CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Republik Cospaia, Negara Bebas Tanpa Pemerintah Selama 385 Tahun..Keren
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60e01a79272af55e9f612f78/mengenal-republik-cospaia-negara-bebas-tanpa-pemerintah-selama-385-tahunkeren

Mengenal Republik Cospaia, Negara Bebas Tanpa Pemerintah Selama 385 Tahun...Keren Gan

Mengenal Republik Cospaia, Negara Bebas Tanpa Pemerintah Selama 385 Tahun..Keren

Republik Cospaia adalah negara tanpa pemerintah yang mampu bertahan selama empat abad tanpa tentara, pemimpin dan infrastruktur.
yukk agan dan sist kita bareng2 kupas lengkap di sini!

Sebelum disatukan pada abad ke-19 dan menjadi sebuah negara dengan identitas nasional yang kuat, negara itu berdiri sebagai wilayah-wilayah kecil.

Negara tersebut terdiri dari banyak daerah yang seringkali mengandung tidak lebih dari sebuah kota dan wilayah di sekitarnya.

Dalam kondisi seperti ini, sebuah keanehan terjadi,yakni munculnya sebuah republik kecil tanpa memiliki kesetiaan kepada siapa pun dan tanpa infrastruktur pemerintah yang terorganisir.

Republik tersebut bernama Cospaia yang berdiri tanpa memiliki tentara dan tidak memiliki pemimpin.

Mereka hanya memegang teguh kredo “Perpetua et firma libertas” yang secara kasar dapat diterjemahkan sebagai “Kebebasan yang kokoh dan abadi”.
Kredo tersebut adalah satu-satunya hukum yang mengatur Republik Cospaia selama 385 tahun atau nyaris empat abad lamanya

Tokoh Penting di Cospaia

Terdapat sejumlah tokoh dengan kekuasaan besar dan rangkaian kejadian rumit yang secara tidak sengaja memungkinkan negara aneh seperti Cospaia terbentuk.

Tokoh pertama adalah Paus Eugene IV yang terlibat dalam konflik dengan Dewan Basel,yang menentang otoritas politik dan agama Paus.

Setelah bertahun-tahun menyuap,memata-matai dan melancarkan perang melawan Dewan Basel,Kepausan yang dipimpin oleh Paus Eugene, meminta pinjaman dari agen independen, yang kebetulan merupakan tokoh kunci kedua.
Pada saat itu,Pemimpin Keluarga Medici yang terkenal,Cosimo Medici,setuju untuk memberikan pinjaman 25.000 florin emas Italia.

Jumlah tersebut adalah dana yang besar,tiap koinnya mengandung sekitar 3,5 gram emas murni dan sekeping koin bernilai sekira Rp2 juta dalam kurs saat ini.

Untuk menjaga agar kesepakatan tetap dilakukan,Paus harus menjanjikan sebidang tanah sebagai jaminan bahwa dia akan melunasi utangnya.

Tanah yang dimaksud berada di Umbria,di Italia tengah,Kota Borgo San Sepolcro dan sekitarnya.
Wilayah itu,bersama dengan penduduknya,dijanjikan kepada Cosimo Medici jika Negara Kepausan gagal mengembalikan pinjamannya.
Setelah 10 tahun,pada 1441, konflik antara Negara Kepausan dengan Dewan Basel telah berakhir.

Paus ternyata tidak mampu melunasi utang kepada Medici dan memutuskan untuk menyerahkan daerahnya kepada Bangsawan Medici dari Florence.
Perwakilan dari kedua belah pihak kemudian dikirim untuk melakukan penghitungan luas tanah yang akan diserahkan Paus kepada Florence.

Kesepakatan itu menyatakan bahwa perbatasan tersebut harus berada di sebuah sungai kecil yang berfungsi sebagai anak sungai bagi Sungai Tiber yang jauh lebih besar.

Namun,kedua belah pihak tidak menyadari bahwa ada dua anak sungai yang bermuara di Tiber.
Sisi Florentine berpikir bahwa sungai di sebelah kiri harus ditetapkan sebagai batas.
Sementara Negara Kepausan menganggap sungai di sebelah kananlah yang berfungsi sebagai tapal batas.
Di antara kedua anak sungai itu ada desa kecil bernama Cospaia.

Negara Tanpa Republik di Italia
Mengenal Republik Cospaia, Negara Bebas Tanpa Pemerintah Selama 385 Tahun..Keren

Begitu penduduk Cospaia mengetahui bahwa mereka terjebak di antara sebuah perjanjian yang aneh,mereka segera memproklamasikan diri sebagai sebuah republik yang terlepas dari kekuasaan Paus dan kota Florence.

Republik yang baru terbentuk itu menggunakan lambang senjata dan bendera hitam dan putih.
Namun,republik ini tidak membentuk pemerintahan yang nyata, selain dari dewan tetua yang dipanggil untuk pembuatan keputusan dan tugas peradilan.

Cosimo Medici dan Paus Eugene IV tampaknya tidak keberatan karena mereka memiliki masalah yang lebih besar untuk dibahas.
Republik kecil itu dianggap bermanfaat, setidaknya sebagai zona penyangga antara dua kekuatan yang bersaing.

Desa kecil tanpa Diskriminasi

Cospaia yang mulanya hanya sebuah desa kecil dengan 100 rumah dan 300 penduduk memanfaatkan kesempatan yang mereka anggap anugerah itu untuk mengambil keuntungan sebagai zona perdagangan bebas.

Di sana, semua barang yang diperdagangkan tidak dikenai pajak sehingga dengan cepat menarik pedagang dari seluruh Italia.
Meski cukup makmur dan berkembang,baru pada 1574 Copaia menjadi sebuah kekuatan ekonomi karena keberadaan tembakau.

Cospaia menjadi negara pertama di Italia yang bertani tembakau.
Tanaman yang berasal dari Barat itu populer di kalangan penduduk Italia yang senang merokok.

Selain tembakau,Cospaia juga berkembang karena di wilayahnya tidak ada perlakuan berbeda dan merayakan kesetaraan tanpa diskriminasi terhadap siapa pun.

Hal ini berbeda dengan beberapa wilayah di Italia yang terkadang tidak mau berdagang dengan kaum Yahudi karena adanya perintah kepausan.

Cospaia Setelah 385 Tahun

Mengenal Republik Cospaia, Negara Bebas Tanpa Pemerintah Selama 385 Tahun..Keren
Italia sekarang

Setelah masa keemasan berakhir, Paus Leo XII akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kesalahan topografis yang telah berkembang terlalu besar itu.

Bersama dengan Grand Duke Tuscany dia memaksa Cospaia untuk menandatangani Undang-undang penaklukkan atau menghadapi akibatnya.

Tidak ingin terjadi pertumpahan darah, Cospaia akhirnya menyerahkan kemerdekaan mereka pada 1826.
Meski masih memiliki hak istimewa dalam perdagangan tembakau, ideologi pembentukan negara bebas itu telah dihancurkan.

Setelah 385 tahun, Cospaia akhirnya tunduk pada perubahan yang terjadi di Semenanjung Italia.
Saat itu,Italia tengah menuju kepada sebuah unifikasi menjadi Italia yang kita kenal saat ini.

Dalam 50 tahun kemudian, semua kerajaan akhirnya bergabung dalam pergerakan tersebut dan bersatu dalam sebuah republik nasional yang dipimpin oleh pemerintahan di Roma

-----------------------------------------------------
Andrea Moda,Team Terburuk dalam Sejarah Formula 1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anton2019827 dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ableh80
Halaman 1 dari 2
Nice share
profile-picture
profile-picture
12345tom dan ableh80 memberi reputasi
Hmmm, begitu ya
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Nais sher TS emoticon-Jempol
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Oh, ada dewan kota nya jg ya..... Yg saat itu jg berfungsi berfungsi sebagai pusat pemerintahan tuh negara kota nya, gan..... Mantap..... emoticon-Matabelo
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
italia sih dari dulu memang banyak daerahnya yang di pegang raja" independent, yang terkenal sih negara lombardia/venesia sama genoa yang menjadi negara independent, padahal skarang 2 daerah itu sama aja kaya kota
profile-picture
profile-picture
antzextreme dan ableh80 memberi reputasi
Diubah oleh adfaisal
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice share ganemoticon-cystg
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
yang nyaplok gak mutu. agama macam apa tuh yang merasuki penuh ancaman dan kekerasan emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
renofizaldy dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane baru tau min, nice info
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Terus bayar pajaknya gimana
Garment, konveksi, grosir kaos bayar pajaknya dimana ?
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Diubah oleh dewakere
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
yg ngatur siapa ?
hukum rimba ?
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sakti juga hampir 400 tahun bebas, dibelakangnya pasti ada beking kuat itu
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sekarang udah gabung ama italy yah..?
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice one..
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Hebat juga nih, rakyatnya pada sejahtera, padahal sangat riskan kalo tanpa adanya pemerintah
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ga ada pemilu yg membuat putus hubungan persahabatan akibat beda pilihan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
anfa.h dan ableh80 memberi reputasi
enak gak ada pajak ,,mungkin ini yang diinginkan salah satu PARPOL di Indonesia ,,,
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Nanti lanjut baca
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Sayang ga ada foto2 kondisi saat ini.
profile-picture
ableh80 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gokil nih, diuntungkan dari kejadian yang tadinya sangat merugikan mereka, sayangnya dipaksa gabung Italy ya emoticon-Embarrassment
Naiss infonya gan
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di