CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / Toba Ethos /
5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60f261a3e46c525f0d474bb3/5-bahasa-ejekan-halus-yang-sering-digunakan-orang-batak-saat-kesal

5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal

5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal

Setiap suku memang memiliki ciri khas unik di dalam bahasa adatnya masing-masing, bagi mereka yang baru mengenal bahasa adat lain pastinya akan terasa lucu saat mendengar mereka berbicara menggunakan bahasa suku atau adatnya.

Terkadang bagi kita yang memiliki teman orang batak ( yang saya maksud adalah batak toba, selanjutnya saya sebut batak) atau bagi orang luar yang merantau ke daerah batak, pasti pernah merasa seolah-olah dirinya sedang dibicarakan bukan?. Namun, sebenarnya itu hanya perasaan kita saja. Hal tersebut juga pasti dialami orang batak jika merantau kekampung orang.

Logat batak memang keras, namun aslinya maknanya lembut kok GanSis. Yang saya bahas kali ini adalah bahasa ejekan halus yang sering digunakan saat melampiaskan kekesalan, yang artinya ejekan ini tidak menyerang pribadi, ras, golongan dan agama atau melukai perasaan temannya.

Berikut 5 ejekan halus saat merasa kesal.

5. Jolma Sirabun
5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal

Bahasa sirabun sangat sering digunakan untuk mengejek temannya, terjemahan kata dari "Jolma Sirabun" adalah manusia abu. Akan tetapi, maknanya adalah untuk menggambarkan orang bebal (jugul), tidak tau sopan santun.

Contoh kalimat:
- Ucok: Coba lihat dulu tingkah laku si Polan itu, buat malu saja kalau ada cewek.
- Sangkot: Maklumlah, namanya juga "Jolma Sirabun"


Arti sirabun disini tidak tau sopan santun.


4. Allangi Gambo i

5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal

Terjemahan allangi gambo i adalah makani lumpur itu. Bahasa ini juga sering di dengar, penggunaan kalimat ini pada umumnya digunakan jika ada kawan yang tidak berkata jujur dan tidak mau berkata terus terang.

Contoh kalimat:
- Ucok: Lae, kenapa gak ngumpul tadi malam di lapo tuak?
- Sangkot: Allangi ma gambo i, lae yang gk ada di lapo tuak



3. Siallang dodak

5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal

Siallang dodak jika diterjemahkan menjadi pemakan dedak (serbuk halsua dari sampah padi saat menggiling). Penggunaan kata siallang dodak pada di umumnya digunakan untuk menggambarkan orang telat mikir atau susah ngerti.

Jika di daerah batak, dedak dijadikan pakan ternak, karena dedak merupakan makanan kesukaan jenis unggas terutama bebek dan entok. Seperti yang diketahui bebek dan entok itu hewan lelet, bebal dan sulit diusir.

Contoh kalimat:
- Sangkot: Cok, nontonnya kau final Copa America kemarin, Argentina juara loh
- Ucok: Kot, apa tahe nama negara Messi
- Sangkot: na siallang dodak rupanya kau ini, itu saja gak tau percuma kau penggemar Barcelona.


2. Baluhap

5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal

Kata baluhap sangat sering digunakan untuk mengejek teman atau lawannya, tidak tau pasti dari mana asal usul kata baluhap. Penggunaan kata baluhap pada umumnya untuk meluapkan kekesalan.

Contoh kalimat:
Ucok: Kot, maaf ya telat.
Sangkot: Darimananya kau baluhap, lama kali datang
Ucok: Telat bangun Kot



1. Latteung

5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal

Kata latteung juga sangat sering digunakan untuk mengejek, latteung sendiri adalah jenis sayuran bulat yang rasanya mirip terong hijau.

Penggunaan kata ini saat posisi kita dikejutkan oleh orang lain, atau juga sering digunakan untuk memanggil orang yang pura-pura tak mendengar.

Contoh kalimat:
Ucok: Sangkot, tolong ambilkan dulu asbak disampingmu itu.
Sangkot: Ambil sendiri, yang gak adanya tanganmu Cok?
Ucok: eh....Latteung



5 Bahasa Ejekan Halus, Yang Sering Digunakan Orang Batak Saat Kesal
Penulis: Sambelterasi052
Tulisan: Pemikiran Sendiri
Sumber Gambar: Dokpri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052
Halaman 1 dari 3

Maaf, untuk contoh Latteung lupa saya edit 🙏🙏

Bahasa latteung Biasanya digunakan untuk meluapkan rasa kesal karena kecewa, pada umumnya bahasa latteung digunakan jika ada teman yang sulit diandalkan.

Contoh kalimat:
Ucok: Sangkot, tolong ambilkan dulu asbak disampingmu itu.
Sangkot: Ambil sendiri, yang gak adanya tanganmu Cok?
Ucok: ho...Latteung


🔥 Baca Juga: 8 Panggilan Plesetan Nama Yang Sering Digunakan Orang Batak
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Biasanya sering denger bodat kao lae emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
horas tu ma sude
profile-picture
Sambelterasi052 memberi reputasi
Bagudung
Menarik sekali
Jolma Sirabun" adalah manusia abu. Kaya bahasa Sunda; jalma=jolma
horasss
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
aku kalo pulkam ke medan suka lae ku suka bilang tiop ma tiang kalapa i..lol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ngomong2 soal Batak, konon salah satu versi asal-usul kata Borju itu dr Boru *****ju****, dimana org2 dr marga itu terkenal kaya-kaya.
profile-picture
profile-picture
just4skill dan lapakbelakang2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo di surabaya, cuma perlu 1 kata buat semua keadaan di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SP4DE dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Didia rokkap hi emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan penyukabiru memberi reputasi
kmpangemoticon-Leh Uga
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Kalo aku di Bandung
Kadang-kadang bilang Aswibuja ke orang yang nyebelin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sambelterasi052 dan 2 lainnya memberi reputasi
Menarik nih..
Bahas yg lain dong.

Gueee tertarik bngt nih.
Contoh kaya marga gitu gan.
Indonesia tuh emang yaa.
Keren bgt parah sih.

Apa bedanya batak toba ama batak yg lainnya.
profile-picture
profile-picture
Sambelterasi052 dan johanbaikatos memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ah keong lah lae..
sian dia ho kalapa?

udah lama nggak denger jolma sirabun

emoticon-Leh Uga


edit.. baru tau ada komunitas toba ethos
horas lae.. nga boi ta jalo tambul i? emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sambelterasi052 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pernahcakep
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pesong emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Siinaga dan johanbaikatos memberi reputasi
Quote:


dasar bagudung,, bodat kao ini emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
Siinaga dan Sambelterasi052 memberi reputasi
Ngomongnya aja keliatan kasar tapi maksudnya baik. Orang Batak itu terus terang ga bermuka dua, beda dengan yang lain.
profile-picture
Sambelterasi052 memberi reputasi
Diubah oleh 71disini
Siallang dodak kau ts..
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tahee..
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di