rizuki77Avatar border
TS
rizuki77
Gerakan 4 O Langkah Tepat Meningkatkan Kreativitas Anak



Anak merupakan anugerah terbesar yang dimiliki oleh setiap keluarga di dunia. Mereka lahir ke dunia ini memiliki potensi dan kelebihan tersendiri serta berbeda satu sama lain.  Orang tua selaku guru pertama mengajarkan anak serta menjaga tumbuh kembang sang anak.. Peran orang tua sangat besar dalam mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi nusa dan bangsa.


Sumber: Dok. Pribadi

Di era yang serba digital ini, semua aspek kehidupan telah dimanjakan dengan kehadiran internet dan juga gadget. Semua dimudahkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun kita juga dihadapi dengan wabah atau pandemi yang melanda dunia saat ini. Tak heran semua kegiatan harus menggunakan protokol kesehatan dan semua kegiatan pendidikan dilaksanakan daring serta tatap muka. Peran orang tua pun menjadi bertambah mendampingi anak untuk belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.


Sumber: Dok. Pribadi

Walaupun kita sekarang tidak sebebas dulu dalam menjalani aktivitas. Kita sebagai orang tua juga tidak kendor dalam menjaga anak dan meningkatkan kreativitas anak. Selama di rumah kita tetap bisa melatih kreativitas anak dimulai dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Apalagi sekarang dengan adanya gadget, anak-anak hanya terfokus pada game online dan bisa berjam-jam bermain gadget sehingga lupa waktu untuk makan, istirahat, dan juga belajar. Bagaimana langkah yang harus dilakukan dalam meningkatkan kreativitas anak?. Berikut beberapa langkah dengan melakukan gerakan 4 O untuk meningkatkan kreativitas anak anda.

1.     Olah Otak


Sumber: https://pixabay.com/photos/school-board-world-better-place-3720906/

Olah otak bertujuan untuk meningkatkan pemahaman anak akan memahami suatu hal. Pemahaman yang anak peroleh dari setiap ilmu yang diberikan baik di sekolah, rumah, atau di sekelilingnya. Olah otak disesuaikan dengan bakat sang anak. Misalkan sang anak cenderung memiliki nilai tinggi dibidang bahasa. Sebagai orang tua, kita harus cermat dalam menilai dan mengetahui bakat anak. Olah otak bukan cenderung harus melihat anak yang memiliki rangking 1 di kelas. Walaupun anak kita tidak menjadi rangking 1, tetapi lihat pada nilai rapor atau bertanya kepada sang anak apa kegiatan atau hobi yang paling ia sukai. Dari situ kita dapat melatih otak anak atau secara kognitif agar sang anak dapat memahami dan mempelajari suatu hal dengan senang dan tanpa adanya paksaan.


 

2.     Olah Hati


Sumber: https://pixabay.com/photos/portrayal-portrait-baby-face-mood-89193/

Olah hati bertujuan agar anak-anak memiliki kepekaan dan perasaan yang tinggi dan bermartabat. Olah hati yang baik pada saatnya akan menghasilkan anak-anak yang memiliki emphati dan komunikasi yang terbangun. Dengan olah hati, sang anak nantinya akan melakukan perbuatan sesuai dengan apa yang ada di hatinya. Lalu bagaimana cara melatih kreativitas sang anak dengan olah hati?. Membaca adalah cara untuk melakukan olah hati, mengingat semakin banyak membaca akan semakin terbentuk pola fikir dan pola hati seseorang.

 

3.     Olah Raga


Sumber: https://pixabay.com/photos/team-little-league-baseball-child-2319694/

Olahraga tidaklah semata-mata hanya untuk meraih medali, trophy, dan lainnya. Olahraga bertujuan untuk menjadikan organ tubuh semakin teratur sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sesungguhnya dengan berolahraga dapat membentuk pribadi yang sportif dan jujur. Minimal ada olahraga yang menjadi kesukaan anak dan senang menjalaninya. Olahraga yang dapat dilatih untuk anak seperti; lari, renang, bersepeda, panahan, sepak bola, bulu tangkis, dan lain-lain.

 

4.     Olah Bathin


Sumber: https://pixabay.com/photos/kid-pray-praying-child-faith-boy-3550691/

Olah bathin bertujuan untuk melatih anak agar selalu mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Salah satunya dengan mengajarkan pendidikan agama kepada anak dan menjalani kewajiban dalam ajaran agama dan menjauhi segala larangannya. Misalnya, baca al-qur’an selepas sholat maghrib agar anak dapat melancarkan bacaan al-qur’annya. Mengikuti majlis taklim dan melatih anak untuk hapal bacaan al-qur’an, minimal juz ke 30.

 

0
1K
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan