CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Oiran, Gadis Penghibur Jepang Di Periode Tokugawa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60e30cf439228402161c8bfc/mengenal-oiran-gadis-penghibur-jepang-di-periode-tokugawa

Mengenal Oiran, Gadis Penghibur Jepang Di Periode Tokugawa

Mengenal Oiran, Gadis Penghibur Jepang Di Periode Tokugawa
Hello GanSis selamat hari senin dan semangat bagi GanSis yang work from home, ataupun yang sedang sakit dan isoman semangat semoga cepat pulih dan kembali beraktivitas seperti normal kembali. GanSis kali ini TS mau bagiin info dari negeri sakura mengenai sisi lain Jepang yang jarang kita ketahui. Oiran mungkin GanSis yang belum tahu jarang atau malah sama sekali tidak tahu dengan Oiran ini, namun jika mendengar kata Geisha mungkin GanSis tidak asing lagi.

Oiran ini merupakan gadis penghibur yang memang menjadi penguasa dunia malam di Jepang pada masa Keshogunan Tokugawa. Bisnis hiburan malam di Jepang diperkirakan sudah ada dari abad ke-16 dimana saat itu para pekerja malam atau biasa dahulu disebut "yujyo" dikumpulkan dilokalisasi bentukan pemerintahan yang disebut sebagai "yukaku" agar kegiatan prostitusi bisa dikendalikan dan dijamin keamanannya oleh para yujyo. Biasanya para yujyo dijejerkan dibelakang teralis rumah bordil yang zaman dahulu disebut dengan "harimise". Faktor utama GanSis yang mendorong gadis-gadis pada era tersebut menjadi wanita wanita adalah alasan finansial.

Mengenal Oiran, Gadis Penghibur Jepang Di Periode Tokugawa
Sumber Gambar

Alasan ini memang terkadang menjadi alasan utama bukan hanya di zaman tersebut bahkan di era modern saat ini alasan finansial menjadi faktor utama seseorang menjajakan diri mereka. Alasan yang kedua adalah sebagai bentuk hukuman dijadikan yujyo. Para gadis ini baru bisa bebas jika ada pelanggan yang "membeli" mereka sebagai istri dengan membayar semua hutang-hutang keluarganya. Yukaku kemudian bermunculan dibanyak kota besar di Jepang seperti Osaka, Kyoto, dan Edo (Tokyo). Yukaku yang terbesar pada saat itu berada di Yoshiwara di Edo (Tokyo) yang sudah ada sejak tahun 1617 di era Tokugawa. Dari sinilah yujyo kelas atas disebut dengan kata Oiran yang berasal dari kata "oira no tokoro no neesan" yang artinya "kakak tertua di tempat" dapat ditemui berbeda dengan yujyo lainnya.

Perlakuan yujyo dan Oiran ini sangat berbeda, jika yujyo dijajarkan di hirimise dan siapapun yang mau memakai jasa mereka harus membayar mahal dan melalui rumah minum teh yang biasa menjadi pelantara mereka sedangkan Oiran tidak. Oiran ini GanSis bisa dibilang yujyo kelas atas dan Oiran mempunyai status sangat tinggi karena penghasilannya yang besar serta mendapat perlindungan dari pemerintah, sehingga mereka mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari seluruh pria di Jepang dan Oiran ini berhak menolak pelanggan. Oiran biasa juga memiliki rumah mewah dan dilayani oleh para pelayan yang disebut sebagai Kamuro (biasanya anak-anak usia 10 tahun) dan Shinzuo (yang merupakan calon yujyo).

Untuk memesan Oiran ini tidak mudah GanSis ada tiga tahap jika seorang ingin menggunakan jasa Oiran ini. Tahap pertama calon pelanggan Oiran hanya boleh melihat tanpa menyentuh dan berbicara, ditahap ini oiran akan melakukan observasi terhadap pelanggannya apakah layak atau tidak. Tahap kedua jika Oiran menyetujui akan ada pertemuan kedua disini calon pelanggan Oiran boleh duduk dengan jarak 15 cm dengan Oiran namun tak boleh menyentuh. Tahap ketiga jika Oiran setuju pertemuan ketiga kalinya ini maka si pelanggan dianggap layak dan boleh melakukan "pedalaman materi" dengan Oiran.

Sekali pertemuan dalam beberapa literature menyebutkan pelanggan Oiran bisa menghabiskan 600 ribu Yen (73 Juta). Walaupun penghasilan yang didapat besar namun menjadi Oiran juga menyedihkan GanSis uangnya akan cepat habis untuk membeli barang mewah untuk mempercantik diri mereka. Untuk menjadi seorang Oiran biasanya gadis-gadis sudah dididik sejak usia 10 tahun yang disebut dengan Kamuro dan kamuro ini harus berpenampilan menarik dan cerdas. Lalu para Kamuro yang akan menjadi Oiran disebut sebagai "Furishode shinzuo" yang biasa berusia 15-16 tahun. Mereka ini akan didik sebagai seorang terpelajar dengan mempelajari sastra klasik Jepang, tata cara upacara minum teh, penulisan kanji, permainan Igo serta memainkan alat musik koto dan samishen. Dari semua itu kemampuan dan keterampilan menulis kanji yang menentukan furishode shinzuo ini layak atau tidak menjadi oiran atau yujyo biasa. Semakin indah tulisan kanjinya maka kesempatan menjadi Oiran sangat besar, dan disini bisa disimpulkan bahwa menjadi Oiran bukan hanya fisik saja namun juga otak karena klien atau pelanggan yang biasa menggunakan jasa mereka bukan merupakan orang sembarang.

Mengenal Oiran, Gadis Penghibur Jepang Di Periode Tokugawa
Sumber Gambar

Untuk memperlihatkan status sosial mereka sebagai Oiran biasanya para Oiran ini berjalan melewati "Oiran-dochu" atau jalan Oiran yang dikelilingi para pelayan dan mengenakan pakaian yang mentereng guna menjemput tamunya, orang-orang juga biasanya berkumpul untuk melihat Oiran ini lewat. Popularitas Oiran ini terus melambung tinggi hingga periode Tokugawa berakhir dan diganti oleh periode Meiji. Hingga terjadi Insiden Luz yang terjadi ditahun 1872 mengekspos praktik yujyo sehingga tekanan untuk pemerintahan Jepang dari dunia barat untuk membuat undang-undang yang melarang praktik perdagangan manusia untuk hal apapun yang disetujui oleh pemerintahan Meiji. Hal ini juga menyebabkan Oiran dan yujyo kehilangan pemasukan namun mereka masih melayani klien mereka secara diam-diam. Popularitas serta status sosial Oiran menurun meski mereka terus melakukan praktik mereka, terutama ketika kehadiran geisha semakin populer. Perang Dunia II yang menyebabkan banyak hiburan mewah tumbang dan membuat kehidupan mereka semakin terhimpit, hingga akhirnya pemerintah Jepang mengeluarkan Undang-undang anto prostitusi tahun 1957 yang membuat profesi Oiran menjadi ilegal dan memusnahkan profesi ini.

Kalau GanSis menyimak sejauh ini pasti akan timbul pertanyaan "jadi apa perbedaan geisha dan Oirang ini?". Jadi sebenarnya Geisha sama dengan Oiran yang juga dilatih melakukan tari tradisiona, memainkan koto dan samishen, upacara minum teh dan kebudayaann lainnya, namun yang membedakan adalah Geisha dilatih tidak untuk melakukan prostitusi dan cenderung dijadikan duta kebudayaan Jepang dan tak jarang menjadi instruktur untuk ikebana atau praktik budaya Jepang lainnya (meski beberaa melakukannya dengan harga) sehingga Geisha bukanlah dianggap sebagai yujyo dan pekerja prostitusi. Sedangkan Oiran memang tujuan akhirnya memang murni untuk melakukan hubungan intim dengan klien mereka namun mereka harus memiliki derajat dan kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yujyo lainnya, Perbedaan lainnya bisa dilihat dari konde yang mereka kenakan jika Oiran memakai konde yang lebih besar dan banyak disebut dengan "datehyouga".

Mengenal Oiran, Gadis Penghibur Jepang Di Periode Tokugawa
Sumber Gambar

Walaupun di era modern ini praktik yujyo atau Oiran ini menjadi ilegal namun masyarakat Jepang tidak hanya memandang Oiran sebagai kupu-kupu malam saja, banyak masyarakat Jepang memandang Oiran sebagai sebuah simbol kecerdasan, kemandirian serta bagian dari kebudayaan mereka. Hingga kini didaerah Niigata dan Shinagawa masih mengadakan festival dan parade untuk menghormati para Oiran dan biasanya aktris akan berperan menjadi Oiran dan akan melakukan reka ulang menjadi seorang oiran yang berjalan melalui Oiran-dochu meskipun mereka bekerja di dunia hitam. Namun walaupun begitu masyarakat Jepang menghormati mereka sebagai salah satu kebudayaan mereka hingga saat ini.

Nah GanSis begitulah sepenggal penjelasan TS mengenai Oiran gadis penghibur yang memang menjadi kupu-kupu malam pada zaman tahulu di era Tokugawa. Bagaimanapun kita tidak boleh memandang rendah setiap manusia bahkan walaupun mereka hanya seorang pekerja malam, namun disisi lainnya mereka juga tak mau melakukan itu dan keadaan yang menuntut mereka untuk keluar dari maslaah tersebut walaupun apa yang mereka lakukan juga salah.

Semoga Thread TS kali ini bermanfaat dan TS minta maaf kalau ada salah ketik, salah kata atau kata yang kurang berkenan, dari thread ini sih TS harap komenan GanSis bisa lebih bijak dan tidak merendahkan profesi apapun ya walaupun memang yang dilakukan itu salah.

TS ucapin terimakasih dan sampai jumpa di thread TS lainnya
||||||

Mampir kesini juga ya GanSis untuk Thread TS yang lain


Spoiler for Sumber dan referensi:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
emoticon-Takut oiran buchi

Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oh jadi oiran ini kupu2 malam high class ?
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jadi geisha itu aslinya bukan psk berarti ya
kalo Oiran ini udah pasti psk, tapi yg high class
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Ikeh ikeh kimochi
profile-picture
b4breakk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalau yang ngikutin manga/anime one piece, istilah oiran sama geisha cukup populer dibahas di chapter wano.

komurasaki itu oiran. robin pas nyamar itu geisha. dua duanya punya skill seni tradisional, misalnya shamisen, alat musik petik itu. cuma ya keliatan banget, kalau oiran beneran dia yang milih cowonya. bebas nolak semau dia.
profile-picture
profile-picture
furanky dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kaido
Kesukaan orochi si mesum emoticon-Big GrinMengenal Oiran, Gadis Penghibur Jepang Di Periode Tokugawa
Diubah oleh indra.blora
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


gw pikir reka ulang pas esek2 wkwkwk
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
PSK yg bisa pilih pelanggan 😑
Apa pula istimewanya mau kesitu 🥳
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yoshiwara emoticon-Genit
open bo ala periode tokugawa emoticon-Angkat Beer
Bokep nya Jepang seperti orang teraniaya
emoticon-Mewek
Diubah oleh meimeiput
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
escort service
profile-picture
upilmegazord memberi reputasi
Kalo kasarnya dimari, "mau menjadi lo*te aja susah amat, mesti belajar dulu dari usia dini"
profile-picture
sayamanusia69 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sejenis Geisha ya, tp khusus menghibur & LC minum Sake
profile-picture
sayamanusia69 memberi reputasi
genre apa nih?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jejak
Mirip geisha
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di