong memiliki risiko karsinogenik yang menyebabkan kanker. Daging kambing setengah matang dapat menyebabkan infeksi kuman.
 
Hanya saja, untuk jadi kanker butuh proses lama. Bukan sekali makan, setelahnya langsung menderita kanker. Efek dari karsinogenik itu jangka panjang, apabila kita terus menerus mengonsumsi daging gosong dalam jumlah besar. Selain itu kanker juga banyak penyebabnya, bukan dari makanan gosong saja.
 
Sate kambing yang masih setengah matang dapat menimbulkan akibat jangka pendek setelah mengonsumsinya. Keracunan, gangguan pencernaan atau gangguan fungsi organ dan dehidrasi, bahkan sampai menyebabkan kematian apabila tidak segera mendapat perawatan.
 Bahaya Sate Kambing Gosong dan Setengah Matang, Coba Resep Berikut yang Lebih Sehat


Resep Sate Kambing Sehat
 
Bagi Agan dan Sista yang tidak mau menanggung risiko dari sate gosong atau setengah matang, berikut resep sate kambing yang praktis anti repot. Cukup sediakan 500 gram daging kambing saja. Rebus dahulu daging sehingga Agan dan Sista bisa memanggang daging hingga kering saja, tidak sampai gosong.
 
Haluskan 2 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih bersama 1 sendok teh ketumbar dan garam secukupnya. Tambahkan 4 sendok makan kecap manis dan 1 sendok makan mentega. Campur ke dalam potongan daging. Diamkan sekitar 1 jam agar bumbu meresap. Setelah itu tusuk ke lidi atau potongan bambu. Bakar sesuai tingkat kematangan yang Agan Sista sukai.
 
Untuk bumbu kecapnya cukup pakai cabe rawit, potongan bawang merah dan tomat secukupnya. Beri air jeruk nipis dan kecap. Lumuri ke sate yang sudah dipanggang.
 Bahaya Sate Kambing Gosong dan Setengah Matang, Coba Resep Berikut yang Lebih Sehat

Untuk sate yang lebih sehat, tips-nya
1. Buang saja lemak daging kambing.
2. Pastikan alat bakar bersih, tidak berkarat. Alternatifnya bakar dengan fry pan anti lengket.
3. Saat memanggang, mentega dapat diganti dengan minyak kanola atau minyak zaitun.
4. Perhatikan perubahan warna daging. Apabila sudah kecokelatan berarti matang. Belah pakai pisau jika masih ragu.
5. Panggang sate dengan porsi secukupnya saja. Sisanya untuk panggang di lain waktu.
6. Tambahkan sayuran semisal mentimun, wortel dan lainnya.
7. Hidangkan bersama es mentimun untuk teman makan sate apabila suka.
 
Selamat bakar-bakar sate.



Sumber 123









profile-picture
profile-picture
profile-picture
ayyaayu dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Dalam hadits riwayat Imam at-Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah, Nabi Muhammad SAW menerangkan pekerjaan yang paling dicintai Allah di hari Nahr adalah berqurban.

"Dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda, tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari Nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan kurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala kurban itu di sisi Allah SWT lebih dahulu dari pada darah yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah qurban." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Semoga Agan dan Sista yang bekesempatan kurban tahun ini mendapatkan pahala tersebut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akeyo dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Makanan yg gak sehat justru lebih enak rasanya emoticon-Ngakak.



Aku suka sate yg agak gosong soalnya emoticon-2 Jempol
profile-picture
batosayyyy memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mantabbb.. jadi inget kulineran kambing di daerah Bantul Jogja emoticon-Big Grin
profile-picture
antonov07 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
bakar sate setahun sekali nggak bakal jadi kanker, kalo jajan sate tiap hari nah itu probabilitasnya baru masuk
profile-picture
profile-picture
antonov07 dan daisy90 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dibikin Sate Buntel Kambing aj kyk Masakan Khas Solo, jamin mateng & nggk gosong emoticon-thumbsup
profile-picture
antonov07 memberi reputasi
asal makannya ga ngamuk santai aj.. yg bikin penyakit itu mikir yg enggak2.. blom makan aj dh mikirin kangker emoticon-Ngakak
profile-picture
antonov07 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ga suka makan sate emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yang sehat biasanya gak enakemoticon-Wink
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Semua yg berlebihan emang nggak baik ya akhi emoticon-Maaf Agan
daging panggang (termasuk sate) emang paling enak setengah matang, terutama kalo tengahnya masih agak merah, lebih gurih dan juicy
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gak doyan kambing bauuuu
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:

masi aman....emoticon-Traveller

lanjut nyate lagi...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
akeyo dan daisy90 memberi reputasi
hmmmm... lejatnya...... betul.. betul.. betul...
sate kambing yang bakarannya nyaris sempurna itu mahal kalau di resto, kalau yang biasa ada gosongnya 35 rebu, yang nyaris ga ada gosongnya itu bisa bengkak jadi 100 rebu emoticon-Wow
halahhhhhhhhh
dapet daging juga lsg beli tusukan sama areng
langsung bakar

malah belum mateng jg byk yg nyomot
ehhhh pas udahan sate nya abis, bumbu masih banyak, nasi masih banyak,,,,

kl ngikutin saran dokter semua makanan juga jadi penyakit,

emoticon-Cipok emoticon-Shakehand2 emoticon-Ultah emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
antonov07 memberi reputasi
Diubah oleh iiewans
makan makanan yg diproses dgn cara bakar mmg kurang baik lho, dampak karbon hasil pembakarannya itu bisa memicu karsinogen. banyak yg beranggapan makanan yg dibakar lbh sehat drpd digoreng, pd kenyataannya gak sedikit kasus org yg sering konsumsi makanan yg dibuat secara dipakar/panggang malah kena kanker. ane ngutip ini dr channel luar di yutub ttg kesehatan ya yg judulnya "sdh makan makanan yg sehat tp knp masih kena sakit kanker parah".
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane gak dapet daging, apakah itu daging kambing 🐐 apalagi 🐄😭
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tambahan: waktu manggang di fry pan ato teplon, pake alas daun pisang. Biar satenya ga gosong
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sate~sate 😂
Udh ga berani makan ini, udh tuwir... Takut
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di