CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f51e58be231b51255cf342/apa-jadinya-jika-laut-tiba-tiba-kering

Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?

emoticon-Salam KenalHalloemoticon-Salam Kenal

Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?   
Pas lagi asyik-asyiknyanyruput air kelapa di pinggir pantai dengan pemandangan laut yang indah tiba-tiba pasti kepikiran kenapa sih laut itu luas banget? Yaa karena planet bumi disebut juga planet biru yang 71% nya air dan sebagian besarnya adalah air laut dan kita hidup di daratan yang luasnya hanya 29%. Kalau agan nanya ke Google berapa luas laut di bumi maka jawabannya kalo nggak salah sekitar 1.338.000.000 km[sup]3[/sup] tapi yang pasti bermiliar-miliar miliar miliar kolam renang yang digunakan olimpiade untuk menampung semua air laut di bumi ini. Laut adalah bagian yang sangat penting dalam kehidupan di bumi Tapi pasti agan bertanya-tanya mungkinkah air laut yang sebanyak ini bisa kering?

Cekidot!

Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?Mengerikannya sama seperti dompet kita kalau lagi akhir bulan jawabannya ternyata bisa tapi tenang gan kering nya itu  enggak secepat kaya kita nyeruput es kelapa waktu panas panasnya di siang hari, kurang lebih membutuhkan 1 sampai 4 miliar tahun ke depan sampai laut itu kering.


Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?    
Tau nggak sih gan siapa yang menjadi tersangka sampai laut itu bisa kering?yaa tentunya si jago merah yang yang terus meningkat kecerahan dan ukurannya yang membuatnya semakin panas yaitu matahari yang menyebabkan laut di bumi mendidih dan kering jadi bisa disimpulkan ya gan bahwa masa depan itu sangat cerah melebihi apa yang kita pikirkan xixixi. Tapi hal ini masih sangat jauh untuk terjadi. Namun apa jadinya jika tiba-tiba laut mengering detik ini juga? Pasti yang pertama terdampak adalah nelayan, peselancar dan pahlawan yang suka menutup matanya sebelah yang kerjaanya ngumpilin banyak barang berharga dari berbagai kapal yakni si bajak lautemoticon-Ngakak (S)
Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?

Namun selain digunakan untuk mencari nafkah ternyata laut memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan di bumi. Yang pertama dalam siklus air jika  laut sampai kering nggak ada lagi penguapan yang yang membentuk awan hujan sehingga makhluk hidup yang ada di daratan akan kepanasan dan kehausan sebagai bonusnya perusahaan payungyang tentunya akan bangkrut. Enggak hanya itu gan, mereka sektor ekonomi dunia langsung terdampak, tentunya akan menjalar ke sektor lain seperti industri perkapalan, industri makanan, retail, dan lainnya.

Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?   
Yang ke-2yaitu laut juga berperan dalam mengatur suhu bumi di mana dalam fungsi ini laut berfungsi menyerap dan ngeratain radiasi matahari pas masuk atmosfer. Arus laut itu mengaliri air panas dan air dingin ke berbagai sudut. Tanpa adanya lautan ini teriknya matahari bakalan terfokus pada bagian tengah bumi aja yang mengakibatkan terbakarnya khatulistiwa tanpa menghangatkan area kutub akibatnya di beberapa tempat bakalan jadi sangat panas sedangkan di tempat lain malah menjadi terlalu dingin. Tentunya Indonesia akan berdampak banget ya gan soalnya kan Indonesia terletak di garis khatulistiwa tepatnya di Pontianak, Kalimantan barat kayaknya pakai kipas sate juga bakalan tetep panas ya gan.

Hilangnya air di lautan juga akan meninggalkan kekosongan ruang [void] sebesar 1.3 miliar kilometer kubik yang sebelumnya terisi air, yang serta-merta udara akan memasuki ruang kosong tersebut. Ini menyebabkan menurun drastisnya densitas atmosfer. Udara [oksigen] di tempat-tempat yang sejajar dengan permukaan lautan menjadi tipis, seolah berada di ketinggian. Dan tentu saja, mereka yang tinggal di dataran tinggi akan menderita karena udara sangat tipis, seperti kondisi di Death Zone, Gunung Everest. Cuaca global juga akan turun drastis, karena menurunnya molekul udara di atmosfer pada ketinggian tersebut.
Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?
Lalu apa yang akan terjadi pada bumi selanjutnya?

     
Dalam waktu tak terlalu lama, Bumi akan menjadi planet yang tak bisa ditinggali makhluk hidup, kecuali organisme-organisme seperti tardigrada. Dalam rentang waktu geologi lama, tanpa adanya hujan dan glacier yang meluluhkan bebatuan, pegunungan akan membesar, dan angin yang dipicu oleh arus termal akan mengikis permukaan Bumi pelan-pelan. Dalam jangka waktu lama, permukaan Bumi akan sangat berbeda dengan yang kita kenal saat ini. Tak lagi perlu menahan beban es dan air lautan maka kerak bumi akan menyeruak, menyebabkan kenaikan aktivitas vulkanik global. Massa Planet Bumi juga akan berubah lebih ringan, dalam rentang jutaan tahun. Hal ini akan mengubah orbit bumi, menjauhkannya dari matahari dan membuatnya menjadi planet mati.

Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?

Seremnya jugayaitu ternyata laut kering pernah kejadian loh gan di tetangga planet kita yaitu planet mars. Riset telah menunjukkan atmosfer mars yang dirusak radiasi matahari ngebuat hampir seluruh airnya hilang ke luar angkasa atau bahkan riset lain bilang kalau air di mars terjebak di bebatuan bawah tanah. Inilah yang nyebabin mars sekarang dikenal kering kayak gurun padahal dulu juga planetnya kayak bumi berwarna biru.


Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?

Sekarang jelas ya gan bahwkita jauh lebih membutuhkan laut daripada laut yang membutuhkan kita. Kita tentu menyadari bahwa lautan tak akan hilang, setidaknya dalam rentang hidup kita. Namun, memahami kompleksitas dan pentingnya lautan bagi kehidupan dan keberlangsungan planet yang kita tinggali ini adalah hal penting untuk kita semua.

     
Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan. 

TS mohon maaf apabila ada salah kata

BYEemoticon-Baby Boy

Spoiler for spoiler:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
jawdixon dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ngeri kali gan kutengok
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan terlalurizky memberi reputasi
Beryukur ane lahir skrg wlaupun di masa depan terang benderang
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
pphitam memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bakalan banyak bencana tentunya gans, kita hidup in butuh air, kalau air laut kering gimana turun hjannya nanti? Kehidupan tidak bisa dipisahkan dari air gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anfa.h dan 2 lainnya memberi reputasi
Wahh.. Baru tau ane gan.. Nice info... emoticon-Salam Kenal
profile-picture
terlalurizky memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jika air laut kering bumi bagai planet bebatuan emoticon-Takut
profile-picture
wisudajuni memberi reputasi
Apa jadinya jika laut tiba-tiba kering?

bisa bebas mungutin lobster, ikan sama rajungan emoticon-Ngakak
Panen garam
tak ada yg kelelep lagi berarti...... emoticon-Ngacir


ya ga jadi apa apa...laut kok kering
pada berlomba nyari rumah diluar bumi kayaknya manusia sebelum waktu itu tiba emoticon-raining emoticon-raining
Sebagai pembuktian bikini bottom itu beneran ada atau enggak emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noeriandcr dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jika laut benar-benar kering, yang pasti kita semua tidak akan mengalaminya emoticon-Big Grin
Bukan payung kali gan, khan payung bisa melindungi dr panas gan 😁
Tritnya bagus, saran aja gan dirapihin emoticon-Shakehand2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mejeng dlu di pejwanemoticon-Cool

btw, siapa yang ngabisin emoticon-Bingung (S)
ki a mat
Roro kidul : yahhh ketauan dehhh.....
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Reserved
nahhhhhhhh gimana kl kering gitu

kan katanya jakarta 20 tahun lagi kelelep air laut karena permukaan nya rendah

emoticon-Shakehand2 emoticon-Ultah emoticon-Cipok
gak bisa membayangkan ....kasihan ama ikan ikan lautnya.....
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di