CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60e65cde17180b5ecb6b5121/6-tips-memulai-bisnis-daur-ulang-sampah-plastik-yang-sering-diremehkan

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!

Di Indonesia, masih banyak orang yang membuang sampah nggak pada tempatnya, terutama sampah plastik yang butuh waktu ratusan tahun untuk hancur di dalam tanah. Ada juga yang sudah bisa membuang dan mengelola, tapi dengan cara dibakar. Kalau sampah organik sih nggak apa-apa, kalau sampah anorganik seperti plastik, karet, atau bahan-bahan olahan lainnya, asapnya justru membahayakan kesehatan lo!

Bersyukurlah kita masih punya para pengepul sampah yang sedikit banyak sudah membantu mengelola sampah atau barang bekas yang nggak terbengkalai. Tahu nggak sih, selain menyelamatkan lingkungan, mengumpulkan sampah atau lebih tepatnya daur ulang sampah ini juga bisa jadi bisnis yang menggiurkan lo. Kok bisa sih kegiatan yang dianggap jorok ini justru bisa menghasilkan keuntungan?

Daur ulang sampah adalah sebuah cara untuk mengelola sampah atau barang bekas agar dapat digunakan kembali, menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai sehingga bisa diperjualbelikan lagi. Baik daur ulang sampah organik maupun daur ulang sampah anorganik, keduanya sama-sama bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan, terlebih manfaatnya bagi lingkungan. Bisnis daur ulang sampah plastik terbilang minim risiko dan mudah diterapkan. Agar sukses, berikut tips memulai usaha daur ulang sampah plastik.


1. Siapkan modal yang cukup untuk membeli plastik bekas yang bisa didaur ulang dari para pemulung. Juga untuk kelancaran bisnis ke depannya

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!

2. Pastikan kamu punya lahan yang luas untuk tempat penyimpanan limbah plastik bekas dan hasil biji plastiknya. Tempat ini juga yang akan dijadikan sebagai tempat penyortiran jenis plastik dengan jenis pengolahan yang berbeda

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!

3. Siapkan timbangan dan mesin penggiling plastik untuk mengolah limbah plastik menjadi biji plastik. Untuk awalan, gunakan mesin penggiling dengan kapasitas cukup saja, jangan terlalu memaksakan, yang penting usaha bisa jalan

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!

4. Pelajari dan pahami berbagai metode daur ulang sampah plastik, mulai dari pengolahan hingga pengelolaan modalnya biar arus kas tetap lancar. Perbanyak belajar dan bertukar pikiran dengan para pelaku bisnis serupa

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!

5. Rekrut beberapa karyawan yang bertugas untuk membersihkan, menyortir, dan mengolah plastik bekas. Nggak perlu banyak-banyak, asal bisa mencukupi kebutuhan SDM usahamu saja

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!

6. Mencari koneksi pengepul sampah plastik dan pembeli biji plastik sebanyak mungkin untuk diajak bekerja sama, perusahaan pembuat plastik, misalnya. Asalkan pengolahan biji plastikmu rapi dan bersih, tentu mitramu akan memberi harga yang lebih bagus

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!


Sumber : di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aryanti.story dan 24 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Bisnis yang menarik, bahan juga tersedia banyak...
Quote:


Ini contohnya. SENSOR/Rizki_30
Salah 1 angan" ide bisnis dr 9 th yg lalu, alhamdulillah sampe sekarang belom kesampean, yg penting sehat. emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diehard57 dan 3 lainnya memberi reputasi
Sebenernya ini bisnis yg menjanjikan
Cuma masih bnyak yang gengsi

6 Tips Memulai Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik yang Sering Diremehkan!
message originally posted by ohasanoe
profile-picture
MemoryExpress memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmmm boleh nih
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Ngakak
Modal nya nabung dulu gans
resikonya ini, fluktuasi harga yg tinggi
profile-picture
anton2019827 memberi reputasi
Bermanfaat treatnya
Bukan diremehkan..... modalnya itu gedeemoticon-Malu
wah ane nnti tiap liat botol aqua kosong kaya liat duid ntar gan emoticon-Ngakak
nice aharenya gan
kira2 brp modalnya ye
Boleh dicoba
modal lahan yg luas..sm biaya lingkungan yg mahal karna takut komplenan warga..kalo beli alat masih bisa di atasi tapi kalo warga nyuruh pindah atau beda kebijakan bisa amsyong dan repot mindahin barang bekasnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hendrik.daploen dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
lagi pandemi, ga rekomen deh
botol minum bekas covid itu bisa nular
harga alatnya berapa tuh gan?
Emang pasling recomend usaha , apalagi saat pandemi begini emoticon-Hansip
leh uga emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
bener gan, ane pernah baca neh prospeknya bagus, bisnis pengolahan limbah, baik plastik mauoun limbah organik utk pupuk, invetasinya lumayan terutama tempat garus luas, bisa disiasati dgn mengambil lokasi dipinggiran yg relatif murah,
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di